Penerapan Sistem Informasi pada TypingMaster Pro dan Dampak Psikologisnya

Keterampilan mengetik merupakan suatu kemampuan psikomotor yang dapat dilatih oleh setiap orang. Kemampuan psikomotor sendiri merupakan salah satu aspek dari tiga aspek besar dalam ilmu psikologi, yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.

Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Ranah psikomotor adalah suatu ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya. Hasil belajar ranah psikomotor ini dikemukakan oleh Simpson (1972) yang menyatakan bahwa hasil belajar psikomotor itu tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).

Disini kita coba menuliskan Contoh Pengukuran Ranah Penilaian Psikomotor sebagai berikut:

Ada beberapa ahli yang menjelaskan cara menilai hasil belajar psikomotor. Ryan (1980) menjelaskan bahwa hasil belajar keterampilan dapat diukur melalui:

  1. Pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung,
  2. Sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap,
  3. Beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

Sementara itu Leigh body (1968) berpendapat bahwa penilaian hasil belajar psikomotor mencakup:

  1. Kemampuan menggunakan alat dan sikap kerja,
  2. Kemampuan menganalisis suatu pekerjaan dan menyusun urut-urutan pengerjaan,
  3. Kecepatan mengerjakan tugas,
  4. Kemampuan membaca gambar dan atau simbol,
  5. Keserasian bentuk dengan yang diharapkan dan atau ukuran yang telah ditentukan.

Dari penjelasan di atas dapat dirangkum bahwa dalam penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan harus mencakup persiapan, proses, dan produk. Penilaian dapat dilakukan pada saat proses berlangsung yaitu pada waktu peserta didik melakukan praktik, atau sesudah proses berlangsung dengan cara mengetes peserta didik.

Nah setelah kita tahu bagaimana cara Pengukuran Ranah Penilaian Psikomotor tentu kita akan penasaran apa sih dampak psikologisnya dari penggunaan TypingMaster Pro ini. Yang pertama pastinya kita akan PeDe donk kalau mengetik tanpa menggunakan sebelas jari lagi alias dua jari telunjuk doang yang bekerja. Yang kedua akan dengan cepat menyelesaikan tugas-tugas yang dibebankan kepada kita. Jadi gak nunggu berhari-hari untuk ngetik tugas yang berlembar-lembar bahkan puluhan lembar. Jadi hemat waktu kan? Itupun kalau kita tidak terkena sindrom M alias  males. Kalau udah terkena sindrom ini maka cara mengatasinya adalah Paksakeun (paksain). Karena segala sesuatu bila tidak diawali dengan niat dan dipaksain pasti akan males terus. Kalau udah males kapan tugas-tugas kita akan selesai. Emangnya tugas-tugas dengan diplototin gitu aja akan selesai? Tentu tidak kan?. Lanjut yang ketiga yaitu kita akan dipercaya dan juga disenangi oleh teman kuliah, rekan kerja dan juga atasan. Itu pun kalau kita sudah bekerja. Alasannya karena setiap tugas yang dibebankan kepada kita selesai tepat pada waktunya bahkan bisa selesai tepat sebelum Deadline nya, wahh itu bisa jadi nilai plus buat kita tentunya. Kenapa bisa begitu. Jawabannya sederhana saja. Kalau kita sudah dipercaya pastinya kita akan senang dan bahagia dong. Kalau kata pencetus psikologi positif Seligman (2005) kebahagiaan itu bisa tentang masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Kebahagiaan masa lalu mencakup kepuasan, kelegaan, kesuksesan, kebanggaan, dan kedamaian. Kebahagiaan masa sekarang mencakup kenikmatan dan gratifikasi. Sedangkan kebahagian masa depan mencakup optimisme, harapan, keyakinan, dan kepercayaan.

Sekarang kita udah tau dong kalau kita berada dikebahagiaan yang mana? Yupss.. betul sekali, kita berada di kebahagiaan masa lalu. Karena apa, ya  karena  kita tadi dah sukses dalam menyelesaikan tugas-tugas dan juga udah bangga  sama hasil jerih payah kita dengan belajar TypingMaster Pro ini, tentunya ya Karena pertolongan Allah juga itu sudah pasti. Oke deh segera cekidot aja ya di : http://www.typingmaster.com/ kalau yang mau donlot softwarenya dan segera dipraktekin aja. Kalau psikologi positif tadi kita ngambil dari buku

Semoga bermanfaat dan sukses buat semuanya Amin..

Wassalam..

Referensi

Seligman, M.E.P. (2005) Authentic happiness: Menciptakan kebahagiaan dengan psikologi positif Alih Bahasa: Eva Yulia Nukman. Bandung: Mizan

Simpson E. J. (1972). The Classification of Educational Objectives in the Psychomotor Domain. Washington, DC: Gryphon House.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image