INFLASI DAN PERUBAHAN HARGA

Nama :         Krisna Aji Santosa

NPM : 38409011

Kelas :          1 ID 05

Tugas : Pengantar Ekonomi &  

Manajemen 2

 

 

 

INFLASI DAN PERUBAHAN HARGA

 

Pada Bab ini akan dibahas tentang konsep-konsep sebagai berikut:

–          Terminologi dan konsep-konsep dasar

–          Hubungan antara nilai uang aktual  (saat ini) dan nilai rill (konstan)

–          Penggunaan suku bunga kombinsai (nominal) versus suku bunga rill

–          Inflasi harga diferensial

–          Pemodelan perubahan harga berdasarkan urutan geometris arus kas

–          Penerapan strategi dalam menggunakan analisis nilai uang aktual  dan nilai uang rill

–          Sebuah contoh kompreshif

–          Nilai tukar mata uang

1. Inflasi Harga Umum

Inflasi Harga Umum (general price inflation) didefinisikan sebagai peningkatan harga yang dibayarkan untuk barang dan jasa dan mengakibatkan penurunan daya beli unit moneter, adalah sebuah realitas bisnis  yang dapat mempengaruhi perbandingan berbagai alternative dari segi ekonomi. Sejarah perubahan harga memperlihatkan bahwa inflasi lebih umum dan sering terjadi disbanding deflasi, yaitu penurunan harga-harga yang akhirnya meningkatkan daya beli unit moneter. Namun, konsep serta metedologi yang dibahas berlaku untuk setiap jenis perubahan harga (peningkatan maupun penurunan). Salah satu pengukuran perubahan harga (dan estimasi inflasi harga umum) dalam perekonomian kita adalah Indeks Harga Konsumen (IHK). IHK adalah indeks harga gabungan yang mengukur perubahan harga bahan makanan, perumahan, perawatan kesehatan, transportasi, pakaian serta beberapa barang dan jasa tertentu yang digunakan oleh individu dan keluarga.

2. Terminologi dan Konsep-Konsep Dasar

Dalam mempermudah dalam pengembanagan dan pembahasan mengenai metodologi dengan melibatkan perubahan harga barang dan jasa perlu mendefinisikan beberapa terminology dan konsep dasar. Digunakan mata uang dolar sebagai unit moneter.

–       Dolar aktual  (A$): Sejumlah dolar yang berhubungan dengan sebuah arus kas (atau sejumlah arus non kas seperti penyusutan) sepanjang periode waktu terjadinya arus kas tersebut.

–       Dolar Riil (R$): dolar  yang dinyatakan dalam daya beli yang sama selama periode waktu tertentu.

–       Tingkat inflasi harga umum (f): sebuah pengukuranperubahan daya beli dolar selama periode waktu tertentu.

–       Tingkat bunga kombinasi (nominal)-I: adalah uang yang dibayarkan untuk penggunaan modal, biasanya dinyatakan sebagai tingkat nominal (%) yang memasukan penyesuaian pasar untuk tingkat inflasi harga umum yang telah diantisipasi.

–       Tingkat bunga riil (Ir): uang yang dibayarkan untuk penggunaan modal, biasanya dinyatakan sebagai tingkat nominal (%) yang tidak memasukan penyesuaian pasar untuk tingkat inflasi harga umum yang telah diantisipasi dalam perekonomian.

–       Periode waktu dasar (b): periode yang menjadi referensi atau periode waktu dasar yang digunakan untuk mendefinisikan daya beli dolar riil (konstan).

            Beberapa hubungan dalam analisis ekonomi teknik:

2.1  Hubungan antara dolar aktual  dengan dolar riil

2.2 Tingkat bunga yang tepat untuk digunakan dalam analisis ekonomi teknik

2.4 Anuitas tetap dan resfonsif

2.5 Dampak inflasi harga umum terhadap analisis setelah pajak

3. Inflasi atau Deflasi Diferensial

Tingkat harga umum (f) mungkin saja bukan merupakan estimasi terbaik  mengenai perubahan harga masa datang untuk satu atau lebih arus kas biaya dan pendapatan dalam sebuah analisi ekonomi terbaik teknik. Varians antara inflasi harga umum dengan estimasi terbaik perubahan harga di masa datang untuk barang dan jasa tertentu dinamakan inflasi (atau deflasi) harga diferensial. Perubahan harga yang disebabkan oleh beberapa kombinasi inflasi harga diferensial dapat dinyatakan oleharga total, eskalasi (atau penurunan) harga total.

3.1 Hubungan antara eskalasi tingkat inflasi harga umum harga umum, dan tingkat inflasi diferensial

Tingkat inflasi harga diferensial (e’i) adalah perubahan harga barang  dan jasa j dlama dolar riil yang disebabkan oleh berbagai faktor yang terjadi di pasar. Tingkat eskalasi harga total (e’i) adalah perubahan harga dalam dolar aktual.

3.2 Pemodelan perubahan harga dengan urutan arus kas geometris

Tingkat bunga yang tepat untuk digunakan dalam analisis ekonomi teknik sangat tergantung pada satuan dolar dari arus kas dan pendapatan; tingkat bunga kombinasi (ic) biasanya digunakan dalam analisis dolar aktual , sedangkan tingkat bunga riil (ir) digunakan dalam analisis dolar riil.

4. Strategi Aplikasi

Analisis atau strategi aplikasi yang memberikan hasil cukup baik dalam praktek engineering adalah dengan menggunakan analisis dolar aktual , baik analisis sebelum maupun setelah pajak. Strategi ini memberikan informasi tambahan yang sangat berguna. Dengan beberapa organisasi, metode analisis tertentu dapat lebih rinci; namun dengan cara itupun sebuah arus kas  dapat dengan mudah dikonversi kesatuan dolar lain untuk membantu interpretasi hasil.

5. Konsep Kurs Mata Uang dan Daya Beli

Perubahan kurs dua mata uang adalah analog dengan perubahan tingkat inflasi harga umu. Hal ini karena daya beli relative antara kedua mata uang tersebut berubah sama seperti daya beli relative antara dolar aktual  dan dolar riil.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image