STRUKTUR dan GAMBARAN UMUM SIM

Pendahuluan
Struktur pada suatu organisasi memang sangat penting, karna dengan adanya struktur disebuah organisasi dapat membuat suatu pekerjaan menjadi lebih mudah dan membutuhkan waktu yang singkat, karna struktur organisasi adalah kumpulan atau susunan dari unit-unit kerja di dalam organisasi, sehingga terdapat pembagian kerja didalamnya.

Kutipan-kutipan
1. Organisasi Menurut Stoner; Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
2. Organisasi Menurut James D.Mooney; Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3. Organisasi Menurut Chester I.Bernard; Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4. Bagaimana pekerjaan dibagi-bagi kemudian dikoordinasikemudian merupakan upaya untuk membangun strukturorganisasi (cf. definisi Hodge, Anthony, Gales [1996: 32] tentang struktur organisasi).

Pembahasan
Dari pendahuluan diatas kita dapat definisikan lebih rinci lagi apa yang dimaksud dengan struktur pada SIM (sistem informasi manajemen), bahwa struktur pada SIM adalah susunan dari komponen-komponen dimana terdapat pembagian kerja yang menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan, Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lainnya, mereka mengerjakan tugas menurut keahliannya masing-masing, Misalnya, bagian pembukuan, produksi, personalia, dan pemasaran. Dengan adanya pembagian tugas tersebut, maka satu sama lain tidak akan turut campur atas pekerjaannya masing-masing. Tetapi dalam menjalankan kerjanya mereka tetap menjalin hubungan kerja sama yang baik dalam mencapai tujuan sebuah organisasi tersebut,
Di dalam struktur informasi pada dasarnya dibedakan menjadi 2, yaitu : sistem yang dimaksud dengan terstruktur (formal) adalah sistem yang berjalan sesuai dengan norma yang berlaku pada setiap orang, Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan sebuah organisasi, sedangkan yang tidak terstruktur (non formal) adalah sistem yang berjalan dengan tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh yang besar terhadap lingkungan.

Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan : struktur organisasi sangat penting dalam membangun sebuah organisasi karena dengan tidak terstrukturnya sebuah organisasi maka organisasi tersebut tidak akan dapat mencapai tujuannya.
Saran : seberapa penting menurut anda struktur di dalam organisasi.

Referensi

• http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2035431-definisi-dan-pengertian-pengorganisasian-menurut/
• http://kumoro.staff.ugm.ac.id/wp-content/uploads/2007/07/struktur-organisasi-pemda.pdf
• http://www.manbisnis2.tripod.com/2_2_4.pdf
• http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf
• http://www.slideshare.net/guest19f4af4/bab1-gambaran-umum-sim-1manual
• http://blog.re.or.id/struktur-sistem-informasi-manajemen.htm
• http://www.wonosari.com/teras-nongkrong-f36/organisasi-dan-berorganisasi-t2841.htm
• http://organisasi.org/pengertian-struktur-organisasi-serta-empat-elemen-di-dalamnya-ilmu-pengetahuan-ekonomi-manajemen
• http://hmti.wordpress.com/2008/02/22/definisi-dan-pengertian-organisasi/
• http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/09/definisi-dan-fungsi-sim/

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image