Teknologi Rumput Vetiver Dalam Stabilitas Lereng

Teknologi Rumput Vetiver Dalam Stabilitas Lereng

Oleh : I Kadek Bagus Widana Putra

Sarmag Teknik Sipil 2009

kadekku@yahoo.com

Resume :

Salah satu teknologi GREEN CONSTRUCTION yang banyak dikenal dalam stabilitas lereng atau tebing jalan adalah teknologi rumput vetiver. Teknologi ini menggunakan rumput vetiver yang memiliki karakteritistik teknis yang khas untuk mencegah atau mengurangi terjadinya erosi atau longsoran dangkal, dimana pada tanah-tanah berlereng, erosi dan longsoran dangkal menjadi persoalan yang serius.

Penerapan teknologi rumput vetiver dalam stabilitas lereng atau tebing jalan sangatlah mudah, praktis dan murah. Ini dikarenakan teknologi ini hanya membutuhkan tingkat perawatan yang rendah (low maintenance), sangat efektif dalam konservasi air dan tanah, mengendalikan endapan, menstabilkan dan merehabilitasi tanah, dan juga ramah lingkungan.

Beberapa Negara yang memanfaatkan rumput retiver adalah Brazil, India,Vietnam, Haiti, Kepulauan Reunion, Honduras, Guatemala, Meksiko, Dominika dan Indonesia. Negara yang mengusahakan secara komersial untuk kepentingan penyulingan hanya Indonesia, khususnya pulau jawa.

Jika dibandingkan, teknologi Konvensional atau ‘Hard’ solusi, teknis yang cukup mahal dengan sumber daya intensif. Pada kontruksi yang besar, kontraktor pelaksana proyek, sering menggunakan tenaga kerja asing yang harus dibayar mahal dan dengan alat berat yang besar. Biaya mobilisasi material dalam jumlah besar dengan menghabiskan bahan bakar yang digunakan mengangkut bahan ke lokasi.

Sedangkan, rancang bangun rekayasa ‘Soft’ atau Bioenginering menggunakan tanaman dengan karakteristik tertentu yang cocok dilaksanakan secara manual dengan teknologi sederhana. Pelaksanaannya dapat melibatkan masyarakat sekitar. Perawatan dapat dilakuan oleh masyarakat sekitar. Dengan demikian dapat lebih menghemat biaya secara jangka panjang.

Keunggulan dari rumput Vetiver, yaitu :

  1. Tahan terhadap variasi cuaca, seperti : kekeringan panjang, banjir, genangan dan temperatur – 14º C sampai 55º C.
  2. Mempunyai daya adaptasi pertumbuhan yang sangat luas pada berbagai kondisi tanah.
  3. Tahan terhadap rentang pH tanah : 3 – 10.5
  4. Yang paling penting adalah teknologi rumput vetiver hanya membutuhkan biaya yang sedikit dan berkelanjutan. Ditambah lagi biaya perawatannya yang secara signifikan akan semakin berkurang setelah penanaman pagar rumput vetiver. Contohnya : Dalam stabilisasi lereng di China pada tahun 1997-1999 dengan teknologi Rumput Retiver mampu memberikan penghematan dana sebesar 85%-90%.
  5. Pagar vetiver adalah pagar yang alami, bagian dari teknik soft Bio-Engineering yang ramah lingkungan, dimana merupakan alternatif dari struktur keras dan kaku (beton dan batu).
  6. Teknologi Rumput Vetiver sangat baik untuk daerah dengan biaya buruh rendah.

Rumput Vetiver sudah terbukti dalam mengatasi masalah dalam stabilisasi lereng. Selain itu, bila dikombinasikan dengan menggunakan rumput bahia (rumput gajah), tingkat erosi pada lereng dapat mencapai 0%. Hal ini didukung dengan berhasilnya pengujian Teknologi Rumput Vetiver di Tol Cipularang dan Cicalengka Nagrek oleh Gunawan G. dan N. Kusminingrum.

Secara konstruksi dalam mengatasi longsor di tanah miring, rumput vetiver lebih murah jika dibandingkan dengan konstruksi beton. Konstruksi beton harganya mencapai Rp. 2.000.000/m2 sedangkan rumput vetiver hanya Rp. 10.000/m2. Selain itu, rumput vetiver juga dapat memberikan potensi tinggi dalam mereduksi kadar Carbon di atmosfir bumi, sehingga dapat memenuhi penyelenggaraan kebijakan pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan.

Source : http://www.scribd.com/kadekku/d/51353417-Makalah-Teknologi-Rumput-Vetiver-Green-Construction-I-Kadek-Bagus-Widana-Putra-Universitas-Gunadarma

There Is 1 Response So Far. »

  1. Yth …
    Dimana saya bisa membeli /mendapatkan rumput vetiver ?
    Mohon alamat suplier yang ada di indonesia, kalau ada di wilayah kalimantan timur.
    Terimakasih atas infonya

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image