About the Author

author photo

Namaku Aditya, Kau sudah tahu aku tidak akan memberitahumu nama lengkapku,aku juga tidak akan memberi tahumu dimana aku tinggal.Kami tak bisa memberitahu siapa kami atau dimana kami tinggal.Resikonya terlalu tinggi,lagipula kami harus hati hati,sangat hati hati... Jadi kami tidak percaya siapapun,sebab kalau sampai mereka menemukan kami... Yah,semoga itu tak pernah terjadi. Satu satunya yang perlu kalian tahu adalah, setiap orang dalam bahaya besar, Yah dalam bahaya besar. TERMASUK DIRIMU...

See All Posts by This Author

Laporan Kunjungan Conference pameran INAICTA 2011

Laporan Kunjungan

Conference & pameran INAICTA 2011

Di Jakarta Convention Center

Disusun Oleh :

Nama             : ADITYA BAGUS WIJAYA

NPM                 : 30109447

KELAS            : 3 DB 01

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua sehingga kita senantiasa mendapatkan nikmat sempat dan nikmat sehat. Dan tak lupa shalawat serta salam senantiasa tercurah bagi nabi besar junjungan kita semua yang agung Nabi Muhammad SAW. Yang semoga senantiasa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Amin.

Beberapa hari yang lalu, kami mahasiswa dan mahasiswi calon penerima beasiswa PPA dan BBM mengikuti kegiatan kunjungan pameran yang diwajibkan oleh bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma sebagai syarat untuk mengambil beasiswa tersebut. Dalam kunjungan itu kami diwajibkan untuk mempelajari apa saja yang ada di tempat kunjungan. Dan kami juga diharuskan untuk membuat laporan individu.

Pada kesempatan ini, setelah melakukan kunjungan pameran, kami membuat laporan untuk memenuhi kewajiban. Laporan ini kami buat sesederhana mungkin agar dapat dipelajari oleh para pembacanya dengan lebih mudah. Kami juga berharap laporan ini akan menambah wawasan bagi pembacanya. Semoga saja dapat menjadi inspirasi dan mampu memberikan banyak manfaat yang lain.

Dengan latar belakang itulah kami menyusun laporan ini, dengan harapan agar memperoleh nilai lebih dalam pengambilan beasiswa PPA/BBM. Kami juga berharap agar laporan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan sebagai pengantar dalam laporan ini. Atas kekurangan yang ada di dalamnya, kami atas nama penyusun laporan memohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata kami ucapkan :

PENYUSUN

DAFTAR ISI

  • KATA PENGANTAR
  • DAFTAR ISI
  • BAB I : PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
  2. TUJUAN KEGIATAN
  3. MANFAAT KEGIATAN
  4. JENIS KEGIATAN
  5. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN
  6. KEGIATAN
  7. 5 NOMINATOR TIAP KATEGORI
  8. PEMENANG INAICTA 2011
  9. KESIMPILAN DAN SARAN
  • BAB II : ISI
  • BAB III : PENUTUP

ü  Salam Penutup

  • Referensi


BAB I : PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Dalam suatu bidang teknologi dan informasi, kita tidak hanya bekerja dengan mengacu pada diri kita sendiri saja. Terkadang kita harus melihat kepada orang lain demi sebuah kemajuan. Kita bisa menjadikan orang lain sebagai inspirasi diri kita dalam melakukan suatu pekerjaan. Jangan bersikap sombong dengan menganggap diri kita selalu lebih baik dari yang lain. Ingatlah bahwa tak ada yang sempurna di dunia ini. Di atas langit masih ada langit. Oleh sebab itu, jangan pernah malu untuk belajar dari orang lain demi kemajuan kita. Latar belakang itulah yang mendasari kami untuk mengikuti kegiatan kunjungan pameran INAICTA 2011  ini. Kami berharap agar kunjungan ini dapat menambah wawasan kami menjadi semakin luas.

  1. TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kami yang berkaitan dengan bidang teknologi informasi atau jurusan yang kami tekuni. Kami berharap dengan adanya kegiatan kunjungan pameran ini kami dapat meningkatkan keatifitas kami sehingga kami dapat menciptakan karya yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan melihat karya dari orang-orang yang lebih pandai dari kami, tentunya kami akan belajar untuk dapat menjadi lebih baik.

