Sip! Sepeda Motor Pakai “Airbag”

TOKYO, KOMPAS.com — Honda Motor Co divisi roda dua kini sedang mengembangkan kantong udara (airbag) generasi terbaru. Sebelumnya, Honda sudah  membekalinya pada sepeda motor jenis touring, Goldwing, pada 2006.

Kelebihan teknologi airbag yang baru ini nantinya bisa diaplikasikan ke semua model sepeda motor, terutama yang punya dimensi luas mirip kabin mobil. Bedanya dengan model terdahulu yang ditempatkan di tangki Goldwing, untuk yang baru ini ditempatkan di antara panel instrumen dan setang.

Bentuk airbag baru tersebut cukup unik. Bukan bulat seperti pada umumnya, melainkan berbentuk kotak meninggi sebatas kepala pengendara. Tentu, Anda penasaran, bagaimana ia bisa menahan tubuh manusia. Jadi, ketika terjadi tabrakan, airbag mengembang dan tertahan oleh bodi kendaraan. Hanya, tidak dijelaskan pada kecepatan berapa airbag itu mengembang saat tabrakan.

Informasi lainnya juga belum ada. Namun, satu hal yang pasti bahwa Honda sepertinya benar-benar berupaya meningkatkan level fitur keselamatan pengendara sepeda motor ke titik baru. Dengan demikian, langkah ini menepis cap bahwa motor adalah alat pembunuh nomor satu di jalan. Mudah-mudahan upaya ini lancar dan semua biker bisa lebih aman saat menunggangi sepeda motor.

sumber >> http://otomotif.kompas.com/read/2011/04/13/09264046/Sip.Sepeda.Motor.Pakai.quot.Airbag.quot.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image