PERJANJIAN ANTAR NEGARA

Bentuk perjanjian dibedakan menjadi dua, yaitu perjanjian internasional lisan atau perjanjian internasional tidak tertulis (unwritten agreement atau oral agreement), dan perjanjian internasional yang berbentuk tertulis (written agreement). Perjanjian internasional tidak tertulis adalah pernyataan secara bersama atau timbal balik yang diucapkan oleh kepala negara, kepala pemerintahan ataupun menteri luar negeri, atas nama negaranya mengenai masalah tertentu yang menyangkut kepentingan para pihak yang dalam pembuatannya tidak melalui atau membutuhkan prosedur tertentu, dan dapat berupa pernyataan sepihak yang dikemukakan oleh para pejabat sebagai persetujuannya. Perjanjian internasional tertulis adalah setiap perjanjian internasional yang dituangkan dalam instrumen-instrumen pembentuk perjanjian yang tertulis dan formal, contoh: konvensi, protokol, statuta dan lain-lain. Perjanjian internasional tertulis lebih memiliki ketegasan, kejelasan, dan kepastian hukum bagi para pihak, jika dibandingkan dengan perjanjian tidak tertulis.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa perjanjian internasional banyak macamnya. perjanjian internasional bilateral Perjanjian internasional multilateral, Perjanjian internasional khusus, atau perjanjian internasional tertutupPerjanjian internasional terbuka. perjanjian internasional dimaksudkan agar negara yang melakukan perjanjian tersebut saling di untungkan barulah terjadi kesepakatan perjanjian.

Indonesia adalah salah satu negara yang memilki banyak perjanjian internasional terhadap negara-negara tetangga. seperti dengan negara singapura. daru kutipan kompos.com rjanjian ekstradisi antara Indonesia dan Singapura dinilai sangat dibutuhkan dan berpotensi menguntungkan bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan berbagai kasus kejahatan yang bersifat transnasional.

“Indonesia dan Singapura akan sama-sama diuntungkan dengan perjanjian ekstradisi,” kata pengamat politik internasional UI, Beginda Pakpahan, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bagi Indonesia, perjanjian tersebut merupakan titik terang khususnya bagi para aparat penegak hukum untuk menyelesaikan berbagai kasus yang tertunda selama ini, terkait dengan kejahatan transnasional.

“Banyak kasus korupsi besar, `money laundring`, dan lainnya yang masih terhambat selama ini,” katanya.

Sedangkan bagi Singapura, perjanjian ekstradisi dengan RI dinilai berpotensi meningkatkan kredibilitas negara itu agar tampak semakin bersih dan kredibel di mata hukum dan dunia internasional.

Singapura akan semakin terangkat reputasinya saat bersedia bekerja sama dalam menindak para pelaku kejahatan sekaligus dalam pemberantasan kejahatan transnasional di Asia Tenggara.

Lebih lanjut ia mengemukakan Singapura juga memerlukan hubungan bertetangga yang baik dengan negara-negara anggota ASEAN, khususnya Indonesia, yang telah sejak lama membina hubungan bilateral dan terjalin cukup dinamis.

“Dengan adanya perjanjian ekstradisi, maka kerjasama diplomatik antar negara bisa lebih lancar, terutama di bidang penegakan hukum dan keamanan bersama,” katanya.

Seperti diberitakan, setelah melalui perundingan yang alot dan panjang, akhirnya pemerintah Indonesia dan Singapura sepakat untuk menandatangani perjanjian ekstradisi di Istana Tampak Siring, Bali, pada 27 April 2007.

Pemerintah Indonesia sendiri mendesak adanya perjanjian ekstradisi antar kedua negara, karena ada dugaan sejumlah koruptor bersembunyi dan mencuci uang hasil korupsi di Singapura.

perjanjian sangatlah penting bagi indonesia, untuk kepentingan negara dan untuk kepentingan masyarakat. terutama untuk TENAGA KERJA INDONESIA yang bekerja di luar negeri.

referensi:

http://www.antara.co.id/view/?i=1177565512&c=NAS&s=

http://www.sigitfahrudin.co.cc/2009/04/macam-macam-perjanjian-internasional.html

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
PERJANJIAN ANTAR NEGARA, 4.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image