Kekurangan Koperasi

PENYALAHGUNAAN KOPERASI

Dalam proses perjalanan Koperasi, dalam setiap prosesnya pasti tedapat hambatan – hambatan. Hambatan – hambatan ini bisa berasal dari luar maupaun dari dalam koperasi itu sendiri. Kali ini hambatan dari luar tidak kita masukan, tetapi kita akan membahas hambatan dari dalam yang merupakan faktor penyalahgunaan atau kekurangan dari Koperasi.

Hambatan dari dalam Koperasi ini muncul dari nakalnya para anggota Koperasi dalam menjalankan kewajibannya. Ada yang mangkir terhadap kewajibannya, atau melakukan tindakan yang dapat merugikan Koperasinya. Yang paling berbahaya adalah Koperasi ini dijadikan senjata untuk melakukan penipuan atau kejahatan. Dimana Koperasi digunakan untuk memperkaya diri sendiri sehingga tujuan Koperasi untuk mensejahterakan anggotanya tidak akan tercapai. Penyalahgunaan ini berkaitan dengan masalah pendanaan Koperasi.

Masalah pendanaan merupakan hal yang paling signifikan pada Koperasi, karena dari pendanaan ini akan muncul niat – niat untuk menggunakan dana baik yang bersifat positif maupun negatif. Untuk penggunaan dana yang bersifat positif tentu akan menambah kesejateraan Koperasi tetapi apabila digunakan untuk yang bersifat negatif akan menyebabkan Koperasi tidak sehat yang akhirnya tidak jalan. Bisa dikatakan ada KKN pada tubuh Koperasi.

Dari adanya penyalahgunaan Koperasi ini, makan dibutuhkan pembinaan terhadap para pengurus maupun anggotanya supaya Koperasi dapat berjalan sesuai dengan tujuan Koperasi. Pembinaan ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas para pengurus dan anggotanya.

Disusun Oleh

Ronni N. Rohmat

2EB12

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image