Makanan-makanan khas Indonesia edisi 2

Indonesia adalah Negara yang sangat kaya akan dunia kulinernya, dari sabang sampai merauke memiliki masakan atau kuliner yang sangat beragam. Berikut akan saya jabarkan makanan-makanan khas dari Indonesia

  • DKI Jakarta

Di Jakarta sendiri, makanan khas di Jakarta atau betawi ini sangat beragam, mulai dari : sayur asem, semur jengkol, kerak telor, kue apem, rujak bebek, gado-gado, gabus pucung, dan masih banyak lagi. Wih, di satu daerah saja sudah beragam menu masakan khas yang ada. Tetapi, yang sangat terkenal di Jakarta adalah kerak telor.

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang  goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabe merah,  kencur, jahe, garam  dan gula pasir.

  • Jawa Barat

Di daerah Jawa barat juga beragam menu kuliner yang bisa kita santap, yaitu : karedok, serabi, combro, peuyeum, misro, bajigur, es goyobod, cireng, dan masih banyak lagi.

Yang terkenal di jawa barat adalah peuyeum

Peuyeum atau Tape singkong adalah tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tape singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa sunda).

  • DI Yoyakarta

Yogyakarta  juga terkenal sebagai salah satu kota yang kaya akan masakan khasnya, dan makanan-makanan khas yogya telah banyak dikenal diseluruh wilayah di Indonesia, seperti : getuk, pecel ayam, gaplek, tongseng, wajik, opor ayam, dan masih banyak lagi.

Yang terkenal di yogya adalah Gudeg

Gudeg adalah makanan khas yogya yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental,  ayam, telur, tahu dan sambal goren krecek.

Indonesia memang kaya akan dunia kulinernya, jadi, masih banyak lagi kuliner yang belum saya sebutkan, ini hanyalah sebagian kecil makanan khas Indonesia

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image