Membandingkan Kelebihan Dan Kekurangan antara Spreadsheet Berlisensi Dengan Spreadsheet Open Source(Non Lisensi)

ABSTRAK : Kegiatan perbandingan spreadsheet digunakan untuk melaksanakan perhitungan secara matematis dan bersifat kritis terhadap keseluruhan proses perhitungan fisik antara beberapa spreadsheet. Keputusan untuk memilih spreadsheet tersebut harus didukung oleh pertimbangan yang objektif dan menguntungkan dalam pencapaian value (biaya, waktu dan mutu) yang ingin dicapai oleh user atau pemakai spreadsheet tersebut. Spreadsheets adalah cara yang nyaman untuk tetap terorganisir, mempertahankan rencana anggaran, atau hanya lagu apa yang Anda makan setiap minggu. Menciptakan sebuah spreadsheet dapat menjadi cepat dan mudah. Kuncinya adalah tetap terorganisir saat membuat spreadsheet. Hal ini antara lain karena dibutuhkan usaha dan persiapan yang lebih untuk perhitungan manual dalam melakukan analisa kriteria atau aspek penilaian yang diperlukan serta memerlukan pengolahan data yang relatif kompleks pula. Makalah ini membahas perkembangan terakhir penelitian yang bertujuan untuk mempermudah user untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan automatisasi aplikasi spreadsheet. Automatisasi tersebut berupa penggunaan program kecil tambahan (Add-in) pada aplikasi spreadsheet yang memberikan fungsi-fungsi tambahan untuk mempermudah proses.

KATA KUNCI: spreadsheet, perhitungan, Automatisasi, aplikasi.

1. PENDAHULUAN

Spreadsheet, juga disebut lembar kerja, memungkinkan untuk penciptaan dan organisasi tabel dan data. Kebanyakan spreadsheet editing sekarang dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer, seperti Microsoft Excel atau Apple Numbers. Meskipun Anda bisa feasibly menciptakan spreadsheet untuk apa pun, ada beberapa jenis spreadsheet yang biasa digunakan untuk memberikan fleksibilitas.
Ada banyak program perangkat lunak di pasar untuk menciptakan spreadsheet, yaitu :

Dua-Dimensional Spreadsheet
Dua-dimensi spreadsheet terdiri dari “sel”-kotak memegang satu bagian dari data-diatur dalam baris dan kolom seperti meja.

Three-Dimensional Spreadsheet
Aplikasi spreadsheet modern memungkinkan untuk lebih dari satu dua dimensi “sheet,” secara efektif berhubungan dengan spreadsheet menumpuk di atas satu sama lain dan memperkenalkan dimensi ketiga.

Aritmatika Spreadsheets
Spreadsheet sering memanfaatkan fungsi aritmatika, seperti secara otomatis menjumlahkan semua nilai dari satu kolom tertentu. Fungsi ini diperlukan untuk anggaran dan faktur spreadsheet, misalnya. Logical Spreadsheets

Beberapa spreadsheet menggunakan fungsi logika, daripada fungsi aritmetika, untuk memungkinkan adanya penalaran deduktif. Object-Oriented Spreadsheet

Alih-alih menggunakan dua dimensi sel, beberapa spreadsheet yang diselenggarakan oleh objek, yang variabel dengan sejumlah atribut terpasang. Hal ini memungkinkan data yang akan dilihat, dianalisis dan dipetakan dalam sejumlah cara yang berbeda.

