BUDAYA LOKAL MEMPENGARUHI KETAHANAN BUDAYA BANGSA

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic. Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Budaya merupakan identitas bangsa yang harus kita jaga sampai kapanpun. Di sisi lain kita harus menyadari bahwa kesenian daerah (tradisional) pada dasarnya adalah anonim. Bahkan, lebih jauh lagi ia juga tak bisa dibatasi atas klaim wilayah Untuk itulah, jika kesenian ditempatkan sebagai sarana menciptakan ketahanan budaya suatu bangsa maka persoalan makna ketahanan budaya tersebut harus disikapi sebagai ketahanan nasional.

  1. Tujuan

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk lebih mengetahui kebudayaan-kebudayaan yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Disamping itu makalah ini disusun agar masyarakat mengetahui apa saja permasalahan kebudayaan  yang terjadi pada Negara kita.

  1. Sasaran

Sasaran dalam makalah ini adalah seluruh masyarakat Indonesia khususnya para generasi bangsa untuk menyadari akan pentingnya kebudayaan karena kebudayaan merupakan suatu identitas suatu Negara di mata dunia.

BAB II

PERMASALAHAN

Kita mengetahui bahwa Budaya merupakan suatu identitas bangsa di mata dunia. Beragam sekali kebudayaan yang berada di Indonesia ini. Pastinya kita harus bangga terhadap kebudayaan-kebudayaan yang kita miliki ini.

Semakin tahun ketahun tentunya terjadi perubahan pola hidup dalam masyarakat kita. Apalagi di era millenium  ini, banyak sekali masyarakat yang mengikuti pola hidup mengikuti trend masa kini. Hal itu disebabkan oleh mudahnya masyarakat dalam menerima suatu budaya. Sebenarnya masuknya budaya asing ke Negara kita adalah hal yang sah-sah saja, tetapi banyak masyarakat yang kurang memilah-milah budaya asing sehingga banyak orang yang mulai meninggalkan budaya lamanya.

  1. Kekuatan ( Strength )
    1. Keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia

Dengan keanekaragaman kebudayaannya Indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi

  1. Kebudayaan Lokal memperkokoh ketahanan budaya bangsa

Budaya bangsa tercipta dari budaya lokal. Budaya local harus kita jaga dan kita warisi agar budaya bangsa tetap kokoh sampai kapanpun.

c. Adanya masyarakat yang tetap melangsungkan kebudayaan lokal

Kita dapat melihat bahwa adanya masyarakat yang masih tetap melangsungkan kebudayaan lokal untuk memperkokoh ketahanan budaya bangsa

B. Kelemahan ( Weakness )

a. Kurangnya rasa cinta terkadap budaya bangsa

Masyarakat pada era millennium ini lebih mengikuti trend atau mode zaman sekarang. Hal itu timbul karena kurangnya rasa cinta terhadap budaya bangsa.

b. Kurangnya pengetahuan tentang budaya

Minimya pengetahuan masyarakat tentang budaya merupakan salah satu faktor kelemahan kebudayaa yang ada di Indonesia.

c. Kurangya kesadaran masyarakat

Kesadaran merupakan hal yang terpenting dalam segala aspek. Terutama aspek kebudayaan, kita dapat melihat bahwa masyarakat kita kurang sadar akan ragamnya kebudayaan yang kita miliki.

C. Peluang ( Opportunity )

a. Indonesia dipandang dunia karena budayanya

Dunia sudah mengakui kebudayaan yang berada di Indonesia. Kita harus benar-benar menjaga seluruh budaya yang ada di Indonesia

1. Majunya Pariwisata Indonesia

Majunya pariwisata di Indonesia dapat kita lihat dari banyaknya  tourist yang berlibur ke Indonesia ini.

c. Kuatnya rasa persatuan

Indonesia adalah Negara yang satu baik dalam segala aspek. Khususnya kebudayaan, kita dapat melihat bahwa masyarakat Indonesia sangat menjaga sekali budayanya.

D. Tantangan ( Threat )

a. Masuknya Budaya Asing

Masuknya budaya asing merupakan tantangan untuk kita bersama. Kita harus dapat memilah-milah budaya tersebut. Jangan sampai kita meninggalkan budaya kita sendiri.

b. Kemajuan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) ternyata berpengaruh terhadap kebudayaan bangsa. Banyak masyarakat kita yang berpindah ke teknologi yang lebih canggih dan meninggalkan cara terdahulunya.

  1. Era Globalisasi

Era globalisasi mengakibatkan samar dan lenturnya batas-batas politik, ekonomi, budaya bangsa dan hubungan antar bangsa menjadi begitu transparan.

Globalisasi memiliki dampak yang luas terhadap kehidupan berbangsa, bernegara dan berbudaya. Kesadaran berbangsa dan berbudaya di Indonesia serta identitas Nasional terancam luntur apabila para generasi  bangsa ini hanyut dalam proses globalisasi.

BAB III

KESIMPULAN dan REKOMENDASI

  1. Kesimpulan

Jadi, kita sebagai masyarakat yang berbudaya haruslah menjaga dan mewarisi budaya lokal agar dapat terciptanya ketahanan budaya bangsa. Selain itu kita juga harus memahami budaya yang kita miliki ini.

  1. Rekomendasi
  2. Pihak Pemerintah Pusat
  3. Pihak Pemerintah daerah
  4. Masyarakat yang berpotensi dalam kebudayaan untuk dapat menjaga dan mewarisi budaya tersebut

DAFTAR PUSTAKA

a)     http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya#Pengertian_kebudayaan

b)    http://staff.undip.ac.id/sastra/agusmaladi/2009/07/21/ketahanan-budaya-kesenian-dan-globalisasi/

c)     http://prasetijo.wordpress.com/2009/07/24/keragaman-budaya-indonesia/

d)    http://dahlanforum.wordpress.com/2009/10/12/tantangan-kebudayaan-indonesia/

e)     http://diparda.bantulkab.go.id/index.php?node=92&menu=5⊂=

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image