Peran Universitas dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Lomba Kreativitas Mahasiswa Menyambut 30 tahun UG

# Lomba Menulis Artikel 30th UG

Pertama-tama Admin mengcapkan Selamat Ulang Tahun UG, Pada Kesempatan kali ini Dimas Arya (mahasiswa tingkat 2 Sistem Komputer) a.k.a Admin akan mencoba menulis artikel menyanbut 30 tahun UG.Semoga bermanfaat. . .

Tema: Peran UG dalam mencerdaskan kehidupan bangsa

Tidak menyangka Universitas tercinta kita ini sudah eksis selama 30 tahun di dunia pendidikan. Pada usianya yang telah menginjak 30 tahun Universitas Gunadarma telah tumbuh menjadi “World Class University” kalau kita berbicara tentang peran Universitas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sungguh sangat banyak. Contoh telah banyak study/penelitian yang diselenggarakan universitas dijadikan rekomendasi/sumber ilmu bagi pendidikan di Indonesia. Tidak terkecuali peran Universitas Gunadarma, UG telah banyak melakukan study terutama di bidang teknologi informatika dan ekonomi.Ug telah melakukan banyak kerjasama dengan berbagai universitas, baik universitas di Indonesia ataupun universitas di luar negri.

Sebagai contoh Kerjasama antara Universitas Gunadarma dan The Branch of G.V. Plekhanov Russian University of Economics in Tashkent.

Pada tanggal 18 Maret 2011, Rektor Universitas Gunadarma, Indonesia Prof. E.S. Margianti dan delegasi mengunjungi The Branch of GV Rusia Plekhanov Universitas Ekonomi di Tashkent. Kunjungan ini merupakan kelanjutan kerjasama yang dimulai dan ditandatangani pada tahun 2010.

Pertemuan resmi diadakan antara Prof. Kalandar Abdurakhmanov, Direktur The Branch of  GV Rusia Plekhanov Universitas Ekonomi di Tashkent dan Prof. E.S. Margianti, Rektor Universitas Gunadarma, Indonesia. Wakil-Rektor Ilmu Pengetahuan dan Inovasi, Prof. Zokirova N.K. dan Kepala Layanan Hubungan Internasional. Prof.  Shermukhamedov turut hadir dalam pertemuan ini mewakili The Branch of  GV Rusia Plekhanov Universitas Ekonomi di Tashkent. Universitas Gunadarma dipresentasikan oleh prof. Dr Didin Mukodim, Pembantu Rektor IV, petugas Universitas Dr Misdiono, asisten rektor, dan perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia di Uzbekistan.

Selama pertemuan akademisi Abdurakmanov K.Kh. memberitahu rombongan tentang status baru dari lembaga pendidikan tinggi – Universitas Ekonomi Rusia yang sekarang diberi nama  The Branch of  GV  Plekhanov Tashkent dan aktivitasnya, juga tentang mahasiswa, fakultas dan spesialisasi.

Direktur  The Branch of GV Rusia Plekhanov  mengungkapkan keinginannya promosi lebih lanjut dari kerjasama antara dua universitas dalam kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2010.

Dalam perjanjian kerjasama bilateral antara kedua lembaga pendidikan tinggi yang ditandatangani , tercakup  bidang penelitian, pertukaran jangka pendek dosen dan peneliti untuk penelitian ilmiah, konsultasi, tenaga ilmiah,  simposium seminar dan diskusi tentang proyek dan program serta pertukaran siswa.

Prof Margianti, Rektor Universitas Gunadarma menyatakan rasa terima kasihnya kepada Direktur untuk sambutan yang hangat, dan menekankan bahwa beliau senang untuk mengunjungi Universitas ini lagi.

Selain dengan melakukan study/penelitian, dalam membantu  mencerdaskan kehidupan bangsa  UG juga sering melakukan seminar terbuka yang dapat dihadiri oleh berbagai kalangan baik mahasiswa, pelajar atau umum.

Contoh seminar umum yang dilakukan Universitas Gunadarma.

Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Meruvian dan JUG Indonesia

akan mengadakan seminar rutin dengan nama JUGragan materinya tentang TERACOTA

detail acaranya.

