About the Author

author photo

My email : hafidxcode@programmer.net Suka sama coding2ang khususnya PHP dan kawan2nya...

See All Posts by This Author

Etika Informal [ Penjaga Perlintasan Kereta Api ]

Dalam tugas saya, kali ini akan membahas tentang apa-apa yang dilakukan oleh penjaga pintu rel kereta api beserta etika dan resikonya. Pada kesempatan kali ini saya melakukan penelitian terhadap penjaga rel kereta api yang bertempat di Bulak Kapal Permai.Tugas ini mungkin sangat berjasa menurut saya karena menyelamatkan banyak nyawa yang ingin melintasi rel kereta api tersebut, coba bayangkan jika tidak ada yang menjaga pintu perlintasan kereta api, apa yang terjadi ? mungkin banyak korban berjatuhan dikarenakan tidak mengetahui kedatangan kereta api dan hanya bisa mengira-ngira apakah kereta dating atau belum. Banyak kasus di televisi akibat kecelakaan di pintu perlintasan kereta api yang tanpa penjagaan.

Kepada salah satu narasumber yang sempat saya tanyakan, kendala dalam menjaga perlintasan pintu kereta api adalah salah satunya kurang disiplinnya para pengemudi khususnya pengendara sepeda motor, padahal palang palang sudah dipasang dan bel peringatan sudah berbunyi tetapi masih saja banyak motor yang nyelonong menerobos. Meskipun sering terdengar banyak kecelakaan diperlintasan kereta api, para pengendara masih saja tetap nekad dan tidak mau bersabar diri menunggu kereta api melintas, jika sudah kejadian seperti kecelakaan dengan motif macam itu siapa yang disalahkan.? Pasti pertama kali penjaga perlintasan yang disalahkan

Bagi para penjaga kereta api tidak pernah putus asa dan merasa bosan menggeluti pekerjaan yang bermanfaat menyelamatkan orang banyak, hanya saja harus menjaga stamina yang kuat dari panasnya siang dan dinginnya malam. Bagi kebanyakan penjaga mereka merasa dilindungi tuhan karena tidak pernah merasa memiliki kesalahan sedikit pun dan diberkahi dengan profesi semacam itu. Tugas semacam ini adalah tugas yang sangat berpengaruh besar terhadap keselamatan masyarakat. Mereka hanya bisa berdoa atas keselamatan dan kesadaran para pengendara yang melintasi pintu rel kereta api dan kejadian kecelakaan ditempat tersebut bisa menjadi pelajaran bagi para pengendara dan semoga tidak terulang kembali.

Kecelakaan bermotif seperti itu bukan hanya sekali saja terjadi tetapi banyak penyebabnya seperti petugas yang lalai menutup palang pintu atau karena tidak disiplinnya para pengendara khususnya sepeda motor dalam berlalu lintas.

Dalam beretika para penjaga harus tetap menjaga keramah tamahan dan kesopanan kepada para pengendara agar mereka mau mmemahami dan mengerti apa yang disarankan oleh penjaga, tidak memaksakan diri untuk meminta uang kepada setiap pengendara khususnya mobil, jika tidak diberi maka tetap menjaga keramahan agar pengendara tersebut sadar dan memahami pekerjaan ini.

Muhammad Hafid | www.muhammadhafid.com

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image