Tidur Berkualitas, untuk Hidup yang Berkualitas

Tidur malam yang berkualitas, yaitu ketika Anda tidur tidak terlampau malam, dan Anda tidur dalam kondisi bebas beban, atau dalam kondisi ikhlas. Sebab jika Anda tidur dalam kondisi banyak masalah, seperti PR yang belum dikerjakan, atau khawatir dengan ujian besok hari, atau teringat omelan guru Anda hari itu, maka tidur Anda tidak akan optimal. Anda akan bangun dalam kondisi lelah dan tegang.

Sebaiknya, setelah Anda shalat Isya, bacalah beberapa halaman Al-Qur’an, bermuhasabah dan berdoa, kemudian berangkatlah tidur. Jangan biasakan mengerjakan PR setelah shalat Isya. Tapi biasakanlah mengerjakan tugas –tugas sekolah atau kuliah setelah shalat Ashar.

Contoh, jika Anda pulang sekolah jam 13.00, maka sesampai dirumah setelah Anda shalat zuhur dan makan siang tunggulah sebentar, setelah tidur siang sekitar 45 menit. Mulailah tidur pada pukul 14.15 dan bangunlah pada pukul 15.00. Lalu mandi, kemudian shalat Ashar, maka Anda akan semangat mengerjakan tugas – tugas Anda setelah Anda selesai shalat Ashar. Cobalah!

Ketika malam tiba dan Anda sulit tidur di awal waktu, maka introspeksilah, mengapa Anda bisa mengalami kesulitan tidur di awal malam. Misalnya, setelah Anda teliti ternyata Anda terlalu lama tidur siang sehingga sulit tidur awal diwaktu malam, atau bisa jadi kinerja Anda di waktu siang kurang maksimal sehingga kurang melelahkan. Alhasil, pada waktu malam Anda belum juga lelah dan mengantuk. Atau mungkin di tubuh Anda sudah banyak menumpuk racun kehidupan atau toksin yang berasal dari radikal bebas, sehingga organ – organ internal di tubuh Anda kurang bereaksi secara baik dengan keadaan Anda.

Kemudian, usahakanlah untuk tidak tidur lagi setelah shalat Subuh, lantaran hal itu bisa membuat Anda dekat dengan kefakiran dan yang jelas bisa membuat badan Anda kurang fit. Kecuali ada pekerjaan berat yang mendesak, yang semalaman telah Anda lakukan, maka sesekali tidaklah mengapa. Selalulah bermuhasabah dan berdoa sebelum Anda tidur. Bahkan kalau perlu, sebelum Anda masuk ke alam mimpi, buatlah rencana kegiatan untuk hari esok, walau sekedar rencana dalam pikiran Anda yang tidak perlu ditulis. Dengan begitu Anda telah melangkah satu tahap lebih cepat dari rival atau saudara Anda lainnya : ketika yang lain membuat rencana hidupnya setelah bangun tidur pagi hari, Anda telah melakukannya sebelum Anda tidur, dan menanamnya dalam tidur Anda sehingga kuat berpadu dalam alam pikiran bawah sadar Anda.

Ya, tentulah waktu Anda. Buatlah jadwal kesuksesan Anda. Kalau Anda bergedak dan hidup berkualitas, maka tidur Anda akan nikmat berkualitas, dan kalau tidur Anda nikmat berkualitas, maka Anda akan menikmati gerakan kehidupan Anda yang berkualitas.

Gunakan saat tidur untuk sukses di saat bangun. Beranilah berubah menuju perilaku yang lebih efektif. Belajarlah terus, bergeraklah terus, tapi janganlah tidur terus, sebab tidur yang berlebihan bisa membuat Anda lekas tua. Bukankah air yang diam akan lebih cepat berlumut dibandingkan air yang bergerak? Begitupun dengan manusia, apabila kebanyakan tidur maka ia akan segera “berlumut”. Marilah kita berlindung dari godaan setan yang terkutuk, dan tidurlah dengan penuh keikhlasan.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image