TULISAN 8 – KELOMPOK SOSIAL

NAMA    :   YULIANA

NPM      :   21209827

KELAS   :   1 EB 14

KELOMPOK SOSIAL

Setiap manusia tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, manusia disebut sebagai makhluk sosial bukan makhluk pribadi. Karena setiap manusia butuh pertolongan orang lain, maka manusia pasti akan hidup berkelompok guna saling memenuhi kebutuhan hidup yang satu maupun yang lain. Kelompok-kelompok manusia ini tidak terjadi begitu saja dengan sendirinya, melainkan melewati sebuah proses.

Kumpulan kelompok-kelompok manusia tersebut dapat kita katakan sebagai kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. Dimana, masing-masing kelompok sosial tersebut mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Kelompok sosial dapat kita artikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki persamaan ciri, tujuan dan maksud serta adanya kesadaran bahwa ia termasuk dalam keanggotaannya tersebut.

Adapun faktor-faktor pendorong yang membentuk kelompok sosial diantaranya disebabkan oleh faktor kepentingan, faktor keturunan, faktor geografis dan faktor daerah asal yang sama. Dalam hal ini, kelompok sosial mengandung pengertian sekumpulan individu-individu yang saling berinteraksi satu sama lain.

Walaupun di dalam masyarakat terdapat banyak kumpulan-kumpulan manusia, tetapi tidak semua kumpulan tersebut dapat dikatakan sebagai kelompok sosial karena kelompok sosial tersebut mempunyai ciri-cirinya tersendiri. Diantaranya, mempunyai struktur sosial yang setiap anggota memilki status dan peran, mempunyai kepentingan bersama, mempunyai norma-norma yang mengatur anggota-anggota dalam kelompok tersebut serta adanya komunikasi antara anggota yang satu dengan  yang lainnya sehingga terjalin komunikasi yang baik dalam kelompok tersebut.

Selain itu, klasifikasi kelompok sosial juga sangat banyak yang terdapat dalam masyarakat. Setiap daerah pun pasti selalu ada kelompok-kelompok sosial yang terbentuk melalui proses. Karena kelompok-kelompok tersebut terbentuk tidak dengan sendirinya. Banyaknya kelompok sosial yang ada dalam masyarakat mempunyai kepentingan dan tujuan masing-masing.

Dalam kelompok sosial terdapat kelompok semu, dimana kelompok tersebut terjadi secara medadak di tengah-tengah pergaulan masyarakat. Kelompok ini hanya bersifat sementara dan tidak adanya kemungkinan untuk mempunyai ikatan antara anggota yang satu dengan anggota yang lain. Kelompok semu ini biasanya disebut sebagai khalayak ramai atau khalayak umum. Dalam kelompok semu pun tidak terdapat aturan-aturan yang mengendalikan para anggotanya.

Selain itu, dalam kelompok sosial pun juga terdapat kelompok nyata, dimana kelompok ini kehadirannya selalu konstan atau tetap. Kelompok ini tidak direncanakan atau disengaja melainkan sudah terbentuk dengan sendirinya. Lalu, tidak adanya interaksi maupun komunikasi diantara para anggotanya secara terus-menerus. Para anggotanya juga tidak ada kesadaran berkelompok.

Dengan adanya kelompok sosial tersebut, setiap manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing dengan mencapai kepentingan dan tujuan dari kelompok tersebut secara bersama-sama. Dengan begitu, adanya kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat akan sangat membantu setiap manusia agar dapat mencapai kepentingannya yang sama dengan kepentingan yang dimiliki para anggota lainnya di kelompok sosial tersebut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image