JENIS-JENIS TENSES

TENSES A. Pengertian.
Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang perubahannya tergantung pada waktu dan sifat kejadian tertentu pada suatu kontek kalimat.  Bahasa Indonesia tidak memiliki tenses (perubahan waktu) seperti dalam bahasa Inggris.  Baik untuk kemarin, sekarang maupun besok, bentuk kata kerja yang digunakan dalam bahasa Indonesia tidak pernah berubah.
Contoh: Saya makan nasi setiap hari.                              I eat rice every day. (simple present tense) Saya lagi makan. (sedang)                                 I’m eating.  (now / present continuous tense) Saya sudah makan.  (lampau)                            I already ate.  (simple past tense) Saya sudah makan.  (lampau)**                        I’ve already eaten.  (present perfect tense) Saya akan makan besok.  (masa depan)            I will eat tomorrow.  (simple future tense) Saya akan makan besok.  (masa depan)            I’m going to eat tomorrow.  (future / pres. cont. tense) Saya lagi makan waktu kamu telpon kemarin.  I was eating when you called yesterday.                                           (sedang masa lampau)                          (past continuous tense)
lampau tapi ada hubungan dengan masa sekarang

B. Jenis-Jenis Tenses. 1. The Simple Present Tense. S + Verb-1 + ….

S (subyek ) Verb-1
I am
you, we, they Are
he, she, it Is
S (subyek ) Verb-1
I Go , work
you, we, they Go , work
he, she, it Goes, works,

Contoh simple present tense : 1.      Digunakan untuk kebiasaan ( Habitual Action ) –             I go to campus every day. ( Saya setiap hari pergi ke kampus. )
2.      Fakta alam atau kebenaran umum yang tak berubah (General Truths) –             She’s very rich. ( Dia sangat kaya. ) 3.      Kejadian yang akan datang yang sudah terencana atau terjadwal. ( Hati-hati karena lebih umum dipakai present continuous tense untuk kegiatan dan kejadian yang akan datang dan sudah direncanakan. )
–  She leaves for Bandung next week. ( sudah terjadwal )            –  Our basketball team plays in Senayan next week. ( sudah dijadwalkan )
2. Present continuous tense Present Continous Tense adalah bentuk Tenses yang digunakan untuk menerangkan suatu perbuatan yang sedang berlangsung saat ini. Rumus :  To Be ( Is, Am, Are ) + Present Participle (Ing – Form )
Untuk penggunaan Present Continous sendiri ada beberapa kondisi, yaitu : –          Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung.                     They are studying Math now.(Mereka sedang belajar Matematika sekarang) –          Dipakai untuk menyatakan perbuatan yang berlangsung sementara. He is Reading now but he will finish it.(Dia sedang belajar sekarang, namun dia akan menyelesaikannya.)
–          Dipakai untukmenyatakan perbuatan yang dimaksud pada waktu yang akan datang.   We are meeting again in a few weeks. (Kita akan bertemu kembali dalam beberapa     minggu.)
3. Simple past tense Simple Past Tense digunakan untuk fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau. Contoh:

  • I played tennis with some guys from work yesterday.
  • We stayed in Shanghai for five days.

Kata kerja simple past tense (kata kerja bentuk ke-2) yang reguler dibentuk dengan menambahkan “-ed” pada akhiran kata kerja. Contoh:

  • jump -> jumped: The dog jumped over the fence.
  • walk -> walked: I walked 22 kilometers yesterday.
  • work -> worked: We worked together as lawyers for 15 years.

Kegunaan Simple past tense digunakan untuk menyatakan sebuah tindakan yang telah selesai dilakukan. Contoh:

  • We watched a movie at the weekend (kami menonton film di akhir pekan)
  • She arrived on Thursday (dia tiba hari Kamis)

Waktu spesifik harus dinyatakan atau diisyaratkan. Contoh:

  • I walked to work this morning – Dalam kalimat ini waktunya disebutkan
  • I walked to work – Dalam kalimat ini waktu tidak disebutkan, tetapi konteks kalimatnya dapat membuat kita memahami waktu yang dimaksud (yakni waktu lampau).

Kalimat negatif Kalimat negatif simple past tense dibuat dengan did dan not. Did adalah bentuk lampau dari kata kerja to do. Did dan not sering disingkat menjadi didn’t. Contoh:
– I arrived in London on Monday -> I didn’t arrive on Sunday.
– They stayed at the Vivaldi Hotel -> They didn’t stay at the Carlton Hotel. Karena “did” merupakan bentuk lampau, maka kata kerja utama tidak mengalami perubahan. Contoh:

  • We didn’t live in Italy. Did adalah bentuk lampau sehingga live tidak dirubah menjadi bentuk lampau.
  • We didn’t lived in Italy. Kalimat ini tidak benar

Kalimat bertanya Pertanyaan dibuat dengan menempatkan did sebelum subjek. Contoh:

  • You lived in Japan -> Did you live in Japan?
  • They stayed at the Vivaldi Hotel -> Did they stay at the Vivaldi Hotel?

