Jenis-Jenis Kegiatan Perancangan

Nama: Jefi Bakarbessy

Kelas : 2TB02

Npm  : 25309814

Berbagai usaha ditempuh orang untuk mengatur pola pemikiran dalam mengambil keputusan-keputusannya. Secara umum dikenal kategori berikut :

  1. ANALISA, yaitu kegiatan mengurai atau memecah-mecah persoalan
  2. SINTESA, yaitu kegiatan memasang kembali bagian-bagian persoalan dengan cara baru  (perpaduan, penyatuan, perumusan-perumusan)
  3. EVALUASI,  yaitu kegiatan menguji untuk mengetahui konsekuensi dari susunan yang baru itu (penilaian, penaksiran)

Ketiga jenis kegiatan perancangan ini dapat terjadi pada tiap tahap perwujudan bangunan dan bias dilakukan bolak-balik, maupun pada saat yang berbeda-beda untuk bagian-bagian tertentu dari masalah secara partial. Yang terpenting adalah hubungan antara bagian masalah (sub-masalah) sudah disadari.

Dalam buku “Design Methods” J. Christhoper Jones, member nama “Divergensi, Transformasi, dan Konvergensi” pada kegiatan-kegiatan pengambilan keputusan perancangan. Pengertian-pengertian ini diartikan agak berbeda dari “ Analisa, Sintesa dan Evaluasi” walaupun mirip :

  • DIVERGENSI : kegiatan merentangkan batas-batas suatu situasi perancangan ntuk mendapatkan ruang penyelidikan yang cukup luas untuk  menentukan pemecahan-pemecahan.
  • TRANSFORMASI : merupakan tindakan-tindakan kreatif. Seperti membuat pola-pola, mencari ilham-ilham, yang didasari pertimbangan-pertimbangan dan pengetahuan teknis. Pada dasarnya pola-pola yang diciptakan merupakan usaha untuk membuat masalah yang rumit menjadi sederhana.
  • KONVERGENSI : kegiatan yang menyaring alternatif-alternatif  atau pola-pola yang muncul menuju satu arah.

sumber$ : Seri Diktat Kuliah, Teori Arsitektur 3, Agus Dharma. Penerbit Gunadarma.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image