Kharakteristik Tipe-Tipe Industri dalam Sistem produksi

Make-to-Stock

Adalah tipe industri yang membuat produk akhir untuk disimpan dan kebutuhan konsumen diambil dari persediaan di gudang. Perusahaan yang masuk kategori ini adalah perusahaan yang berorientasi pada permintaan customer. Perusahaan berpikir bahwa customer tidak akan mau menunggu terlalu lama terhadap apa yang mereka inginkan. Customer berharap produk selalu ada di pasaran, terutama untuk kalangan retail. Karena itu perusahaan harus memproduksi produk berdasarkan permintaan customer, dan jadwal produksi akan dibuat berdasarkan peramalan permintaan. Sedangkan dalam sebuah industri manufaktur yang melakukan proses pengolahan material untuk menghasilkan komponen atau produk dengan tujuan sebagai cadangan atau inventory.

Make-to-Order 

Merupakan tipe industri yang membuat produk hanya untuk memenuhi pesanan. Perusahaan yang menerapkan make-to-order yang memenuhi market dengan produk yang mempunyai variasi relatif lebih banyak dibanding project manufacturing dengan lead-time seminimal mungkin. Proses untuk produk yang dihasilkan relatif memiliki kesamaan. Dengan kesamaan proses dasar tersebut, maka beberapa variasi produk dapat dihasilkan. Untuk lebih mengefektifkan pemenuhan market, biasanya produk yang dihasilkan make-to-order manufacturing difokuskan untuk kategori produk tertentu. Pembatas untuk pengembangan industri kategori ini adalah pengetahuan pada market, permintaan customer yang unik, jalur distribusi.

Strategi inventori untuk karakteristik manufacturing kategori ini adalah menyediakan selalu menjaga tersedianya bahan baku dengan safety stock sehingga akan memberikan respon waktu yang cepat apabila dibutuhkan. Industri manufaktur yang melakukan proses pengolahan material untuk menghasilkan komponen atau produk setelah memperoleh pesanan dari konsumen.

 

Assembly-to-Order

Adalah tipe industri yangg membuat produk dengan cara assembling hanya untuk memenuhi pesanan. Pada perusahaan dengan assembly to order, customer membutuhkan variasi produk yang lebih banyak dibandingkan dengan make to stock untuk waktu yang relatif lama. Perusahaan melakukan forecasting, proses produksi dan penyimpanan hanya untuk semikomponen produk. Pada saat customer memesan produk jadi, semua komponen pembangun produk dirakit sesuai dengan permintaan customer.

Engginer-to-Order

Adalah tipe industri yang membuat produk untuk memenuhi pesanan khusus dimulai dari perancangan produksi sampai pengiriman produk. Parusahaan jenis ini benar-benar malayani kostumisasi panting bagi para konsumennya sehingga memiliki karaktaristik variasi, kostumisasi dan fleksibilitas atas pengamanan order-nya. Pada perusahaan janis ini, sagala sasuatu akan dibuat bardasarkan order tartentu dan bardasarkan harga tertentu. Contoh jenis ini misalnya pada industri pakaian jadi yang bersifat ‘adi busana’, yang bahannya membuat satu item untuk satiap jenis rancangannya. Parusahaan tidak manyimpan bahan baku yang dibutuhkan sabelum mendapatkan spesifikasi order dari konsumennya. Biaya produksi juga biasanya sangat tinggi.

Reza Eka Permana Putra

30407710

3 ID 02

 

 

 

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image