Dilema Mahasiswa terhadap Softskill dan Hardskill

Nama : Indra Purnama

Npm : 1311606

Kelas : 1PA10

Tugas : Tulisan Softskill MTK & IAD

DILEMA MAHASISWA terhadap Softskill dan Hardskill

Banyak diantara kawan-kawan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis yang baik, namun tidak sedikit pula yang justru lemah di akademis tetapi memiliki kemampuan softskill yang tinggi.

Banyak pula kawan-kawan mahasiswa yang mengeluh : ”Kenapa saya kalo berbicara didepan Umum selalu Gugup’ banget sih’, padahal saya baik di akademis. Sah-sah saja jika anda berpikir demikian.

Dilema muncul apabila permasalahan untuk bisa mengatasi kemampuan Gugup berbicara didepan umum (softskill) tidak juga bisa teratasi.

ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk dapat berbicara didepan Umum /Kelas  jika anda di beri tugas untuk Mempersentasikan Tugas anda  /Kelompok anda tanpa merasa Gugup.

Caranya :

1. Selalu Berdoa sebelum maju

2. Mempersiapakan bahan materi yang akan disampaikan / dipresentasikan di depan umum secara baik.

3. Membaca beberapa Referensi Mengenai TEMA yang akan di bawakan didepan Umum, agar jika ada Pertanyaan anda dapat menjawabnya dengan Lugas, tidak terbata-bata dan Tepat.

4.  Perhatikan dengan seksama pertanyaan dari Audience.

5. Saat akan menjawab pertanyaan dari audience di harapkan untuk mengambil nafas yang panjang dan se-Rileks mungkin agar anda tidak terbata-bata saat menjawabnya nanti.

6.  Usahakan anda yakin dengan Jawaban anda agar audience puas dan tidak merasa ada yang masih kurang, karena jika anda Ragu-ragu Para Audience dapat melihat Mimik Wajah anda yang Ragu.

7. Memiliki wawasan Luas dengan cara Membaca Buku, baik buku Referensi ataupun buku Ilmiah lainnya yang dapat dipakai apabila anda Kehabisan Ide untuk menjawab pertanyaan.

Demikian pemaparan saya  mengenai Tips n’ Trick agar Tidak Gugup saat Presentasi di depan Umum / Kelas.

Semoga dapat menambah ilmu Rekan-rekan mahasiswa semua.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image