BUDAYA SUKU TANA TORAJA

Tana torja terletak di Propinsi Sulawesi Selatan, Pulau Sulawesi, Indonesia. Kabupaten Tana Toraja berjarak sekitar 350 km sebelah utara kota Makassar. Suku Toraja ini masih mempertahankan gaya hidup yang khas yaitu gaya hidup Austronesia. Tana Toraja memiliki budaya yang memiliki daya tarik bagi wisatawan seperti budaya Rambu Solo. Di dalam Rambu Solo terdapat beberapa upacara, yaitu :

· Upacara Rante adalah puncak dari Upacara Rambu Solo. Dalam Upacara Rante ini terdapat beberapa rangkaian ritual, yaitu proses pembungkusan jenazah, pembubuhan ornamen dari benang emas dan perak pada peti jenazah, penurunan jenazah ke lumbung untuk disemayamkan, proses pengusungan jenazah ketempat peristirahatan terakhir.

· Upacara Rambu Tuka adalah upacara adat yang berhubungan dengan acara syukuran. Upacara ini menarik karena berbagai atraksi, tarian, dan nyanyian dari kebudayaan Toraja yang unik.

· Tongkonan adalah bangunan rumah adat Suku Toraja.
Atap bangunan rumah adat ini terbuat dari daun nipa atau daun kelapa dan atap rumah adat ini dapat bertahan sampai 50 tahun lamanya. Tongkonan mempunyai strata sesuai dengan derajat kebangsawanan setiap orang, seperti Tongkonan dengan strata emas, perunggu, besi dan kuningan.

wikipedia

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
BUDAYA SUKU TANA TORAJA, 10.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. toraja memang sangat terkenal dengan budayanya. semoga tetap bisa dipertahankan oleh teman2 orang toraja.

    saya selalu bangga menjadi orang toraja.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image