  1. MANFAAT KEGIATAN

Kegiatan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kami dalam mempelajari hal-hal baru untuk menjadikan kami lebih maju. Kegiatan ini juga menunjukan kalau kami adalah anak muda yang masih sangat perduli dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat semacam ini. Dan tentunya masih banyak manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi kami.

BAB II : ISI

  1. JENIS KEGIATAN

Conference & Pameran INDONESIA ICT AWARD 2011

  1. TEMPAT DAN WAKTU KEGIATAN

Tempat : Jakarta Convention Center

Waktu : 4 – 5 Oktober 2011

  1. KEGIATAN

INAICTA atau Indonesian Information and Communication Technology Award adalah ajang tahunan bergengsi yang mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dimana kepanitiannya melibatkan peran serta para pemangku kepentingan (stakeholders) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terdiri dari asosiasi, kalangan usaha, serta komunitas TIK di Indonesia.Dengan mengusung tema “Leverage Digital Creativity for National Economic Growth“, INAICTA 2011 membawa misi untuk meningkatkan kontribusi para pelaku Teknologi Industri Kreatif (TIK) dalam meningkatkan perekonomian nasional, dengan menghasilkan produk dan jasa yang mampu menggerakkan roda perekonomian untuk berbagai kalangan di seluruh wilayah Indonesia.

Uji nyali dan ketangkasan biasanya berupa kompetisi memperebutkan pemenang dari sisi mental dan ketahanan Fisik, namun Uji nyali dan Kompetisi yang ini jauh berbeda, Uji intelektualitas, skill, pengalaman, rasa seni, perang ide dan logika melalui Teknlologi digital diujikan sekaligus dalam arena ini.

Lomba Teknologi Informasi dan Komunikasi Ajang karya cipta inovasi digital merupakan bagian utama dari hajatan Indonesia ICT Award, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku TIK di seluruh tanah air, dan dibuka untuk berbagai kategori. Dapat diikuti oleh kalangan pelajar (SD, SMP, SMA/SMK), mahasiswa perguruan tinggi, maupun kalangan profesional.

