Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Daerah Setempat

Ungkapan gagasan atau perasaan yang diwujudkan melalui media titik,garis,bidang,bentuk,warna,tekstur,dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu dinamakan seni rupa.

Berdasarkan kegunaannya seni rupa dapat dikelompokan menjadi dua,yaitu : seni rupa murni dan seni rupa terapan.Dinamakan seni rupa murni sebab karya seni ini mengutamakan fungsi keindahan atau hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indra penglihatan,selanjutnya dinamakan seni rupa terapan sebab karya seni rupa ini mengutamakan fungsi pakaian selain juga dinikmati mutu seninya .

Pada pertemuan ini kita hanya membahas masalah seni rupa murni.Contoh seni rupa seperti : seni,lukis,seni relief,seni patung atau pahat,seni ilustrasi .

Unsur-unsur karya seni rupa meliputi unsure titik,garis,bidang ruang,warna,tekstur, dan gelap terang .

TITIK

Titik merupakan unsur rupa yang paling sederhana.Setiap menyentuhkan pensil yang pertama kali pada kertas akan menghasilkan titik.Unsur titik akan tampak lebih berarti pada karya seni rupa apabila jumlahnya cukup banyak atau ukurannya diperbesar hingga menjadi titik .

GARIS

Garis merupakan unsur seni rupa yang terbuat dari rangkain titik yang terjalin memanjang menjadi satu. Ada empat macam garis yaitu garis lurus,garis lengkung,garis patah-patah,dan garis spiral atau garis pilin.

BIDANG

Bidang merupakan unsur rupa yang terjadi karena pertemuan dari beberapa garis.Bidang dapat dibedakan menjadi dua yaitu bidang geometris dan nongeometris.

WARNA

Warna adalah usur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat pewarna).Warna dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu kelompok warna primer ,skunder,dan tertier.

BENTUK

Unsur seni rupa yang terbentuk karena ruang atau volume.Macam-macam bentuk dalam seni rupa adalah bentuk kubistis,silindris,bola,limas,prisma,krucut (geometris) dan non geometris.

TEKSTUR

Permukaan suatu benda .secara visual,tekstur dapat dibedakan menjadi dua tekstur nyata dan tekstur semu.

GELAP TERANG

Keadaan suatu bidang yang dibedakan dengan warna tua untuk gelap dan warna muda untuk terang yang disebabkan oleh perbedaan warna atau Karena pengaruh cahaya .

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 2 votes)
Seni Rupa Murni yang Diciptakan di Daerah Setempat, 10.0 out of 10 based on 2 ratings
Share

There Are 2 Responses So Far. »

  1. mohon tampilkan pengertian seni rupa daerah setempat pliss

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. mohon tampilkan pegertian daerah setempat

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image