2. KONSEP DASAR SPREADSHEET

1. Tentukan tujuan spreadsheet Anda. Spreadsheet dapat digunakan untuk menyimpan data terorganisir untuk daftar atau menyelesaikan perhitungan yang rumit. Mendefinisikan tujuan spreadsheet Anda adalah kunci untuk mengatur itu.
2. Label kolom dan baris sehingga Anda tahu apa data untuk dimasukkan ke dalam sel sel dalam spreadsheet Anda. Untuk membantu membuat pos ini berdiri keluar dari sisa spreadsheet Anda Anda dapat mengubah jenis font, warna atau ukuran sel-sel ini.
3. Masukkan data Anda. Ketika memasukkan data dalam spreadsheet, pastikan Anda memasukkan ke dalam sel yang benar.
4. Proofread spreadsheet Anda. Pastikan data yang Anda masukkan ke dalam sel-sel Anda tidak memiliki kesalahan ketik. Kesalahan ini terutama berbahaya jika Anda memasukkan data untuk perhitungan matematis.
5. Menambahkan rumus matematika. Ada banyak program spreadsheet yang tersedia di pasar saat ini, dan masing-masing memiliki persyaratan sendiri untuk suatu formula. Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk memasukkan rumus, gunakan fungsi petunjuk pada panel alat spreadsheet Anda untuk mendapatkan bantuan.
6. Verifikasi perhitungan sudah benar. Cobalah melakukan perhitungan Anda untuk rumus Anda menggunakan kalkulator, dan kemudian membandingkan hasilnya dengan spreadsheet Anda. Hal ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memasukkan rumus dalam sintaks yang benar untuk spreadsheet Anda.
7. Menambahkan teks baik dalam sel ke kiri atau di atas sel dengan hasil perhitungan Anda. Teks ini harus memberikan deskripsi singkat tentang apa rumus menghitung Anda.
8. Format sel dalam spreadsheet Anda. Setelah Anda tahu bahwa Anda memiliki spreadsheet Anda ditata secara benar dengan kolom dan baris yang didefinisikan, dan anda dimasukkan dengan benar rumus Anda bisa mengurus fitur estetika spreadsheet. Pilih salah satu sel di mana Anda ingin mengubah warna font, ukuran, atau jenis dan membuat perubahan-perubahan tersebut menggunakan font pilihan pilihan dalam spreadsheet Anda. Mengatur lebar, tinggi dan pembentukan sel-sel Anda untuk memastikan bahwa data Anda dapat dilihat dalam spreadsheet Anda.
9. Buat nama file yang menjelaskan spreadsheet Anda dan menyimpan file dalam suatu lokasi di komputer Anda yang mudah Anda ingat.

Spreadsheet pada Microsoft Office Excel
Microsoft Excel digunakan untuk menyimpan informasi keuangan atau data penting dalam rangka. Tapi kebanyakan komputer tidak datang dimuat dengan perangkat lunak Microsoft Office. Ini berarti bahwa jika Anda ingin menggunakan Excel, Anda perlu membeli program yang benar-benar terpisah. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka dapat membuat gaya Excel spreadsheet dalam salah satu dasar program pengolah kata. Anda dapat menyimpan uang dengan belajar bagaimana membuat spreadsheet dalam WordPerfect profesional.
A

Spreadsheet pada StarOffice Calc
StarOffice Calc atau StarCalc adalah spreadsheet bagian dari paket perkantoran StarOffice yang sekarang dikenal dengan nama OpenOffice. Aplikasi ini dapat disetarakan dengan aplikasi spreadsheet komersial yang lain, bahkan dari hasil pengujian salah satu majalah di Jerman, program ini menduduki peringkat yang paling bagus untuk visualisasi dan paling lengkap untuk jenis fungsi perhitungan dan analisis, di antara empat macam paket aplikasi perkantoran yang diuji (MS Excel, Lotus 1-2-3, Quatro Pro dan StarCalc).
StarCalc menawarkan fungsi-fungsi lebih dari suatu spreadsheet standard, memberikan kemudahan untuk menganalisis bilangan, membuat daftar dan menangani konversi Euro dengan kemudahan dan ketepatan. Suatu skenario manager akan membantu menganalisis dan memfilter data menurut bermacam-macam faktor, dan beberapa fungsi tata letak lanjut yang memudahkan tugas menampilkan data. Untuk pekerjaan akhir, dapat membuat bagan 3-D dengan hanya mengklik beberapa kali mause. Dengan pelepasan StarOffice ke open source, menjadikan program ini semakin hari semakin baik. Program OpenOffice memiliki tipe lisensi GPL yang dapat didownload, diubah (source codenya) dan dicopy dengan bebas. Program ini dapat di download melalui situs http://www.openoffice.org/ atau http://www.sun.com/staroffice/

