(3) Diego Michiels, Profile

Diego Michiels adalah pemain keturunan Belanda yang resmi menjadi WNI sejak bulan Agustus 2011. Diego adalah pemain belakang yang serba bisa dan kemampuan tekniknya di atas rata-rata . Walaupun telah menjadi pemain sepakbola di Belanda, Diego telah lama menyatakan ketertarikannya bermain di klub Indonesia. Diego memang masih keturunan Indonesia. Ayahnya, Robbie Michiels berasal dari Jakarta. Diego juga masih memiliki darah Ambon yang diturunkan dari neneknya. sedangkan sang ibu, Annet Kloppenburg berasal dari Belanda.

Di Belanda Diego meniti karir bola di klub amatir, dvv RDC Deventer kemudian direkrut Go Ahead Eagles untuk tim junior. Diego Michiels masuk skuad klub divisi dua (eerstedivisie) Go Ahead Eagles di musim kompetisi 2009/2010. Diego Michiels kemudian menjadi salah satu pemain naturalisasi yang diincar PSSI. Pada 3 Agustus 2011 Diego Michiels telah menjalani sumpah sebagai warga negara Indonesia. Kini dia resmi menjadi WNI dan memperkuat Timnas U-23 di seagqmes ke-26.

Di Indonesia, Diego Michiels bermain di klub Pelita Jaya. Kini Diego Michiels masuk Timnas U-23 Indonesia untuk bertanding di SEA GAMES 2011. Sejauh ini penampilannya di Seagames sangat mengesankan. Tak ada penyerang lawan yang lolos di areanya dan banyak umpannya yang membantu timnas menang. Lihat saja saat Diego tak main lawan Malaysia di penyisihan grup, Indonesia kalah 0-1, namun saat dia masuk di babak kedua tak ada lagi gol Malaysia tercipta. Juga saat melawan Vietnam di semifinal, Diego bermain sangat baik yang akhirnya membuat timnas menang dan lolos ke final seagames.

Sebagai catatan, Diego adalah satu-satunya pemain naturalisasi yang bisa lolos seleksi dalam skuad ‘Garuda Muda’. Dalam beberapa kali uji coba dan pertandingan seagames, pelatih mencoba Diego di posisi bek kiri maupun bek tengah, kemampuannya menjalani peran ganda ini cukup membantu sang pelatih mengatasi kekurangan stok pemain belakang. Diego Michiels yang biasa beroperasi di posisi bek sayap kadang bermain sebagai center back. Walaupun dia bukan pencetak gol tapi permainannya mampu menahan setiap serangan lawan.

“Saya bangga dan senang bisa memberikan kemenangan pertama di ajang resmi perdanaku di Indonesia. Penonton di sini begitu luar biasa, dan saya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk tampil sempurna dan maksimal. Bahkan, saya akan membela setiap jengkal areaku sampai pingsan sekalipun di lapangan. Kalau sampai mati, janganlah, saya masih muda” kata Diego, setengah bercanda, kepada Tribunnews, Selasa (8/11 /2011).

Profil Pemain

Nama                                      :   Diego Michiels

Tempat dan tanggal Lahir      :   Deventer, Belanda, 8 Agustus 1990

Tinggi Badan                           :   180 cm.

Posisi                                       :   Bek

Ayah                                        :   Robbie Michiels

Ibu                                           :   Annet Kloppenburg

Karier Sepakbola

DVV RDC Deventer

Go Ahead Eagles (2009- 2011)

Pelita Jaya (2011)

Timnas U23 (2011)

Nama  :   Marcha Afianti Sari

NPM    :   31109465

Kelas   :   3DB16

(Tulisan Softskill SIA)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image