sekilas tentang museum fatahillah – jakarta

Museum Fatahillah di resmikan sebagai Museum Jakarta pada tanggal 30 Maret 1974 oleh Gubernur Jakarta yaitu Bapak. Ali Sadikin. Museum ini memiliki luas area sekitar 13.588 m2 dengan jumlah koleksi sebanyak ± 23.000 buah. Museum ini merupakan museum sejarah terbentuknya kota Jakarta. Jakarta dahulu bernama “Jayakarta”, namun nama “Jayakarta” dirubah menjadi “Batavia” oleh Gubernur Belanda “G. J. Jan Pieterzoencoen”. Ia merebut Jayakarta pada tahun 1516 (kedatangan belanda) kemudian merubah nama “Jayakarta” menjadi “Batavia”, yang artinya “Suku bangsa” (suku asli Jayakarta).

museum keramik

Di Museum Fatahillah ini banyak terdapat peninggalan – peninggalan bersejarah yang menggambarkan kehidupan pada zaman dahulu baik sistem pemerintahan, sosial masyarakat dan yang paling bersejarah adalah nilai-nilai kebudayaan yaitu terdapat banyak benda-benda bersejarah yang memiliki nilai-nilai budaya bangsa Indonesia. Berikut ini adalah beberapa peninggalan kebudayaan dan benda – benda sejarah :

1. Pengadilan

Pada saat Pemerintahan Gubernur “JOAN van HOORN”, gedung ini telah digunakan sebagai pengadilan bagi mereka yang dianggap menentang Pemerintahan VOC. Jika kita perhatikan pada Ruang Utama Museum Sejarah Jakarta ini terdapat sebuah pedang panjang yang kala itu digunakan sebagai alat untuk memancung/mengeksekusi mati seorang pemberontak. Bahkan, ketika aku memperhatikan dari dekat masih tersisa bercak-bercak darah yang menempel pada mata pedang.

2. Penjara

Sempat aku berfikir,  apakah setiap orang yang diadili akan dieksekusi mati? Ternyata tidak.Hal ini terjawab saat pemandu mengantarkan rombonganku ke bekas-bekas penjara yang menjadi tempat penyiksaan para peberontak.

a.      Penjara Bawah Tanah

Terdapat sebanyak 5 buah dengan ukuran 6 x 3 m. Bisa dibayangkan, betapa tersiksanya orang –orang yang berada didalamnya, karena dalam ukuran sekecil itu berisi 50 orang yang kakinya diberi pemberat dari besi. Tak heran, jika dalam kurun waktu 3-4 bulan banyak para penghuninya yang meninggal dunia.

penjara

b.      Penjara Wanita

Hanya terdapat 1 buah dengan ukuran tinggi 1,5 m. Suasana yang gelap dan pengap serta terasa sempit karena hanya berukuran sekitar 6 x 7 m dengan pintu masuk sebesar lemari besi, mengesankan keangkeran penjara itu. Dengan kapasitas sekitar 25 orang, penjara itu pernah memenjarakan Cut Nyak Dien.

Häì g!Rl(11)

c.      Penjara Air

Terdapat sebanyak 2 buah dengan tinggi 180 m dan  ukuran sekitar  31 x 3 m. Walaupun dengan ukuran dan tinggi yang bisa dikatakan cukup lebar untuk sebuah penjara dimasa itu , tetapi kalau anda melihat kondisinya tak’kan pernah ada orang yang berharap ada disana. Penjara itu terdapat diluar, tersengat sinar matahari secara langsung, serta ditambah puluhan lintah yang hidup.

penjara euy2

3. Meriam si jagur

Meriam Si Jagur yang dibuat di MT Gautaro, Cina. Meriam ini beratnya 3,5 ton sebagai lambing kesuburan bagi wanita dan kejantanan bagi pria.

meriam 23

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image