B

Kemampuan baru yang dimiliki oleh program ini (StarOffice Calc 5.2) meliputi:
• Menggunakan teknologi pemakaian intuitif yang selalu berkembang (Improved IntuitiveUse) yang menawarkan tool dan fungsi yang diperlukan untuk pekerjakan yang sedang dilakukan, dengan mentidak-berlakukan semua operasi yang tidak diperlukan pada saat itu. Sebagai contoh, suatu pemilihan grafik akan tidak mengijinkan operasi sel. Pada menu dan toolbar, perintah yang aktif hanya yang berhubungan dengan perintah dari aktifitas yang sedang berlangsung.
• .
• Pilot data lanjut (Enhanced DataPilot): Sekarang sangat gampang menganalisis dan mengevaluasi data spreadsheet yang telah ada. Fitur ini memberikan pilihan secara cepat untuk memilih suatu sumber data termasuk pilihan layout lanjut.
• .
• Template baru dan file contoh, seperti file konverter pengukuran unversal (ConventionTable.sdc) yang dapat digunakan untuk mengkonversi pengukuran dan berat dari sistem metrik ke sistem pengukuran US atau British. Juga tersedia file template untuk mengelola stok (StarOffice Stocks Manager template) dan konverter nilai mata uang (CurrencyConverter.sdc) yang bisa diperbaharui baik secara manual maupun lewat internet.
• .
• Euro Converter AutoPilot baru yang dapat digunakan untuk mengkonversi suatu nilai mata uang yang dimasukkan ke dalam mata uang Euro.
• .
• Disempurnakan filter import dan export untuk dokumen MS Excel 97/2000, menyimpan spreadsheet kompleks yang berisi catatan sel, komentar, grafik, dan objek yang dilink (OLE) seperti pada file MS Excel 97/2000.
Untungnya, sekarang kita memiliki salah satu alternatif, yang turut muncul bersama gerakan free/open source software. Nama paket Office tersebut adalah OpenOffice.org, yang juga populer disebut sebagai ooo (atau oo.o) yang dikembangkan oleh Sun Microsystems.
Dari sisi fitur, harus diakui ooo belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office. Namun, sebagian besar pengguna toh hanya membutuhkan sebagian kecil fungsionalitas, yang sudah dipenuhi dengan baik oleh OpenOffice.org. OpenOffice.org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari :
• Word processing (Writer)
• Spreadsheet (Calc)
• Presentation (Impress)
• Database (Base)
• Drawing/Graphics (Draw)
• Formula/Math (Math)
• Macro
• dan lain sebagainya
KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI MIROSOFT OFFICE DAN OPEN OFFICE
1. MICROSOFT OFFICE :
• KELEBIHAN :
1. Microsoft Word, misalnya, begitu mudah digunakan sehingga siapa pun yang mengunakanya akan merasa nyaman dengan pengolah kata ini (intinya Microsoft Office banyak dipakai orang). Microsoft Office memudahkan siapa saja menggunakan aplikasi perkantoran ini.
2. Jika data di”print” sudah ada pada drive (master).
3. Microsoft Office lebih mudah untuk dioperasikan.
4. Tampilan layar pada Microsof Office memiliki warna lebih terang dibanding dengan Open Office.
• KELEMAHAN :
