Desain Pemodelan Grafik & Teknologi Vektor dan Bitmap

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang desain pemodelan grafik. Desain pemodelan grafik ini berkaitan dengan grafik komputer, untuk itu terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang grafik komputer.

Seperti yang kita tahu, grafik komputer merupakan sebuah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan teori dan teknik pembuatan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafik komputer 2D adalah bentuk sederhana dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D. Gambar 2D maupun 3D dimulai dari suatu titik lalu dihubungkan oleh garis sehingga menjadi sebuah gambar yang terlihat seakan-akan gambar tersebut nyata. Karena sebab itulah grafik komputer sangat berhubungan dengan desain pemodelan grafik. Mengapa demikian? Desain pemodelan grafik merupakan tata cara membuat /merancang sebuah gambar, baik itu 2D atau 3D yang dimulai dari sebuah titik lalu dihubungkan dengan garis yang dibentuk sedemikian sehingga menjadi sebuah objek atau grafik yang bisa bergerak sesuai dengan keinginan kita.
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang perbedaan vektor dan bitmap.

Vektor
vektor disusun oleh objek geometris berdasarkan perhitungan matematis. Vektor tidak bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika gambar vektor dibesarkan (zoom in) ataupun dikecilkan (zoom out) tidak akan mengalami kerusakan (blur).ukuran penyimpanan pada vektor relatif kecil sehingga vektor cocok untuk logo dan jenis desain yang mengandalkan kesederhanaan bentuk. Format penyimpanan pada vektor bisa berupa AI, CDR, FH ataupun EPS. Kelebihan grafik vektor antara lain yaitu ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien, objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya, dapat dicetak pada resolusi tertingi printer anda, menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan kekurangan grafis vektor yaitu tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap. Program yang digunakan adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dan Macromedia Freehand.

Bitmap
Bitmap disusun oleh objek yang disebut pixel. Bitmap bisa juga disebut sebagai raster. Bitmap sangat bergantung kepada resolusi gambar sehingga jika mengalami perbesaran atau perkecilan gambar akan blur (jika melewati batas toleransi tampilan). Bitmap digunakan untuk gambar yang kompleks seperti foto hasil bidikan kamera sehingga ukuran penyimpanan bitmap relatif besar. Format penyimpanan pada bitmap yaitu PSD, TIF, JPEG, GIF, BMP. Kelebihan grafik bitmap antara lain yaitu dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan, dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan. Sedangkan kelemahan nya yaitu objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar, efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah. Software yang digunakan adalah Adobe Photoshop, Corel Photopaint, MS Paint.

Perbedaan Vektor dan Bitmap


Perbandingan gambar vektor dengan bitmap

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat :D

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image