SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA

SUMBER DAYA MANUSIA INDONESIA

Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi.
Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM). Dalam bidang ilmu ini, terjadi sintesa antara ilmu manajemen dan psikologi. Mengingat struktur SDM dalam industri-organisasi dipelajari oleh ilmu manajemen, sementara manusia-nya sebagai subyek pelaku adalah bidang kajian ilmu psikologi.
Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang SDM bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekedar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.
Negara-negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak di dunia umumnya memiliki penduduk yang sumber daya manusianya sudah sangat tinggi. Negara-negara yang memiliki sumber daya manusia yang sangat tinggi, misalnya Amerika Serikat, Cina, Rusia dan negara lainnya, dimana negara-negara tersebut mampu mencetak orang-orang yang sangat berjasa di bidang iptek maupun ilmu pengetahuan. Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak, bahkan terbanyak ke-5 di dunia, tetapi prestasi penduduk Indonesia masih belum bisa menyamai seperti penduduk di negara lain. Hal ini merupakan faktor kelemahan bangsa Indonesia, dimana indonesia memiliki jumlah peduduk yang sangat banyak tetapi sumber daya manusianya masih kurang. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan faktor penunjang berkembangnya sebuah bangsa, sedangkan penduduk Indonesia masih belum mengerti tentang pentingnya sumber daya manusia yang berkualitas.
Sumber daya manusia yang berkualitas memberikan pengaruh yang sangat baik apabila dimanfaatkan semaksimal mungkin dan akan barguna baik bagi diri sendiri, masyarakat maupun negara. Apabila ingin mencari suatu pekerjaan atau ingin membuat lapangan pekerjaan sendiri, maka dapat melihat kelebihan dan kemampuan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Hal ini dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di negara ini. Jadi, sumber daya manusia sangatlah penting untuk kelangsungan kehidupan.
Meskipun banyak orang yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia seperti lulusan SMA, SMK, dan Sarjana tetapi masih saja tidak memiliki pekerjaan. Hal ini dikarenakan orang-orangnya bersifat pemalas dan hanya mau bekerja pada posisi yang mudah dengan penghasilan yang besar. Apabila ingin mendapatkan suatu penghasilan yang sesuai seperti yang dikehendakinya, maka dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan.
Selain ada yang bekerja di dalam negeri penduduk Indonesia juga memiliki pekerja di luar negeri yang di sebut dengan TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Tenaga kerja Indonesia yang berada di luar negeri memiliki beraneka ragam pekerjaan, tetapi kebanyakan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Hal ini di sebabkan penghasilan di negeri sendiri jauh lebih rendah dari pada di luar negeri dan kebanyakan tenaga kerja tersebut tidak memiliki keahlian dan kemampuan serta sumber daya manusianya masih rendah. Ada juga tenaga kerja Indonesia yang membuka usaha di luar negeri yang dapat berkembang pesat dan ada juga yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing.
Sumber daya manusia yang berkualitas dapat diperoleh dengan cara mempelajari ilmu pengetahuan dan melakukan banyak percobaan agar pengalamannya bertambah. Ilmu pengetahuan tersebut diperoleh dengan cara bersekolah atau mengikuti program lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam bersekolah, yaitu dari Sekolah Dasar, kemudian ke Sekolah Menegah Pertama, kemudian ke Sekolah Menengah Atas atau Sekolah Menengah Kejuruan dan mungkin melanjutkan ke sarjana. Pengalaman juga sangat diperlukan karena dengan memiliki banyak pengalaman suatu pekerjaan dapat dikerjakan dengan baik dan hasilnya dapat maksimal. Artinya, bahwa suatu pekerjaan dapat diperoleh dengan mudah apabila memiliki pengetahuan dan mempunyai banyak pengalaman. Untuk mengatasi banyaknya pengangguran terlebih dahulu harus memberi perhatian kepada anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa ini. Pemerintah harus memberikan pendidikan yang baik, karena pendidikan di Indonesia masih banyak yang kurang dan tidak memenuhi standar. Misalnya masih banyak bangunan sekolah yang tak layak dipergunakan, peralatan sekolah yang belum lengkap, dan lain-lain. Selain itu, banyaknya penduduk miskin di Indonesia yang tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya karena masalah dana yang tidak mampu untuk mambayar biaya sekolah. Meskipun sudah mendapat BOS (Bantuan Oprasional Sekolah) dan Bea Siswa tetapi masih saja tidak bisa untuk membeli peralatan belajar dan perlengkapan sekolah. Jadi, pemerintah harus bersikap tanggap terhadap pentingnya pendidikan agar bangsa dan negara ini dapat berkembang sejajar dengan negara lain.
Sumber daya manusia sangatlah penting untuk negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini di karenakan penduduk yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas akan membangun bangsanya untuk menjadi negara maju yang memiliki penduduk yang cerdas dan cakap dalam membangun bangsa dan negaranya. Maka sumbar daya manusia sangat perlu di tingkatkan di Indonesia untuk mendapatkan cita-cita bangsa Indonesia.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image