SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

DEFINISI SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah.

Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

Ada beberapa sistem ekonomi utama dalam perekonomian indonesia :

  • Sistem ekonomi pasar bebas

Sistem ekonomi pasar bebas adalah pengaturan kehidupan ekonomi yang di serahkan pada mekanisme pasar.

  • Sistem ekonomi perencanaan central

Sistem ekonomi perencanaan sentral adalah pengaturan kehidupan ekonomi di lakukan oleh negara.

  • Sistem ekonomi campuran

Sistem ekonomi campuran adalah pengaturan kehidupan ekonomi yang di kelola secara bersama-sama oleh swasta dan pemerintah.

KESIMPULAN ;

Jadi pada intinya sistem perekonomian indonesia terbentuk berlandaskan ketentuan yang sudah di tentukan oleh pemerintah yang berdasarkan pada sistem ekonomi utama yaitu sistem ekonomi pasar,sistem ekonomi perencanaan central, sistem ekonomi campuran.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA, 10.0 out of 10 based on 1 rating
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image