  1. 4. Daftar 5 Nominator Dari Tiap Kategori:
e-Business: Retail, Finance
BSRF-0070 WayangForce Dimas Surya Yaputra
BSRF-0106 Yuktravel.com Situs Online Travel Terlengkap dan Tercanggih di Indonesia Setiyo Gunawan
BSRF-0147 Sistem Informasi Manajemen Koperasi berbasis Linux Hadiyanto
BSRF-0391 Sentra Pawn PT. Mitra Integrasi Komputindo
BSRF-0671 AlfaPOS – Software POS Untuk Berbagai Jenis Bisnis Retail Fatkul Amri
e-Business: Manufacturing, logistic, supply-chain
BSML-0305 RACS Real Automation & Controlling System Muhammad Hanafi
BSML-0407 Dynamic Mobile Enterprise Solutions: SiGokil Solutions Yusep Rosmansyah
BSML-0631 EMPTY (Electronic Management for Procurement System) Ferdianto
BSML-0672 AlfaCurrency – Software ERP Retail & Manufacture Fatkul Amri
BSML-0673 AlfaPlantation – Software ERP Perkebunan Fatkul Amri
e-Business: Services
BSS-0457 NgaturDuit.com NgaturDuit.com
BSS-0615 WarungMobil.com – Bursa Mobil Online Indonesia Saga Iqranegara
BSS-0382 Sedapur, Konsultasi dan Portal E-Commerce bagi Industri Kuliner UKM Soegianto
BSS-0161 vidiyan.com – Undangan Online Yanuar Rahman
BSS-0373 Kampung Pulsa Rendi Meliala
SMA/K: Application
SMAA-0167 Aliber dan Aliber Lite Edy Setiawan
SMAA-0108 Daeng of The Forest Nur Hidayat
SMAA-0887 Power & Intelligence! Septian Dwi Putra
SMAA-0295 Kebun Sains Multimedia Interaktif untuk pembelajaran IPA SD Habib Adib Wahono
SMAA-0616 Permainan Mari Berdo’a Berbasis Java Mobile Lukmannul Hakim Firdaus
SMP: Application
SMPA-0388 Anoa Narendra Pradhana Nugroho
SMPA-0400 iNerts – Sistem Pelacak berbasiskan GPS dengan Dukungan DeadReckoning Chaidar M
SMPA-0612 Ayo Jadi Pencipta, Tidak Hanya Jadi Pengguna! Fahma W. Rosmansyah
SMPA-0725 Suroboyo Darren Limantara
SMPA-0886 BlackCat Browser Rozaq Adi Sagoro
SD: Application
SDA-0182 ANAK SEHAT SUKA MAKAN BUAH LOKAL Jovidia Laviosa
SDA-0206 Interactive Typing game clemens goldan
SDA-0350 SADAR GEMPA BUAT TEMANKU YANG TUNARUNGU DAN TUNANETRA ahmad raihan ash – shiddiqy
SDA-0663 Bionical Battle NAJMI NAUCA ANTARIKSA
SDA-0742 SDAMADA LISTRIK Agra Bima Yuda
Perguruan Tinggi: Application
PTA-0387 Smart Arzt – Aplikasi Cerdas Diagnosis Kesehatan Mandiri Junian Triajianto
PTA-0394 Mouse Hand Tracking Application, Kontrol Pointer Mouse dengan Interaksi Alami Gerak Tangan Hendri Karisma
PTA-0658 Perangkat Lunak ?Nobley Engine? Dengan Fitur In Game Editor Pratama Bayu Widagdo
PTA-0783 L-Rescue Zusuf Subari
PTA-0869 Sparkins – Aplikasi Berbasis Sentuh untuk Pembelajaran Mesin Tik Perkins Bagi Anak-anak Penyandang Tuna Netra M. Endri Irfanie
e-Learning/e-Education: Learning Management System
ELLM-0090 Fluent – Manajemen Pembelajaran Multimedia Berbasis Komputer Andyka Irnanto
ELLM-0256 Aplikasi Laboratorium Bahasa Berbasis Multimedia ?e-Commlab2? PT. Infiniti Reka Solusi
ELLM-0313 ” Pemanfaatan Learning Management System and Social Networking Technology dalam penyelenggaraan pembelajaran on line Gratis untuk Masyarakat Marginal di situs www.kampusvirtual.com “ Yudi Permana
ELLM-0461 Game 4 Smart. Tambah NgeGame, Tambah Cerdas Fatkul Amri
ELLM-0497 eLisa 3.5 Herman Saksono, S.T.
e-Learning/e-Education: Content & Utilities
ELCU-0253 Biolearn PT. Infiniti Reka Solusi
ELCU-0946 HisTekh Riza Wahono
ELCU-0175 FISITEKH MULTIMEDIA INTERACTIVE Riza Wahono
ELCU-0634 Amazing Journey Indonesia Andrew Pratomo Budianto
ELCU-0990 Savvy e-learning Wiwin Wangsa
e-Government: Implementation
EGI-0399 Perijinan online Tri Widyani
EGI-0638 Pembangunan Data Rekam Medis Elektronik untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Melalui Aplikasi Simpus. Petrus Sukrislisbagyo
EGI-0769 LAKIP Zaenul Azwar E.
EGI-0778 IMPLEMENTASI SRAGEN ONLINE Dwiyanto, S.STP, MSi
EGI-0966 Sistem Penerbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia Iman Syafrizal
