Sakura di Bumi Sunda

Sakura adalah bunga asli Jepang berwarna pink dengan wanginya yang khas. Sakura hanya mekar 1 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dimana pada saat itu sedang musim semi di Jepang. Namun siapa bilang sakura hanya bisa mekar di negara matahari terbit itu. Nyatanya bunga cantik ini bisa bermekaran dengan indahnya di Indonesia. Tepatnya di kawasan Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Pohon sakura ini pertama kali ditanam pada masa penjajahan Belanda tahun 1938, oleh para peneliti Belanda. Koleksipun bertambah ketika Hata, seorang peneliti Jepang memberi hadiah pohon Sakura pada Taman Cibodas ini. Lalu presiden ke 5 Indonesia, Megawati yang mendapat hadiah dari Pemerintah Jepang. Pada tahun 2006, Pohon sakura yang terdapat di taman ini berjumlah 32 pohon dan sekarang jumlahnya sudah mencapai 150 pohon dengan rata-rata 12 pohon setiap mekar.

Sakura di Cibodas ini terbilang unik dan istimewa. Hal ini dikarenakan sakura dapat mekar sampai 2 kali dalam setahun. Padahal, di negara asalnya Jepang, pohon ini hanya akan mekar setahun sekali pada bulan April. Menurut mantan Kepala Balai Konservasi KRC Holif Imamauddin, hal yang menyebabkan pohon sakura dapat tumbuh 2 kali dalam setahun disini karena faktor hujan dan cuaca yang sejuk. Biasanya bunga Sakura di Cibodas mekar antara bulan Februati – Maret dan Agustus – September. Bahkan, sakura ini pernah mekar sebelum bulan Februari loh.. Walaupun sakura di taman ini tidak tentu mekarnya, wangi khas ketika bunga-bunga berjatuhan membuat suasana Cibodas menjadi indah dan terlihat sejuk.

Untuk kalian yang belum pernah melihat pohon sakura secara langsung, kalian tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang karena di negara kita sudah ada taman sakura yang tidak kalah indah dari negara asalnya. Kalian bisa langsung datang dan melihat keindahan bunga ini ke Taman Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.taman-sakura-cibodas

There Is 1 Response So Far. »

  1. boleh minta info? kapan bunga sakuranya akan mekar?
    thanks…

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image