Kerjasama Toyota dan Microsoft Mengembangkan Telematik Masa Depan

REDMON, KOMPAS.com – Toyota Motor Corporation (TMC) dan Microsoft Corp. , kemarin menandatangani kesepakatan kerja strategis, yaitu membuat platform untuk telematik generasi yang akan datang. Telematik ini didesain khusus untuk TMC dengan menggunakan aplikasi berdasarkan Windows Azure.

Telematik menggabungkan teknologi telekomunikasi dan infromasi pada kendaraan; antara lain sistem kompas atau GPS, manajemen energi dan teknologi multi-medialainnya.

Bentuk kerjasama, kedua perusahaan melakkan investasi  sekitar 12 juta dola, setara dengan Rp 105 miliar pada Toyota Media Service Co. , anak perusahaan  TMC yang fokus melayani informasi digital kepada pelanggannya.

Mobil Listrik dan Hibrida
Kedua perusahaan membantu mengembangkan dan menggunakan aplikasi telematik berbasis Windows Azure dan Microsoft SQL Azure. Aplikasi akan mulai digunakan pada  mobil listrik dan hibrida plug-in Toyota pada 2012.

Target TMC  selanjutnya adalah membuat dan mengembangkan basis telematik global pada 2015. Dengan cara ini Toyota berharap bisa memberikan layanan telamatik yang cepat, murah untuk seluruh pelanggan di seluruh dunia.

Aktivitas lain adalah kampanye mengurangi karbon dan hemat energti. Untuk itu, TMC akan melakukan pilot tes di Jepang pada program Toyota Smart Centre. Dari pusat ini bisa menghubungkan antar-individu masayarkat, mobil dan ruamh dengan target kontrol manajemen energi terpadu.

Microsoft punya sejarah lama membuat aplikasi untuk  otomotif, termaasuk sistem infotainment mobil yang dipadukan dengan Windows Embedded Automotive. Juga digunakan layanan aplikasi Bing dan aplikasi suara Microsoft Tellme  untuk konsumen Toyota.

“Pengumuman kerjasama dengan TMC merupakan contoh besar bahwa kami terus melakukan investasi pada industri otomotif. Ini adalah omitmen kami untuk memperkuat layanan kepada pelanggan,” kata CEO Microsoft, Steve Ballmer sesaat setelah mengumumkan kerjasama ini.

“Kerjasama antara Microsoft dan Toyota merupakan langkah penting dalam mengembangkan mobil listrilk dana manajemen energi di masa yang akan datang   untuk konsumenToyota di seluruh dunia. Toyota terus berusaha menciptakan produk hemat energi dan  ramah lingkungan. Ini merupakan kontribusi kami kepada masyarakat,” komentar  Akio Toyota Presiden TMC tentang kerjasama ini.

“Karena itulah, sangat penting mengembangkan sistem informasi canggih antara-kendaraan satu dengan lain,  dengan manusia melalui  pusat pengelola  energi pintar ini,” lanjut Akio.

sumber >> http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/07/1211535/Kerjasama.Toyota.dan.Microsoft.Mengembangkan.Telematik.Masa.Depan.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image