manfaat dari kelompok sosial

MANFAAT DARI KELOMPOK SOSIAL

Kelompok social dapat dijumpai di mana-mana. Dari lingkungan keluarga, RT maupun di lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah misalnya, banyak sekali kelompok sosial yang dibentuk, mulai dari OSIS (organisasi siswa intra sekolah), ROHIS (rohani islam), PASKIBRA (pasukan pengibar bendera) dan PRAMUKA. Hampir di setiap sekolah membentuk organisasi tersebut. Mengikuti berbagai jenis kelompok sosial hampir tidak ada ruginya. Banyak sekali manfaat yang didapat apabila kita menjadi anggota suatu kelompok sosial. Mendapatkan banyak teman, merasakan pengalaman baru yang mungkin tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman tersebut. Dalam kelompok sosial kita juga diajarkan untuk mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Semua itu penting untuk kehidupan kita.

Saya sejak SLTP sampai SMK sudah mengikuti organisasi PASKIBRA. PASKIBRA merupakan organisasi sekolah yang paling memiliki sifat kesenioritasan dibanding dengan oraganisasi sekolah lainnya. Di sini menjunjung tinggi kesenioritasan. Awalnya saya melihat tayangan upacara pengibaran bendera pusaka di istana negara. Dari situ saya tertarik untuk menjadi PASKIBRAKA. Untuk menjadi PASKIBRAKA saya harus mengikuti PASKIBRA sekolah terlebih dahulu.

Menjadi anggota PASKIBRA tidak mudah, harus kuat mental dan fisik. Karena setiap pertemuan pasti selalu ada yang namanya pendidikan. Baik itu pendidikan fisik maupun materi. Tetapi pendidikan fisiknya tidak seperti pendidikan yang diberikan oleh tentara ataupun polisi. Tujuan dari pendidikan tersebut yaitu untuk menguatkan stamina agar terbiasa dengan hal hal yang keras. Sangat berguna untuk masa depan. Saat nanti kita berada dalam dunia kerja. Di sinilah manfaatnya bisa dirasakan. Kita tidak akan kaget lagi ketika kita dituntut oleh atasan kita nanti.

Berbagai perlombaan sudah saya ikuti, dari tingkat provinsi, sampai tingkat JABODETABEK. Lima kali saya mengikuti lomba dan hasilnya memuaskan. Saya mendapatkan kategori komandan terbaik se DKI Jakarta. Prestasi pertama saya yang sangat membanggakan untuk saya pribadi.

Di PASKIBRA saya mendapat keluarga baru yang menyenangkan, kompak dan saling berbagi. Memang itulah yang diajarka di dalam PASKIBRA. Sungguh tidak ada kerugian sedikitpun yang saya dapatkan. Walaupun orang bilang PASKIBRA identik dengan lelah, panas, buang buang waktu. Itu semua memang benar. Tetapi justru manfaat yang berlimpah yang saya rasakan hingga sekarang. Bisa merasakan susah bersama itu sangat menyenangkan. Dihukum bukan lagi malapetaka bagi kami anggota paskibra. Justru itulah nikmatnya mengikuti organisasi paskibra.

Menjadi anggota suatu kelompok sosial di sekolah seperti PASKIBRA merupakan pengalaman yang tak ternilai harganya.

VN:D [1.9.22_1171]
Rating: 4.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: -2 (from 2 votes)
manfaat dari kelompok sosial, 4.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image