1. Microsoft office pada perkantoran kita harus berbayar alias tidak gratis.Dalam perbandingan ini harga bagi perisian Microsoft telah didapati daripada Internet melalui lamanhttp://www.hardwarezone.com/. Adalah diandaikan pengguna ini akan mendapatkan perisiannya daripada orang ke tiga bukan secara terus daripada Microsoft. Dalam perbandingan ini diandaikan Distribusi Linux adalah Linux Mandrake atau pun Redhat dimana ia boleh didapati di lamanhttp://www.iusahawan.com/dengan harga RM15 satu set yang mempunyai 3 CD. Sebut harga adalah dirujuk pada 1 April 2003.
2. Harga beli perangkat lunak Microsoft Office dianggap terlalu mahal bagi kebanyakan pengguna individu.
3. Aplikasi Microsoft Office tidak dijual secara terpisah-pisah.
4. Windows cukup kalah telak diaplikasi server terutama untuk Internet, aplikasi web server, proxy server, firewall, mail server, Samba, routing IPv6 dan lain-lain cukup kompleks dan memosisikan Linux cukup maju dari Windows. Pada aplikasiserver umumnya X-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources (memori dan hard disk) dibandingkan Windows. Hal ini sangat masuk akal, karena basis Linux yang dari awalnya memang tumbuh di Internet.
2. OPEN OFFICE :
• KELEBIHAN :
1. Open Office memiliki fungsi Macro yang bertujuan untuk memudahkan perjalanan kerja penggunanya.
2. Open Office dilengkapi dengan ciri-ciri keselamatan yang tersendiri dalam memastikan dokumen-dokumen tidak mudah dijangkiti Trojan dan perisian yang dapat merusak komputer.
3. Open Office dapat membaca file dalam bentuk DOC,XLS,PPT dan file-file yang dihasilkan oleh Microsoft Office sama ada versi lama atau yang terbaru. Ia juga boleh menyimpan dalam format Microsoft Office.
4. Tampilan pada Open Office juga lebih tampak teratur.
5. Contoh diperlukannya kedisiplinan lain adalah penempatan potongan teks pada posisi center. Posisi teks hendaknya dipasang dengan atribut paragraf yang bersangkutan, tidak dengan menyelipkan banyak spasi atau tab dikiri teks. Demikian pula, cara yang benar untuk memaksa suatu paragraf masuk dalam halaman baru adalah dengan menyelipkan page break bukan dengan menyelipkan enter berkali-kali. Ketidak kompatibilitas Microsoft Word dengan OpenOfficeWriter pada umumnya disebabkan pada perbedaan default ukuran kertas, font, dan definisi atribut-atribut semacam itu. Itulah sebabnya dokumen yang disunting dengan kedisiplinan tinggi dalam memaksimalkan penggunaan fasilitas word processor tidak akan mengalami kekacauan bila disunting dengan word processor lain.
• KELEMAHAN :
1. Tidak dapat di copy paste.
2. Tidak terbiasa dalam pengoperasian format fitur.
3. Tampilan layar juga agak suram.
4. Hal lain yang bisa menyebabkan kekidak kompatibilitas antara Microsoft Office dan OpenOffice adalah sistem pemrograman makro. Kebanyakan pengguna komputer tidak memanfaatkan fasilitas ini; dalam banyak hal justru fasilitas makro memberi kesusahan dengan terbitnya berbagai macam virus dokumen. Bila diperlukan, fungsi-fungsi makro harus diprogramulangkan di lingkungan OpenOffice.
5. Linux kalah cukup telak dari Windows untuk aplikasi Office-nya, saya harus mengakui bahwa Microsoft Office termasuk toolyang sangat enak untuk bekerja di PC untuk menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda, dan lain-lain. Salah satutool produktivitas kantor yang paling beken di Linux adalah StarOffice dari Sun Microsystem yang dapat berjalan bukan hanya di Linux, tetapi juga di Windows.

3. PERHITUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI SPREADSHEET

Aplikasi Microsoft Excel

C

1. Menulis Rumus dengan Menggunakan Angka Tetap
a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik rumus “=48*3500” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.
Catatan : Penulisan rumus selalu diawali dengan lambng sama dengan (=).

2. Menulis Rumus dengan Referensi Sel

a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik rumus “=E3*E4” pada kolom baris rumus dan tekan Enter.

Catatan : Dengan menggunakan cara ini, bila data di sel E3 &(atau) E4 diubah, maka hasil di sel E5 pun akan ikut berubah.

3. Menulis Rumus dengan Cara Menunjuk

Dengan menggunakan keyboard atau mouse :
a. Tempatkan penunjuk sel pada posisi yang diinginkan (dalam contoh ini E5)
b. Ketik “=” pada kolom baris rumus
c. Pilih atau klik sel E3, lalu ketik “*”
d. Pilih atau klik sel E4 lalu tekan Enter.

Open Office Calc

Menulis formula
Latihan kali ini anda akan menambahkan kolom baru jumlah penjualan produk elektronik pada tab sheet Latihan Angka.
1. Klik tab sheet Latihan Angka
2. Klik sel E3, ketik Jumlah
3. Klik sel F3, ketik Total

D

4. Klik sel F4, ketik = ( tanda sama dengan) untuk mulai menulis formula
5. klik sel E4, perhatikan pada sel F4 akan tampil referensi dari sel E4
6. kembali ke sel F4, ketikkan * (tanda asterisk – operator matematika untuk perkalian), sehingga formula pada sel F4 menjadi : =E4*
7. klik sel D4, tekan Enter. Sekarang sel F4 sudah memiliki formula : =E4*D4 dan nilainya menjadi Rp 0. Layar anda akan tampak seperti ilustrasi berikut :

E

8. Klik sel E4, ketik 3, tekan Enter
Formula pada sel F4 akan menghasilkan nilai dari perkalian sel D4 dan E4 Jika sel F4 tidak cukup besar menampung nilai total, klik garis pembatas antara heading kolom F dan heading kolom G.

4. KESIMPULAN

Pada dasarnya penggunaan Microsoft Offie dan Open Office tidak jauh berbeda. Namun Open Office jauh lebih baik dengan penambahan dan pembaikan yang kentara mampu menggantikan Microsoft Office. Namun kebanyakan orang pada umumnya menggunakan Microsoft Office karena penggunaanya lebih mudah dan lebih banyak diketahui. Tanpa harus mengeluarkan biaya besar, Anda bisa menggunakan paket office profesional ini. Hanya saja, besarnya file instalasi membuat proses download menjadi lama. Akan tetapi penggunaan Microsoft Office perlu membayar mahal dibandingkan dengan Open office. Maka dari itu, Open Office yang penggunaanya lebih efektif.

Hal yang sama juga bisa Anda temukan dalam satu tool lainnya lagi, yaitu OpenOffice.Org Calc. Tool ini berfungsi sama seperti Microsoft Excel. Berbagai macam perhitungan bisa Anda lakukan dalam tool ini. Formula-formula perhitungan yang ada juga sama persis dengan Microsoft Excel. Jadi, apabila Anda telah mahir menggunakan Microsoft Excel, Anda bisa menggunakan tool ini dengan lancar. Namun, jika Anda membutuhkan perhitungan khusus, seperti perhitungan dengan rumus matematika, Anda bisa menggunakan OpenOffice.Org Math. Di sini Anda bisa menggunakan rumus-rumus matematika yang rumit sekalipun, seperti algoritma dan integral.

F

DAFTAR PUSTAKA

Army, Perbedaan Microsoft Office Dengan Open Office, army-look.blog.friendster.com, Oktober 2009.

Areebahu, Tutorial OpenOffice.org Calc (Indonesian), http://areebahu.blogspot.com/ , Oktober 2009.

Poss, 10 Kelebihan OpenOffice.org dibanding Microsoft Office, http://poss.unmul.ac.id/index.php, Oktober 2009.

Yafid, Zaini, Komunitas Forum Diskusi Teknologi Komputer , http://www.diskusiweb.com, Oktober 2009

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. artikel diatas berasal dari link

    http://www.hartartoanugerah.com/index.php?option=com_content&view=article&id=95:membandingkan-kelebihan-dan-kekurangan-antara-spreadsheet-berlisensi-dengan-spreadsheet-open-sourcenon-lisensi&catid=38:tulisan-di-tahun-2010&Itemid=57

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image