e-Government: Application
EGA-0449 PERIZINAN|wrc-egov Eka Djatnika Sundajana
EGA-0456 SIPERDITAN – Sistem Informasi Peringatan Dini Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Pangan Wandy Apriyadi
EGA-0600 One Spot – Sistem Layanan Perizinan Online Satu Pintu M. Yusuf Gunawan
EGA-0859 e-Puskesmas Mas’udi Agus N
EGA-0892 Perangkat Lunak SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BADAN LAYANAN UMUM Benni Sumarman
Research & Development
RND-0130 Mini Air Traffic Control System Karol Danutama
RND-0468 Traindroid Adhitya Bhawiyuga
RND-0472 High Performance WebApplication Framework Julyanto SUTANDANG
RND-0490 Klungbot III Eko Mursito Budi
RND-0646 DALA PROJECT: DIGITAL ARCHIVE SYSTEM FOR LONG TERM ACCESS Mardhani Riasetiawan
Mobile Application: Mobile Apps & Advertising
MAA-0403 SiGokil Yusep Rosmansyah
MAA-0092 Movreak Dhi Aurrahman
MAA-0894 Expreme : Expressive Messenger Dania Tigarani S
MAA-0897 Ngayau Andri Yadi
MAA-0521 Bouncity Dimas Surya Yaputra
Mobile Application: Mobile Games
MAG-0358 Mopomon Febiyan Rachman
MAG-0582 AMAGO – Discover the amazing life in Archipelago Sakina Fathiani
MAG-0714 Petualangan Aksara di Bali Oscar Kurniawan
MAG-0775 Desa Farm Alif Harsan Pradipto
MAG-0850 GreenGuard Irkham Huda
Digital Content: Digital Animation
CDDA-142 Dazu Andi Martin
CDDA-149 si pitung hario sasongko
CDDA-150 Curhat Bijih Plastik Fidha Yulian Mahardhika
CDDA-175 Alien versus Mbah Darmo Heru Sakti
CDDA-178 Black Journey Astu Prasidya
Digital Content: Digital Audio
CDAD-105 Tumenggungan Aditia Trisno Nugroho
CDAD-106 Soundinesia Kenan Loui Widjaja
CDAD-122 ODE to Indonesia Daniel Thamrin
CDAD-128 Satu-Kosong Endy Daniyanto
CDAD-154 Lagu – Gemar Membaca Fatkul Amri
CDAD-123 Inovasiku Pandan P. Purwacandra
CDAD-107 Java Coffee Break Yuan Kharisma Y
CDAD-109 i believe M. Halsan (sansan)
Digital Content: Video Games
CDVG-138 Steamops Firman Nurimansyah
CDVG-118 Planetary Conflict Kris Antoni
CDVG-184 AR Defense Reza Adhitya Saputra
CDVG-180 Earl Grey and This Rupert Guy Nikki Dibya Wardhana
CDVG-137 Majapahit Online Ivan Chen
Industrial/Embedded Application
IEA-0337 Membuat HOTSPOT RT/RW Net dan Cafe Menggunakan WRT160NL dan Firmware DD-WRT dan Openwrt Fadly Kasim
IEA-0508 proCell SMS Gateway serba guna. Abimanyu Wachjoewidajat
IEA-0601 Sistem Monitoring Pembangkit Online PLTD Merawang Diana Aristiawan Setyo Wibowo
IEA-0637 Smart SCADA GSM GPRS Telemetry Monitoring System odang surya
IEA-0730 CAD untuk Circular Knitting Machine mico wendy
Security
SEC-0379 TOPAN(Tombol Panik) Sandra Islama Putra
SEC-0530 Kinsec Aksanesia
SEC-0669 Artav Arrival Dwi Sentosa
SEC-0498 kartu aman dandy risfanto huri
SEC-0621 USB-KEY_Motorcycle ROMAN Tech
e-Inclusion
INC-0882 I-Speak: Membantu Tuna Rungu Berkomunikasi Riana Dewi
INC-0873 Isara – Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Asendia Mayco
INC-0825 MUVON : Listrik Tenaga Gerak untuk Charge alat Komunikasi pada daerah tanpa listrik / terpencil / remote ariesta satryoko
INC-0877 Aksara Rizky Ario Nugroho
INC-0228 Google Map untuk Kampanye Usaha Mikro melalui WordPress Donny Trihanondo
Perguruan Tinggi: Audio Visual Digital & Animasi
PTAV-0560 Opening Film Kartun “Dark Light” Dida Karisma
PTAV-0630 Pusaka Indonesia (3D+Interaktif) Sandy Winata
PTAV-0098 GAMER David Saputro Sugianto
PTAV-0289 MarSol Hendrico Saputra
PTAV-0765 The Scavenger Victorius Kendrick
Perguruan Tinggi: Digital Interactive Media
PTDI-0181 Jagoan Lalu Lintas Firdaus Ismail Sholeh
PTDI-0183 Multimedia Museum Mandala Wangsit Siliwangi Faikar Izzani
PTDI-0401 Sneepet Dominikus Damas Putranto
PTDI-0494 INI3D (ITS now in 3D) INI3D Team
PTDI-0499 VIRTUAL PET: Sebuah Aplikasi Game Multi-Modal Memelihara Binatang Langka Reza Darmakusuma
  1. 5. Daftar Pemenang INAICTA 2011

