Wallpaper(Pelapis Dinding)

Warna dan desainnya lebih menarik. Mulai dari dengan warna polos, corak simple seperti garis dan lengkung. Atau corak lain seperti corak bunga, polkadot, bahkan ada pula wallpaper yang dapat bercahaya saat gelap atau glow in the dark. Dari segi harga, bedanya tidak terlalu signifikan dibanding dengan harga cat tembok. Tetapi, kesan yang ditampilkan lebih baik dibanding cat tembok yang cenderung monoton.

Berdasarkan permukaan wallpaper, maka ada 2 jenis yaitu wallpaper dengan permukaan kertas atau wallpaper dengan permukaan vynil. Perbedaan dari kedua jenis wallpaper serta keuntungan dan kerugian dari masing-masing jenis wallpaper .
Wallpaper Kertas

Permukaan dove tidak terlalu mengkilap Terbuat dari kertas, sehingga lebih mudah robek Hanya dapat dibersihkan dengan menggunakan lap kering Dapat didaur ulang
Wallpaper Vynil

Permukaan mengkilap Bahan vynil lebih tahan lama Mudah dibersihkan, dapat menggunakan lap basah karena tidak mudah robek Tidak ramah lingkungan karena tidak dapat didaur ulang
Untuk bagian bawah wallpaper ada 2 jenis, yaitu dengan lapisan bawah kertas atau kain. Wallpaper dengan lapisan bawah kain dapat dicopot dan dipindahkan karena sifat kain yang tidak mudah robek. Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sering berpindah-pindah rumah. Sedangkan wallpaper dengan lapisan bawah kertas tidak bisa dipindah karena lapisannya akan robek saat Anda mencopotnya.
Jenis pelarut warna yang digunakan untuk menghasilkan warna dan motif pada wallpaper.Water based jika pewarna menggunakan bahan dasar air. Sedangkan, solvent based adalah wallpaper yang menggunakan pewarna berbahan dasar tiner. Kandungan yang terdapat dalam tiner dapat menempel pada wallpaper dan akan menimbulkan bau tiner pada ruangan setelah dipasang pada dinding. Akibatnya akan menimbulkan polusi udara dalam rumah yang tentu tidak baik untuk kesehatan. Pastikan wallpaper tidak mengandung logam berat yang beracun seperti merkuri atau timbal yang dapat membahayakan kesehatan. Anda juga dapat memilih wallpaper yang mendukung kesehatan, karena saat ini ada pula wallpaper yang dapat membunuh bakteri yang terdapat di udara, menetralisir udara kotor. (1/19/2011)

There Is 1 Response So Far. »

  1. nice artikel, thanks

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image