Kata kerja utama juga tidak berubah (tidak diganti menjadi bentuk lampau), contoh:
– You lived in Japan -> Did you lived in Japan? (tidak benar)
– You lived in Japan -> Did you live in Japan? (benar) 4.Present perfect  tense Present Tense penekananya pada fakta, kejadian berulang-ulang atau yang menjadi kebiasaan, dan Present Continuous Tense menekankan pada “sedang” terjadi, maka. Present Perfect Tense menekankan pada PERFECT nya itu. Perfect kan artinya “sempurna”. Bukan sempurna karena cantik seperti Gita Gutawa, tetapi sempurna yang berarti “selesai, sudah, beres, baru saja usai, dsb”. Jadi, kalau Anda menekankan pada “SUDAH” nya itu maka gunakanlah Present Perfect Tense ini. Contoh yang paling mengena misalnya: Dia baru saja pergi (She has just gone). Rumusnya Present Perfect Tense begini: Positif: S + have/has + V3 Negatif: S + have/sas Not + V3 Tanya:   Have/has + S + V3
Contoh Present Perfect Tense
Positif: She has gone (Dia baru saja pergi)
Negatif: She has not gone
Tanya: Has She gone? Contoh lainnya:
-I have written english lesson for 30 minutes “(Saya telah menulis pelajaran bahasa inggris selama 30 menit)

5.Simple future tense       Future Tense atau Simple Future digunakan untuk menyatakan peristiwa yang Akan Terjadi. Future tense adalah tentang Nanti. Sesuatu arti katanya Future yaitu “Masa Depan”. Karena itu dalam Future Tense penggunaan kata Will, Shall yang artinya akan pastilah mendominasi.
Masih ingat pembagian Tenses dalam garis besar kan? Yes, ada 3 besar Tenses yaitu: Past, Present dan Future (Dulu, Kini, Nanti).
Pegang ini kuat-kuat:
Setiap Future pasti pakai WILL atau SHALL, artinya AKAN. Namun ada juga yang namanya Past Future Tense nanti. Karena Past maka Will dan Shall nya pakai past juga yaitu “Would”, nanti kita pelajari lebih dalam di Past Future Tense. Oh ya, sesudah Will atau Shall atau Would pasilah diikuti bentuk 1 baik itu kata kerja atau kata kerja bantu.

Rumus Future Tense
Positif: S + will + V1
Negatif: S + will + not + V1
Tanya: Will + S + V1

Shall jarang digunakan. Bisanya Shall untuk Subject I dan We (I shall…, We shall….) dan tidak untuk yang lain. Tetapi lebih sering orang pakai I will.. dan We will.. Jadi untuk I dan We boleh pakai baik will atau shall. Sedangkan Subject yang lain seperti HE, SHE, IT, YOU, THEY, WE semuanya pakai Will. Kalau begitu, untuk mempermudah pemahaman saya HANYA akan gunakan WILL saja. Kan “WIL” itu enak toh? Itu tuh yang L nya satu! haha… becanda ya.
Contoh Kalimat Positif dalam Future Tense:
-I will study
-You will swim
-They will visit Tokyo Future Tense Kalimat Negatif -I will not study
-You will not swim
-They will not visit Tokyo Future Tense Kalimat Tanya Tinggal dibalik saja, Will nya di depan.
-Will You study?
-Will You swim?
-Will They visit Tokyo?
Tentunya karena Future Tense bicara “Akan” maka keterangan waktu berikut biasa ditambahkan: tomorrow, next month, three days to go, next year dan segala sesatu yang menunjukkan “akan” tersebut.
-You will swim together tomorrow
-They will visit Tokyo next year
-No one will stop us now from loving each other
-I dont think They will come on time

6.future / pres. cont. tense Tense yang satu ini berbicara tentang suatu peristiwa yang “Sedang Terjadi” juga sebagaimana Present Continuous Tense, tetapi bedanya dalam Future Continuous Tense maka “Sedang” nya itu bukan sekarang melainkan besok, akan datang, nanti. Jadi, “sedang terjadi” itu tidak hanya bisa sekarang loh, bisa saja belum terjadi sekarang tetapi sedang terjadi besok. Fahami benar hal ini agar Future Continuous ini dapat Anda mengerti dengan tuntas dan dapat menggunakannya tanpa berpikir lagi nanti
Contohnya begini:
Anda telepon saya dan bilang mau ke rumah saya jam 9 besok. Wah saya nda bisa terima tamu tuh jam segitu, karena pas jam 9 itu saya akan sedang berenang. Jadwal saya renang itu 8:30 sampai 10:00. Jadi jam 9 besok itu sedang renang kan? kapan renangnya? besok!. Itulah arti “sedang tetapi akan” ini. Sekarang Anda faham 100 persen kan? Dalam hal ini kita gunakan Future Continuous Tense ya: “I will be swimming at 9 tomorrow, You may not meet me at home”.

