Presentasi yang Baik dan Benar

Presentasi saat ini telah menjadi bagian penting di kehidupan kita. Baik sebagai pelajar yang mempresentasikan suatu pelajaran, atau pekerja yang mempresentasikan hasil pekerjaannya. Bahkan kadang presentasi merupakan penentu masa depan kita. Contohnya presentasi Skripsi.

Meski kadang beberapa orang mengeluh terhadap kemampuannya melakukan presentasi. Kemungkinan ini dipengaruhi jam terbang. Tapi tentunya ada tips dan cara-cara yang memudahkan untuk melakukan presentasi dengan baik. Berikut ini cara-cara melakukan presentasi yang baik :

  1. Kuasai isi materi Anda. Pada saat presentasi, sebaiknya Anda seminim mungkin melihat kertas karena hal tersebut dapat membuat orang lain berpikir kalau Anda tidak terlalu menguasai materi. Salah satu cara menyiasati hal tersebut dengan cara menguasai betul materi Anda. Hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih percaya diri di depan panggung nantinya.
  2. Berlatihlah sebelum Anda melakukan presentasi. Semalam atau beberapa hari menjelang hari presentasi, ada baiknya Anda berlatih di depan teman-teman Anda atau berlatih di depan cermin. Cara tersebut dapat menaikan rasa percaya diri Anda dan juga dapat menghilangkan rasa canggung berbicara di depan banyak orang.
  3. Kuasai peralatan presentasi Anda. Kalau Anda terlihat canggung menggunakan peralatan Anda sendiri berarti Anda harus bersiap mendapat pandangan pertama yang buruk dari peserta presentasi. Kuasai proyektor, laptop, mouse, atau pointer yang akan Anda gunakan.
  4. Kontak mata. Jangan melupakan hal ini. Sebaiknya (sangat dianjurkan) Anda tidak terus menerus melihat kearah slide. Dengan terus melihat ke arah penonton, diharapkan Anda seperti berbicara dua arah. Selingi dengan lelucon, pertanyaan spontan ke arah penonton. Lakukan hal tersebut agar peserta tidak bosan. Selain itu, selingi slide Anda dengan musik, video, atau animasi.
  5. Berbicara yang jelas. Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. Sehingga audience bisa memahami presentasi yang anda sampaikan.  Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan, dengan kreativitas anda dan pembicaraan yang baik, anda bisa mengubah pandangan tersebut.
  6. Jangan membuat gerakan-gerakan yang tidak perlu
  7. Jangan mengulang kata-kata yang sama
  8. Jangan membaca apa adanya bahan yang disorot
  9. Jangan berbicara seperti “tape” diputar ulang
  10. Jangan tidak memandang hadirin, menunduk saja atau “menerawang”
  11. Volume suara dapat didengar
  12. Jangan berbicara untuk diri sendiri
  13. Variasi intonasi untuk penekanan
  14. Bernafas secara teratur
  15. Berenergi dan penuh semangat

Membuat Materi Presentasi yang Baik

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa presentasi dengan mempergunakan Powerpoint telah menjadi standar dan banyak di pakai dimana-mana. Entah itu di instansi pemerintahan, universitas ataupun di sekolah-sekolah. Presentasi yang baik tentunya tidak hanya ditunjang dengan teknik presentasi yang baik, tetapi juga ditunjang dengan tampilan bahan presentasi yang baik dan menarik.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat presentasi Powerpoint yang baik dan benar sehingga presentasi Anda nantinya bakal disukai dan diberi applaus oleh audience :

  1. Mudah dibaca. Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca, jadi pergunakan huruf standar misal Arial atau Times New Roman. Selain itu, pergunakan huruf yang cukup besar,  jangan sampai Audience kesulitan membaca karena huruf yang Anda pergunakan terlalu kecil.
  2.  Judul yang jelas pada setiap Slide. Pergunakanlah huruf tebal, jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slide Anda.
  3. Background yang sederhana. Perhatikan background yang Anda pergunakan pada setiap slide yang Anda buat. Jangan sampai kalimat yang Anda tulis jadi tidak bisa terbaca dengan jelas, karena Anda memakai background yang terlalu kontras.
  4. Grafik dan Diagram. Mempergunakan gambar seperti grafik dan diagram akan membantu Anda untuk lebih menjelaskan tentang topik yang sedang Anda presentasikan. Selain itu dengan mempergunakan grafik atau diagram, Akan sedikit menyegarkan suasana dan mengundang perhatian para audience
  5. Tetap fokus. Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang ada hubungan dengan topik yang sedang Anda presentasikan. Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. Cukup Anda tulis judul atau garis besarnya saja.
  6. Nyambung. Penting diperhatikan, setiap slide yang Anda buat satu sama lain saling berhubungan.
  7. Jangan terlalu banyak slide . Jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang Anda bahas. Buatlah Slide seefisien mungkin. Kalau topik yang Anda bahas memang panjang, penjelasan secara lisan tentu lebih baik.

Dengan adanya beberapa teknik presentasi yang baik tersebut, diharapkan dapat membantu Anda dalam menyiapkan bahan presentasi Anda dengan baik dan maksimal maupun mempersiapkan diri Anda dalam menyampaikan materi presentasi Anda. Presentasi yang baik tentunya tidak hanya ditunjang dengan persiapan diri dan teknik presentasi yang baik, namun juga dengan tampilan bahan presentasi yang baik, menarik dan tidak membosankan audience pula.

Sumber :

http://islam-download.net/cara-mudah-cepat/cara-presentasi-yang-baik.html

http://prabowo.aforumfree.com/kelas-9-f5/cara-presentasi-yang-benar-t444.htm

http://www.tasikisme.com/index.php?view=article&id=136:membuat-presentasi-powerpoint-yang-baik-&option=com_content&Itemid=58

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image