Berkenalan dengan New Media

Peradaban kehidupan manusia terus mengalami kemajuan dari hari ke hari. Manusia yang dulu hanya berupaya bagaimana cara untuk mendapatkan makanan kini sudah mengalami peningkatan dengan kebutuhan informasi. Informasi merupakan sesuatu yang dibutuhkan setiap manusia untuk mengetahui segala yang terjadi di sekitar kita. Kebutuhan akan informasi mutlak dalam kehidupan manusia modern dewasa ini. Dengan informasi manusia menjadi tahu akan kejadian yang ada di sekitar. Ini membuat manusia mengerti apa yang seharusnya dilakukan dalam situasi seperti itu. Sebagai contoh, informasi kurs mata uang diperlukan oleh setiap pemegam saham yang ingin menanamkan modal mereka pada suatu perusahaan atau instansi. Atau informasi tentang keadaan cuaca diperlukan oleh nelayan untuk memutuskan dapat berlayar mencari ikan atau tidak. Masih banyak informasi informasi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya. Informasi juga dibutuhkan oleh manusia agar tidak tertinggal dengan hal hal yang terbaru saat ini.
Media media informasi yang ada saat ini seperti surat kabar, televisi dan lain sebagainya sangat dibutuhkan oleh manusia. Akan tetapi manusia cenderung ingin mendapatkan informasi dengan cara yang mudah dan praktis. Terlebih untuk mereka para pekerja dengan mobilitas yang tinggi dan juga mereka yang membuthkan informasi secara cepat,tepat dan “up to date”. Hal ini membuat para ilmuwan memikirkan cara yang lebih efisien untuk mendapatkan informasi. Akhirnya terciptalah suatu media yang dapat menjawab semua tantangan tersebut. Media tersebut kita kenal dengan Internet. Internet terdiri dari dua kata yaitu international network. Yang mengandung arti jaringan internasional. Dengan kata lain semua orang dari seluruh dunia dapat terhubung dengan adanya internet. Ini membuat pertukaran informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Awalnya internet digunakan oleh militer Amerika untuk berkokunikasi dan memberikan informasi kepada tentaranya yang berada di tempat yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, dengan kemampuan yang dimiliki manusia ditambah dengan rasa tidak pernah puas membuat internet mengalami kemajuan pesat. Internet menjadi salah satu primadona dalam media informasi saat ini. Internet dinilai cocok bagi mereka yang membuthkan infomasi secara cepat,tepat dan up to date. Perkembangan lain dalam dunia internet adalah jika dulu kita hanya dapat mengakses internet melalui komputer, kini dengan teknologi yang semakin canggih kita dapat mengakses internet untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan melalui telepon seluler. Tentu saja ini menjadi lebih praktis karena kita dapat mengakses informasi dimana saja kita berada. Tanpa harus membeli surat kabat terlebih dahulu atau harus menyalakan televisi. Dengan kata lain, internet saat ini sudah menjadi media yang tidak bisa lepas dari mereka yang membutukan informasi secara tepat,cepat dan up to date.
Topik permasalahn kita saat ini adalah apa yang dimaksud dengan “New Media”. Secara arti kata, new media berarti media baru. New Media merupakan hasil dari teknologi komunikasi yang berkembang berama dengan komuter digital. Seperti yang sudah dipaparkan diatas, sebelum adanya New Media kita mendapatkan informasi secara cetak dan analog seperti surat kabar, televise dan radio. Dengan kata lain dapat diartikan bahwa New Media merupakan suatau sarana atau media baru dalam mendapatkan informasi tentunya secara digital. Contohnya adalah seperti kehadiran internet yang sudah dijelaskan sebelumnya. Digital computer,internet,televisi digital, radio digital, mobile phone merupakan beberapa alat yang digunakan dalam new media. New media mungkin bukan teknologi yang baru atau sangat bagus, akan tetapi dengan new media semua orang di seluruh dunia dapat terkoneksi dalam satu ruang dan waktu yang sama untuk berbagi hal hal yang baru dan belum pernah diketahui sebelumnya. Ini sangat membantu karena naluri kita sebagai manusia yang selalu ingin mendapatkan hal hal dan informasi baru. Terlebih ini juga cocok bagi mereka yang membutuhkan informasi dengan cepat dan akurat seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Internet sebagai bagian dari new media sebenarnya bukan merupakan hal yang baru. Akan tetapi internet selalu menjadi pilihan favorit kita dalam mencari informasi. Sebagai contoh, pada internet terdapat banyak mesin pencari yang bisa memberikan informasi yang kita mau secara cepat. Dengan hanya mengetikkan kata kunci dari informasi yang kita inginkan, maka dengan sendirinya mesin pecari itu akan mencarikan informasi yang kita minta.Yang membuatnya lebih digemari oleh seluruh masyarakat dunia adalah karena konten konten yang terdapat dalam internet selalu menawarkan hal hal baru dalam informasi dan berhubungan dengan seluruh manusia di penjuru dunia. Sebagai contoh email,facebook,friendster dan masih banyak lagi konten konten yang membuat kita terhubug dengan orang orang di tempat yang berbeda.
New media merupakan teknologi digital, kelebihan teknologi digital dengan teknologi analog diantaranya adalah: mudah dalam transfer data, terhubung dengan jaringan internasional, pendistribusian informasi dengan cepat, dapat diproduksi berulang ulang tanpa ada data yang hilang. Disamping itu perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat new media semakin diminati. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi ini membuat beberapa alat alat teknologi yang baru dengan inovasi terbaru pula menjadi sangat mahal. Namun itu bukanlah satu masalah, dikarenakan jika ada teknologi dengan inovasi terbaru pasti akan diikuti dengan teknologi terbaru lainnya. Karena dunia teknologi selalu bergerak dan tidak pernah berhenti berkmbang. Sehingga akan terus ada inovasi inovasi lainnya yang pasti lebih canggih dari sebelumnya.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image