e-Business: Manufacturing, Logistics, Supply-Chain

WINNER: AlfaCurrency – Software ERP Retail & Manufacture (Fatkul Amri – PT Alfasoft)
Merit Award: AlfaPlantation – Software ERP Perkebunan (Fatkul Amri – PT Alfasoft)

e-Business: Retail, Finance

WINNER: WayangForce (Dimas Surya Yaputra – PT. Phase Solusindo)
Merit Award: AlfaPOS – Software POS Untuk Berbagai Jenis Bisnis Retail (Fatkul Amri – PT Alfasoft)

e-Business: Services

WINNER: Sedapur, Konsultasi dan Portal E-Commerce bagi Industri Kuliner UKM (Soegianto Soetrisno, Adam Jaya Putra, Hadiyanto, Jacky Soedarsono Lokan, Didik Wicaksono – PT. Selaras Digital Sempurna)
Merit Award: NgaturDuit.com( Adhityo Priyambodo, Api Perdana – NgaturDuit.com)

e-Learning & e-Education: Content, Utilities

WINNER: FISITEKH Multimedia Interactive (Riza Wahono – Edutekh Digital Utama)
Merit Award: Savvy e-learning (Wiwin Wangsa – PT. Centrinova Solusi Edukasi)

e-Learning & e-Education: Learning Management System

WINNER: eLisa 3.5 (Herman Saksono, S.T.)
Merit Award: Aplikasi Laboratorium Bahasa Berbasis Multimedia “e-Commlab2″ (Ria Abidien – PT. Infiniti Reka Solusi)

e-Government: Implementation (public services)

WINNER: Implementasi Sragen Online (Dwiyanto, S.STP, MSi, Estiarto Wahyu Sumirat, S.Kom, M.Eng, Budi Yuwono, S.Kom, M.Eng, Hartono, M.Kom, Danu Hariadi, S.kom, Munawal Ulfianto, ST – Pemerintah Kabupaten Sragen)
Special Mention: Implementasi Sistem Informasi Manajemen dan Arsip Desa (Agung Heri Susanto, A. Nugroho W. Utomo – Pemerintah Desa Sidorejo)

Digital Content: Animation

WINNER: Alien versus Mbah Darmo (Heru Sakti)
Merit Award: Black Journey (Astu Prasidya)

Digital Content:Digital Audio

WINNER: Ode To Indonesia (Daniel Thamrin, Christanty Ingrid)
Merit Award: Satu-Kosong (Endy Daniyanto)
Special Mention: Gemar Membaca (Fatkul Amri)

Digital Content: Video Games

WINNER: SteamOps (Firman Nurimansyah)
Merit Award: Majapahit Online (Ivan Chen)

Research & Development

WINNER: Klungbot III (Eko Mursito Budi, Karismanto Rahmadika, Krisna Diastama, Fariza Dian Prasetya, Sutriyana, Sholeh Taryana – Teknik Fisika ITB)
Merit Award: High Performance WebApplication Framework (Julyanto Sutandang, Huang Guang Lee, Lucky Hariyadi – PT Equnix Business Solutions)
Special Mention: Traindroid (Adhitya Bhawiyuga)

Industrial/Embedded Application

WINNER: CAD untuk Circular Knitting Machine  (Mico Wendy – PT Konsep Dot Net)

Mobile Games

WINNER: AMAGO – Discover the amazing life in Archipelago (Sakina Fathiani – PT.Nightspade Multi Kreasi)
Merit Award: Petualangan Aksara di Bali (Oscar Kurniawan)

University/Academy: Digital Interactive Media

WINNER: VIRTUAL PET: Sebuah Aplikasi Game Multi-Modal Memelihara Binatang Langka (Reza Darmakusuma, Fajar Persada Supandi, M. Hakim Adiprasetya, Rizky Fauzian, Wisnu Siswantoko, Diotra Henriyan – Institut Teknologi Bandung)

