Perkembangan Teknologi dan Informasi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mengambil peran penting dalam perkembangan hidup manusia dewasa ini. hampir semua hal kini menggunakan penerapan teknologi informasi dan komunikasi guna mempermudah pengerjaannya.Mulai dari peralatan rumah tangga sampai peraltan yang digunakan oleh khalayak ramai. sebenarnya secara harfiah Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek yaitu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi nformasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. jadi teknologi informasi dan komunikasi merupakan 2 hal yang menjadi satu dan tidak terpisahkan, karena keduanya memang saling berkaitan. dengan kata lain secara sederhana teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai perangkat yang digunakan dapat digunakan untuk menglola informasi yang kemudian informasi tersebut nantinya bisa direkomendasikan/dikirimkan bagi yang membutuhkannya.

jika berbicara mengenai sejarah dari perkembangan dunia informasi dan komunikasi tidak terlepas dari penemuan teknologi komunikasi dari dulu hingga kini. dimulai dari alexander Graham Bell dengan teleponnya kemudian berkembang menjadi jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika.setelah itu pada tahun 1910-1920 mucul lah teknologi baru yaitu transimisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. setelah zaman radio ini, teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami peningkatan sperti transmisi audio-visual tanpa kabel yang diikuti dengan siaran televisi pada tahun 40-an. setelah itu muncul lah perkembangan komputer mulai dari yang menggunakan vacum tube sampai yang menggunakan teknologi digital seperti sekarang ini.
dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti ini sebenarnya bisa membantu mempermudah pekerjaan manusia. setidaknya manusia tidak perlu berpikir terlalu keras dalam menyelesaikan pekerjaannya karena dengan adanya teknologi seperti saat ini sudah membantu semuanya. akan tetapi teknologi informasi dan komunikasi bukan tanpa dampak negatif, beberapa dampak negatif yang ditimbulkan adalah:
1. manusia cenderung kurang aktif dan menjadi sedikit malas
2. penyampaian teknologi dan informasi melalui internet tidak terbatas sehingga memungkinkan ter-aksesnya hal hal negatif seperti pornografi
3. membuat manusia menjadi budak dari alat yang diciptakannya sendiri.

demikina sedikit penjelasan mengenai Teknologi Informasi dan Komunikasi, semoga bermanfaat.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image