Tutorial Membuat Website

Jaman sekarang website cukup familiar dikalangan manapun. Website dijadikan sarana untuk bertukar informasi melalui dunia maya dan sangat bermanfaat. Namun banyak pula yang belum mengetahui cara untuk membuat website itu tersebut. Pada umumnya orang-orang yang ingin membuat sebuah website, lebih banyak mempelajari tentang pengetahuan sebagai berikut :

  • HTML
  • Pemrograman WEB (PHP, JSP, ASP, dll).
  • Database
  • Client Side Programming (Javascript, VBScript, dll)
  • Desain Grafis ( Photoshop, Corel, dll)
  • Software untuk layout (Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dll)

Jika kita perhatikan ha;l itu hanya membuang waktu karena kita perlu proses lama untuk mempelajarinya. Padahal ada hal penting yang harus diketahui terlabih dahulu. Apa itu? Mari saya jelaskan hal2 yang kita bicarakan tersebut.

1. membuat Sketsa Design

Ini adalah awal dalam membuat website tersebut yaitu membuat tampilan dengan gaya yang kita inginkan. Umumnya, para web designer akan membuatnya dengan menggunakan beberapa software.
2. Membuat Layout Design

Software yang biasa digunakan untuk layout desain tersebut adalah Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Macromedia Fireworks dan Macromedia Freehand.
3. Membagi gambar menjadi potongan kecil-kecil

Setelah layout desain homepage sudah jadi maka sebaiknya file gambar tersebut dipecah menjadi potongan kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar lebih mempercepat waktu download atau membuka situs yang kita buat. Untuk melakukan hal tersebut dapat menggunakan software Adobe Image Ready. Software ini dapat langsung memotong gambar yang besar tadi dan otomatis juga menjadikannya ke dalam format html. Langkah ini bisa saja dilewatkan bila ukuran gambar kita tidak terlalu besar.
4. Membuat Animasi

Animasi disini dibuat agar tampilan pada website kita menarik dan bisa memberikan nilai jual. Aplikasi tersebut yakni Macromedia Flash  dan Gif Construction Set / Gif animation.
5. Membuat HTML (Hyper Text Markup Language)

Setelah itu kita merapikan layout desain kita seperti menempatkan beberapa tombol dan gambar, menambah text, mengedit script HTML, membuat layout form ke dalam format HTML. Untuk itu kita perlu software HTML Editor seperti Macromedia Dreamweaver, Microsoft Frontpage dan Allaire Homesite.
6. Programming dan Script

Pengetahuan tentang program dan bahasa (script) yang digunakan pada situs yang kita buat sangat penting. Biasanya script sangat diperlukan untuk pembuatan website e-commerce, iklan baris, lelang, database, membuat guestbook, counter dan forum diskusi. Saat ini programming dan script bisa dibuat dengan menggunakan ASP atau Borland Delphy atau CGI, PHP, Visual Basic. Dan perlu diperhatikan bahwa programming dan script ini biasanya dilakukan setelah desain homepage kita telah jadi.
7. Upload HTML

Setelah file kita telah menjadi html beserta gambar dan scriptnya. Kita perlu meng-upload file kita ke suatu tempat (hosting), agar semua orang di dunia dapat mengakses halaman html kita. Biasanya Macromedia Dreamweaver dengan fasilitas site FTP dan Microsoft Frontpage dengan Publishnya telah menyediakan fasilitas upload ini. Atau dapat menggunakan software seperti WS-FTP, Cute FTP, Bullet FTP.

Ada 2 macam Web :

1.Statis :  tidak ada interaksi antara kamu dengan pengunjung
2.Dinamis :  ada interaksi dan bersifat dinamis

biasanya orang senang menggunakan Joomla. Karena masih mudah dipelajari karena anda cuma harus tahu cara membuat web, tahu bahasa PHP malah lebih bagus, tahu cara operasikan Xampp dan Joomla. Tapi kalau anda masih baru atau pemula, belajar Dreamweaver atau pakai Notepad dulu aja. Belajar bahasa HTML atau PHP, sekalian sama Java Scriptnya juga yaaa. Kalo udah…jadi tinggal Install Joomla dan XAMPP. Aktifkan Xampp dan itu tuh joomla dan templatenya tinggal mengganti sesuai anda. Mudah ko.selamat mencoba. Semoga bermanfaat!!

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. Salam,
    Kami punya situs dan sekarang mencoba mengembangkan dengan menggunakan script.

    Kami ingin hanya merubah 1 file saja maka ratusan file kami berubah secara otomatis….. bagaimana ya caranya ?????

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image