Rumus Future Continuous Tense
Positif: S + will + be + Ving
Negatif: S + will not + be + Ving
Tanya: Will + S + be + Ving

Contoh Future Tense
-I will be swimming at 9 o’clok tomorrow -You will be working …
-They will be driving home …
-She will be learning music … Kalimat Negatif Future Continuous Tense Mudah saja, tinggal tambah NOT setelah Will, seperti ini:
-You will not be working…
-They will not be driving home…
-She will not be learning music…
Loh katanya tadi Future Continuous Tense ini digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sedang akan terjadi di masa datang, ini yang negatif kan berarti TIDAK akan sedang terjadi dong? Salah dong? Waduh.. pusing lah kalo protes begituan, ini kan bentuk negatifnya bo’ ! Kalimat Tanya Future Continuous Tense Kalimat tanya dalam bentuk Future Continuous Tense juga gampang sekali, tinggal Will nya di depan. Kayak gini:
-Will You be working …?
-Will They be driving home …?
-Will She be learning music …?
7. Past continuous tense      Past Continuous Tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang SEDANG TERJADI juga, tetapi sedang terjadi sekarang, melainkan sedang terjadi tetapi DULU, tetapi sudah lewat. Loh sedang kok lewat? bukannya sedang itu artinya masa kini alias sekarang?. Oh ada juga sedang dulu. Mari kita bahas tuntas.
Seperti arti katanya, Past berarti “sudah lewat”, sedangkan Continuous artinya “sedang”. Contohnya gini:
Kemarin teman saya datang ke rumah saya, gedor-gedor pintu, tetapi nda ada yang buka. Padahal saya ada di rumah, tetapi saat itu tuh “Saya sedang tidur!”. Kapan sedang tidurnya? Kemarin, saat teman saya itu datang. Bukan sekarang kan? Tetapi sedang loh! Itulah Past Continuous Tense.

Rumus Past Continuous Tense
Positif: S + was/were + Ving
Negatif: S + was/were + NOT + Ving
Tanya: Was/Were + S + Ving

Contohnya:
I was sleeping when my friend came to my house yesterday
Lihat tuh, “I was sleeping” adalah bagian Past Continuous Tensenya. Sedang tidurnya itu kemarin, saat teman saya datang ke rumah.
Jadi, Past Continuous Tense ini mirip banget rumusnya dengan Present Continuous Tense, bedanya di TOBE nya yang menjadi bentuk kedua.
Ingat-ingat perubahan dan pasangan TO BE nya ya.
Tobe: is, am berubah menjadi WAS
Tobe: are berubah menajdi WERE
I, She, He, It, John, Merry pasangannya adalah WAS
We, They, John and Merry pasangannya adalah WERE.
Contoh kalimat lainnya:
-They were learning in the classroom when I came
Mereka lagi belajar di kelas ketika saya datang.
– I was writing
– Joko was sleeping

Kalimat Negatif Untuk Past Continuous Tense

Gampang bangets nih, tinggal pake rumusnya, tambahkan NOT setelah Tobe (was/were). Ingat rumusnya kan? Yes, Anda benar, rumusnya: S + was/were + NOT + Ving. Misalnya dari contoh sederhana yang terakhir diatas, menjadi:
– I was NOT writing …
– Joko was NOT sleeping …
– … ayo Anda buat yang lain.

Kalimat Tanya Past Continuous Tense

Kembali lagi gampang sekali, yang penting Anda sudah faham penggunaannya seperti saya terangkan diatas. Untuk bikin kalimat tanya tinggal TOBE nya (was atau were) di depan. Berikut ini dari contoh diatas akan menjadi:
– Was I writing ….?
Biasanya sih kalo bertanya kan gak nanya sendiri, karena itu lebih sering contoh-contoh yang ada dibuku pake YOU, sehingga menjadi:
– Were You writing …?
Contoh lain:
– Was Joko Sleeping …?

Sumber : http://www.bintangbahasa.com/en/e_tenses1_b.html http://www.matakami.com/2012/01/bahasa-inggris-present-continous-tense.html#.T2_eudlOSnA http://riskabelajar.blogspot.com/2011/11/jenis-jenis-tenses.html http://tensesbahasainggris.com/past-continuous-tense http://englishonline.blogdetik.com/2009/08/10/simple-past-tense/

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image