softskill 1 kewarganegaraan & bangsa dan negara

Nama : Denny Permana Dipura

NPM : 11209678

Kelas : 2EA14

Tugas : soft skill 1 (14-02-2011 s/d 21-02-2011)

* Kompetensi apa yang di harapkan dengan adanya pendidikan kewarganegaraan ?

Jawab :

  • Generasi penerus diharapkan mampu mengantisipasi hari depan yang senantiasa berubah dan selalu terkait dengan kontek dinamika budaya, bangsa, Negara dan hubungan internasional, serta memiliki pola pikir, pola sikap,dan perilaku sebagai pola tindak yang cinta tanah air berdasarkan pancasila.

  • Menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap, serta prilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa, wawasan nusantara dan serta ketahanan nasional dalam setiap diri.

  • Setiap warga negara republik Indonesia, harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

*Pendidikan kewarganegaraan akan menghasilkan sikap mental yang cerdas serta penuh rasa tanggung jawab, sikap tersebut diatas akan disertai perilaku positif, sebutkan sikap-sikap tersebut ?

Jawab :

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan ynag maha Esa, serta menghayati nilai-nilai falsafah bangsa.

  • Berbudi pekerti luhur, berdisiplin dalam masyarakat berbangsa dan bernegara.

  • Rasional, dinamis dan sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

  • Bersifat professional yang dijiwai oleh kesadaran bela negara.

  • Aktif memanfaatkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk kepentingan kemanusiaan.

*Pengertian Bangsa dan Negara ?

Jawab :

  • Bangsa menurut Hans Kohn : Bangsa terbentuk karena persamaan bahasa, ras, agama, peradapan, wilayah, negara, dan kewarganegaraan.

  • Bangsa menurut Ernest Renan : Suatu solidaritas yang dapat tercipta oleh perasaan pengorbanan yang telah lampau dan bersedia dibuat dimasa yang akan dating.

  • Negara : Suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintah yang mengurus tata tertib serta keselamatan kelompok manusia tersebut.

  • Negara menurut George Jellinek: Organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

*jelaskan teori terbentuknya Negara ?

Jawab :

  • Teori Kenyataan : Timbulnya suatu Negara ketika telah terpenuhi unsure-unsur Negara (daerah, rakyat dan pemerintah)

  • Teori Ketuhanan : Adanya suatu Negara karena kehendak Tuhan Y.M.E.

  • Teori Penaklukan : Negara timbul karena serombongan manusia menaklukan daerah dan rombongan manusia lain.

  • Teori Perjanjian : Negara timbul karena perjanjian yang diadakan antara manusia yang tadinya hidup bebas merdeka, terlepas satu sama lain tanpa ikatan kenegaraan.

  • Teori Hukum Alam : Pada masa Plato dan Aristoteles dimana kondisi alam tumbunya manusia berkembangnya Negara.

*Sebutkan dan jelaskan unsure-unsur Negara ?

Jawab :

  • Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri dari atas kesatuan social, ekonomi, politik, agama, kebudayaan, komunikasi dan solidaritas.

  • Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya, yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya.

  • Keinginan dalam kemandirian, keunggulan, individualism, keaslian atau kekhasan.

  • Keinginan untuk menonjolkan (unggul) diantara bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan pengaruh dan prestise.

  • Bersifat konstitutif, dalam Negara tersebut terdapat wilayah yang meliputi udara, darat dan perairan, masyarakat dan pemerintah.

  • Bersifat Deklaratif, adanya tujuan Negara, UUD, pengakuan dari Negara lain baik secara DE JURE maupun DE FACTO.

Negara adalah suatu organisasi dr sekelompok atau beberapa kelompok manusia yg bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yg mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia. Teori terbentuknya Negara: Teori hukum alam. Pemikiran pada masa plato dan aristoteles kondisi alam tumbuhnya manusia berkembangnya Negara. Teori ketuhanan (islam + Kristen) segala sesuatu adalah ciptaan tuhan. Teori perjanjian. Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan. Manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara-caranya. Manusia pun bersatu utk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dlm gerak tunggal utk kebutuhan bersama. Proses terbentuknya Negara di zaman modern. Proses tersebut dapat berupa penaklukan, peleburan, pemisahan diri, dan pendudukan atas Negara atau wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya. Unsur Negara : Bersifat konstitutif. Berarti bahwa dalam Negara tsb terdapat wilayah yg meliputi udara, darat, dan perairan(dalam hal ini unsur perairan tdk mutlak), rakyat atau masyarakat dan pemerintahan yg berdaulat
Bersifat deklaratif. Sifat ini ditunjukan oleh adanya tujuan Negara, UUD, pengakuan dari Negara lain baik secara de jure maupun de facto dan masuknya Negara dalam perhimpunan bangsa2 mis PBB. Bentuk Negara: sebuah Negara dpt berbentuk Negara kesatuan dan Negara serikat. Bangsa Indonesia beranggapan bahwa terjadinya Negara merupakan suatu proses yang berkesinambungan. secara ringkas, proses tersebut adalah sebagai berikut :

a. perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia.

b. proklamasi atau pintu gerbang kemerdekaan.

c. keadaan bernegara yg nilai2 dasarnya ialah merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur

*Unsur-unsur pokok untuk dapat membentuk suatu negara adalah :
1. Penduduk
: Penduduk adalah warga negara yang mempunyai tempat tinggal serta mempunyai kesepakatan diri untuk bersatu. Yang dimaksud dengan warga negara adalah penduduk asli Indonesia (pribumi) dan penduduk negara lain yang sedang berada di Indonesia untuk bisnis, wisata dan sebagainya.

2. Wilayah : Wilayah adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Dapat dikatakan menjadi unsur utama pembentuk negara apabila wilayah tersebut mempunyai batas atau teritorial yang jelas atas darat, laut dan udara.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image