University/Academy: Audio-Visual Digital & Animation

WINNER: MarSol (Hendrico Saputra, Rico Satya Utama, Firdyanzah, Raden Bramantyo, Ismarianda Putra, Bullyzuar Adam – Universitas Bina Nusantara)
Special Mention: Pusaka Indonesia (3D+Interaktif) (Sandy Winata – Universitas Surabaya)

University/Academy: Applications

WINNER: Sparkins – Aplikasi Berbasis Sentuh untuk Pembelajaran Mesin Tik Perkins Bagi Anak-anak Penyandang Tuna Netra (M. Endri Irfanie, Dwi Cahyo Nugroho, Asendia Mayco, Arnanto Akbar, Ahmad Agung Ahkam, Gita Savitri Putri – Institut Teknologi Telkom)
Merit Award: Mouse Hand Tracking Application, Kontrol Pointer Mouse dengan Interaksi Alami Gerak Tangan (Hendri Karisma – Universitas Komputer Indonesia)

Elementary School: Applications

WINNER: Anak Sehat Suka Makan Buah Lokal (Jovidia Laviosa – Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia Bandung)
Merit Award: Sadar Gempa Buat Temanku yang Tunarungu dan Tunanetra (Ahmad Raihan Ash-shiddiqy – Sekolah Komputer Anak Cinta Indonesia Bandung)

Junior High School: Applications

WINNER: iNerts – Sistem Pelacak berbasiskan GPS dengan Dukungan DeadReckoning (Chaidar M, Mega Fatimah – MTs 24 Manislor)
Merit Award: Suroboyo (Darren Limantara, Yeremia Evian Hartono, Gisella Michelle Crystalia)

High/Vocational School: Applications

WINNER: Power & Intelligence! (Septian Dwi Putra, Mochamad Chaerurrezky Iqbal – SMA 3 Bandung)
Merit Award: Aliber dan Aliber Lite (Edy Setiawan)

Dari wawancara penulis dengan beberapa peserta INAICTA 2011 ini, kebanyakan para pengembang aplikasi banyak yang menggunakan bahasa pemrograman VB 6.0 dan Java. Ada juga yang menggunakan C#, misalnya Nobbley Engine untuk game editor.

Selain konferensi, lomba dan pameran,juga ada kompetisi membuat robot, tapi sayang penulis terlalu sibuk mencari data sehingga kurang memperhatikan kompetisi robot ini.Sewaktu penulis melihat kompetisi rbot ini, banyak peserta yang masih SD ikut ambil bagian dalam merakit robot ini. Sungguh mengagumkan, masih kecil tetapi sudah pandai membuat robot.

  1. KESIMPILAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Setelah kami melakukan kunjungan pameran INAICTA 2011 tersebut kami mengetahui betapa sangat bermanfaatnya teknologi informasi dan komunikasi. Kami atas nama penyusun, ingin meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan bidang kompetensi kami. Kami menyadari bahwa tak mudah untuk menjadi seorang yang profesional dibidangnya. Seorang profesional tidak hanya harus bisa membuat sesuatu di bidang keahliannya saja saja, tetapi ia juga harus bisa menciptakan karya kreatif dan inovatif yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan untuk mewujudkannya kita harus mempuyai kreatifitas dan kegigihan yang tinggi.

SARAN

  • Jadilah orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.
  • Jangan membuang kesempatan yang ada di depan matamu.
  • Jangan pernah melupakan jasa orang-orang yang ada di sekitar kita.
  • Berbanggalah dengan apa yang kau miiki saat ini, tetapi jangan sampai tinggi hati.
  • Jangan pernah membiarkan waktu kita berjalan sendiri tanpa diiringi oleh suatu kegiatan yang bermanfaat.
  • Tingkatkan prestasimu disegala bidang.
  • Giatlah belajar untuk investasi masa depan.
  • Jangan membandingkan apa yang tidak sebanding, karena hal itu akan sia-sia.
  • Jadilah dirimu sendiri dalam segala hal.

BAB III : PENUTUP

Sebagai penutup, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak yang telah berperan dalam terselesaikannya tugas ini. Semoga laporan ini dapat benar-benar memberikan banyak manfaat bagi pembacanya. Teima Kasih.

REFERENSI

Dari berbagai sumber, termasuk wawancara langsung dengan peserta INAICTA 2011.

http://www.inaicta.web.id

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image