ULAT BULU

Saat ini pertumbuhan populasi ulat bulu sedang meningkat-meningkatnya. Populasi ulat bulu ini juga bertambah dari suatu daerah ke daerah lain hingga dari kota ke kota lain. Hal ini juga disebabkan oleh berkurangnya populasi hewan predator burung liar pemakan ulat. Chairman ProFauna Indonesia Rosek Nursahid, menyatakan bahwa hingga 80 persen populasi predator pemakan ulat seperti Burung Prenjak, Jalak dan Cinenen berkurang cukup signifikan dari populasi sebelumnya. Perburuan liar secara besar-besaran yang menjadi komoditas perdagangan menjadi penyebab berkurangnya populasi burung ini. Sehingga ulat bulu pun dapat lebi leluasa berkembang biak karena musuh utamanya sudah tidak ada.

Sampai saat ini ulat bulu menyerang tanaman atau pohon apa saja yang berada di dekatnya. Penyemprotan pestisida pun turut dilakukan oleh pemerintahan daerah setempat untuk menanggulangi pertumbuhan ulat bulu tersebut. Namun ada beberapa insektisida yang salah pemakaiannya oleh warga sehingga ulat bulu pun menjadi lebih kebal terhadap pestisida tersebut.

Sejauh ini ulat bulu sudah tersebar luas di beberapa daerah mulai dari probolinggo, Jawa Timur, Malang, Buleleng, Bali, dan mulai memasuki Bandung. Pertumbuhan ulat bulu yang sangat cepat ini sungguh sangat memprihatinkan karena banyak warga yang terganggu seperti gatal-gatal dan tidak nyaman untuk menempati rumahnya karena banyak juga rumah yang tertutupi oleh jutaan ulat bulu.

Dari Bandung, Pemerintah Depok pun mulai waspada akan kedatangan ulat-ulat bulu tersebut terhadap lahan pertanian dan perkebunan. Pencegahan diprioritaskan pada tanaman holtikultura seperti mangga, rambutan, belimbing, dan jambu.Para petani buah dan sayur-sayuran pun resah dengan ancaman ulat bulu tersebut. Apabila ulat-ulat bulu tidak segera dituntaskan maka keperluan pangan pun akan menjadi krisis karena banyak petani yang gagal panen.

ulat

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image