Terracotta ialah java infrastruktur framework untuk clustering. Nah, jika berbicara masalah clustering, akan muncul dua masalah yang harus dihadapi, pertama ialah scalability, dan yang kedua ialah fail over. Terracotta menawarkan near scalability (100% scalability kayaknya masih belum mungkin), yang artinya seiring dengan bertambahnya hardware dalam suatu jaringan, load yang bertambah juga bisa naik(ex: 1 server 500 user,2 server 1000 user,dst). Kemudian masalah fail over, yaitu jika satu server down,data telah direplikasi ke server yang lain.

Terracotta juga datang dengan bermacam fitur clustering, antara lain DSO (Distributed Shared Object), POJO clustering, dan HTTP session clustering. Selain itu, karena terracotta berbasis java, terracotta juga menambahkan yang disebut dengan integration module, so seperti hibernate,spring,struts, lucene dkk bisa kita cluster dengan mengunduh terracotta integration module.

Apakah Anda juga tertarik untuk mempelajari terracotta?? Ini adalah kesempatan yang tepat bagi Anda untuk mengenal lebih jauh terhadap terracotta. Hadirilah seminar kami !!!

Materi yang akan dibahas meliput :

* Terracotta OverView

* Arsitektur Terracotta

* Clustering POJO

* Clustering Web Session in Terracotta with Tomcat

Tempat :

* Universitas Gunadarma Kampus D Gedung 5 Lantai 4 (Lab Incubator)

Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina, Depok 16424 Jawa Barat.

Dan juga Universitas Gunadarma dalam rangka untuk menyalurkan dan memfasilitasi bakat positive, UG secara berkala membuat lomba/kompetisi. Kompetisi tersebut biasanya dikhususkan untuk umum atau kompetisa antar universitas. Salah satu contoh kompetisi yang dilakukan Universitas Gunadarma.

UG-ICT Award adalah ajang perlombaan yang diadakan oleh Univeritas Gunadarma dalam rangka meningkatkan penggunaan TIK di Indonesia, khususnya dilingkungan kampus. Total hadiahnya 25 juta dalam bentuk uang tunai maupun hadiah hiburan. Lomba – lomba yang ada diantaranya adalah :

Creative Design

Penulisan Artikel ilmiah dengan tema yang telah ditentukan

Fotografi Digital

Blog Pribadi mahasiswa

Studentsite teraktif

Juara umum kelas berdasarkan tingkat partisipasi kelas tersebut dalam UG-ICT Award ini.

Itulah serangkaian kecil kegiatan yang dilakukan Universitas Gunadarma dalam rangka ikut dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, tugas utama universitas adalah menghasilkan/ mengembangkan, menyebarkan, dan menerap- kan ilmu pengetahuan, serta membentuk SDM yg berkualitas, demi kesejahteraan masyarakat

TRIDHARMA Perguruan Tinggi : pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Ilmu pengetahuan (knowledge) merupakan objek utama yang digeluti di universitas.

TRIDHARMA Perguruan Tinggi tersebut tidak jauh berbeda dengan VISI dan MISI dan TUJUAN UNIVERSITAS GUNADARMA

Visi

Pada tahun 2012 Universitas Gunadarma menjadi Universitas berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia yang kontribusinya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat diakui (recognized), baik di tingkat regional maupun internasional

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.

2. Menciptakan suasana akademik yang mendukung terselenggaranya kegiatan penelitian yang bertaraf internasional dan bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.

3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pengejawantahan tanggung jawab sosial institusi (university social responsibility).

4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.

5. Mengembangkan organisasi institusi dalam rangka merespon berbagai perubahan yang terjadi.

Tujuan

Menjadikan program studi yang ada sebagai program pendidikan unggulan masa depan yang berbasiskan tekhnologi informasi dan mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa dan Negara.

Sekali lagi selamat dan terima kasih kepada Universitas Gunadarma yang sudah selama 30 tahun ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.5/10 (2 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Peran Universitas dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, 7.5 out of 10 based on 2 ratings
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image