Keuntungan Jaringan Komputer

Mengenal Jaringan Komputer, Keuntungan, Kerugian, dan Pilihan Jaringan Kabel, Jaringan Wireless, atau Kombinasi Keduanya
Kenapa harus menggunakan jaringan?
“http://dodyhoshi.files.wordpress.com/2010/04/keuntungan-jaringan-komputer.jpg”>
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer desktop, laptop, atau piranti jaringan lainnya seperti printer dengan tujuan utamanya adalah saling berbagi data – saling bertukaran data, penggunaan printer secara bersamaan, dan agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Jadi pada dasarnya jaringan komputer adalah saling berbagi dan saling bertukar data, dan kalau ada koneksi broadband internet maka semua komputer bisa saling terhubung ke internet dengan hanya menggunakan satu sambungan internet, dan jika ada alat komunikasi seperti email – maka semua yang terhubung dengan jaringan bisa saling berkirim email dan bahkan chatting satu sama lain.
Keuntungan dari system jaringan
Jaringan komputer menawarkan banyak fleksibilitas dalam hal anda bekerja dan menghabiskan waktu dengan komputer anda dan juga perangkat electronic lainnya yang dengan dukungan jaringan yang anda bangun anda akan secara umum mendapatkan banyak keuntungna antara lain:
• Bersama semua komputer yang ada dalam jaringan, anda bisa sharing / berbagi koneksi broadband internet sehingga setiap orang bisa browsing internet secara bersamaan.
• Anda bisa akses email pribadi anda sementara yang lainnya chatting, download lagu, video, atau bahkan bermain game online dengan XBOX 360.
• Bisa sharing berbagai macam dokumen dan file termasuk music, video, photos, dll
• Menyimpan semua file – dokumen, pustaka music, video, digital photos, dokumen lainnya di satu tempat yang bisa diakses secara sharing atau bahkan bisa diberikan suatu keamanan siapa yang boleh baca tulis, atau siapa yang dapat akses file apa.
• Anda bisa mengamankan jaringan komputer anda dengan secara terpusat dari serangan dan ancaman keamanan dari internet.
• Bersama seluruh / beberapa nggota keluarga anda bisa bermain game multiplayer bahkan keluar internet online game bersama teman-teman anda didunia maya.
• Bias berhemat dengan pemakaian printer, scanner, plotter, dan peripheral lainnya secara bersamaan.
• Dengan Storage area network, anda bisa memusatkan penyimpanan data dan dokumen lainnya kedalamnya dan anda bisa memanagenya dengan administrasi sesuai kebutuhan.
Ada dua jenis jaringan yang bisa anda pilih, jaringan kabel (wired) dan jaringan wireless. Anda bisa memilihnya yang mana cocok dengan kondisi dan kebutuhan anda, bahkan anda bisa menggabungkan keduanya. Kedua jaringan tersebut masing-masing mempunyai keuntungan dan kerugian.
Wireless vs Wired
(GAMBAR)
Keuntungan Jaringan – Wired vs Wireless
Ada dua macam technology jaringan yang umum yaitu:
• Jaringan wireless / wireless network – yang menggunakan komunikasi antar piranti dengan menggunakan gelombang radio
• Jaringan wired – yang menggunakan kabel data jaringan dalam komunikasi antar piranti jaringan dengan technology Ethernet.
Kenapa memilih jaringan wireless?
Kelebihan utama jaringan wireless tidak menggunakan kabel dalam komunikasinya, akan tetapi menggunakan gelombang radio, seperti telpon cordless. Keuntungannya adalah sifat mobilitasnya yang tinggi dan tidak tergantung kepada kabel dan koneksi tetap. Keuntungan yang bisa kita petik dengan jaringan wireless ini secara umum sebagai berikut:
• Bebas bekerja dari mana saja dan bersifat mobile, asalkan terjangkau oleh jaringan wireless ini
• Tidak ada batasan kabel jaringan atau sambungan tetap, jadi tidak memerlukan kabel data yang terkadang merepotkan anda sehingga menghemat waktu
• Instalasi yang relative cepat dan mudah
• Gampang pengembangannya
Jaringan wireless umumnya juga disebut sebagai Wi-Fi – wireless Fidelity, yang memungkinkan anda menggunakan computer anda dimana saja di rumah anda selama masih dalam jangkauan jaringan wireless. Bahkan di tempat-2 umum sekarang ini sudah banyak disediakan layanan hot-spot seperti di café, di airport, di hotel, di tempat-2 bisnis dan lain-lain.

Kenapa memilih jaringan kabel – wired network?
Technology jaringan komputer menggunakan kabel telah dipakai selama beberapa decade – dan yang paling banyak dipakai adalah technology Ethernet. Komunikasi jaringan wired menggunakan kabel jaringan yang umum memakai cable CAT5 – cable jaringan Ethernet. Jaringan kabel sangat bagus jika anda melakukan transfer data dalam jumlah yang sangat besar dengan stabil dan kecepatan tinggi seperti transfer data multimedia professional berkualitas.
Keuntungan dari jaringan wired bisa meliputi beberapa hal berikut ini:
• Relative berbiaya rendah
• Menawarkan performa yang paling bagus, walaupun instalasinya relative rumit
• Kecepatan relative lebih tinggi sampai kecepatan Gigabit, dibandingkan dengan kecepatan wireless paling tinggi ideal adalah 300 Mbps (dengan standard draft 802.11n dan dilengkapi technology antenna MIMO, itu jika kondisi sangat ideal, dalam kenyataannya untuk wireless-B yang ideal 11 Mbps saja hanya bisa mencapai paling 7 Mbps)
• Relative lebih aman dibandingkan jaringan wireless, apalagi jika keamanan fisik bisa dikendalikan dengan baik. Sementara untuk jaringan wireless, bisa menembus keamanan fisik (seperti tembok yang tebal sekalipun, dengan menggunakan technology booster / hi-gain masih bisa menembusnya dengan baik karena memakai gelombang radio sebagai transmisi medianya.
Pada suatu infrastruktur jaringan corporate yang sangat besar skalanya, penggunaan jaringan kabel sangat mutlak dipakai dengan menggunakan system redundansi jaringan kabel inter-Switch yang sangat effisien dengan protocol STP dan tuning manual.
Check juga jaringan printer, Virtual LAN, Teknology WAN, Konfigurasi Cisco router

http://www.sysneta.com/keuntungan-jaringan-komputer

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image