About the Author

author photo

twitter : https://twitter.com/#!/arifsavutra facebook : http://www.facebook.com/arifhadisaputra email : arifhadisaputra@gmail.com

See All Posts by This Author

makna aktualisasi pancasila dalam kehidupan

makna aktualisasi pancasila dalm kehidupan ?
Jawab :
Pancasila sebagai dasar filsafat negara, pandangan hidup bangsa serta ideologi bangsa dan negara, bukanlah hanya merupakan rangkaian kata-kata yang indah namun harus diwujudkan dan diaktualisasikan dalm berbagai bidang dalam kehidupan bermasyarakan dan bernegara.
Aktualisasi pancasila dapat dibedakan atas dua macam yaitu aktualisasi objektif dan subjektif. Akutualisasi pancasila yang objektif yaitu aktualisasi pancasila dalam berbagai bidang kehidupan kenegaraan yang meliputi kelembagaan negara antara lain legislatif, eksekutif maupun yudikatif. Selain itu juga meliputi bidang-bidang aktualisasi lainnya seperti politik, ekonomi,hukum terutama dalam penjabaran ke dalam undang-undang, garis-garis besar haluan negara, hankam, pendidikan maupun bidang kenegaraan lainnya. Adapun aktualisasi pancasila yang subjektif adalah aktualisasi pancasila pada individu terutama dalam aspek moral dalam kaitannya dengan hidup negara dan masyarakat. Aktualisasi yang subjektif tersebut tidak terkecuali baik warga negara biasa, aparat penyalenggara negara, penguasa negara, terutama kalangan elit politik dalam kegiatan politik perlu mawas diri agar memiliki moral ketuhanan dan kemanusiaan sebagaimana terkandung dalam pancasila.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image