Mengulas subweb Gunadarma

ti-dasar.lab.gunadarma.ac.id

Web http://ti-dasar.lab.gunadarma.ac.id/ adalah sebuah web yang biasa di gunakan para mahasiswa Gunadarma untuk melihat jadwal praktikum Tekhnik Informatika mereka, tidak hanya mahasiswa Tekhnik Informatika (TI) saja yang menggunakan lab tersebut , melainkan mahasiswa dari jurusan lain atau fakultas lain pun juga menggunakannya sebagai media untuk melihat jadwal praktikum , berita, struktur , fasilitas , foto , kegiatan lomba dan lain-lain.

Disini kita akan membahas web ini, web ini merupakan sub web dari web induknya yaitu www.gunadarma.ac.id , saya disini akan mencoba untuk menilai dari beberapa aspek , yaitu :

  • Jenis web
  • Usebility
  • Desain Web
  • Accessbility

Jenis Web Menurut saya website ti-dasar.lab gunadarma adalah web yang dapat di bilang bersifat statis, karena subweb ini hanya menampilkan informasi untuk diberikan kepada kita tanpa menyediakan media untuk memberikan feedback. Subweb ini hanya memberikan apa-apa yang ingin kita ketahui tentang lab ti Univ.Gunadarma namun kita tidak dapat melakukan komunikasi bila kita mengalami kebingungan dalam mencari hal yang berkaitan tersebut.
Usability Menurut saya subweb ini tidak terlalu rumit bila kita ingin mencari informasi tentang lab ti ini, namun mungkin memang bila kita ingin mencari tahu sesuatu dengan hanya melihat tampilan awal nya saja mungkin agak rumit , namun bila kita langsung masuk ke tab-tab yang telah disediakan akan terasa cukup mudah untuk mendapatkan info yang kita mau.

Disini saya lihat banyak info seperti :
Jadwal praktikum

Pemberitahuan Praktikum Lomba yang berkaitan dengan Praktik yang telah di ajarkan Informasi yang tidak mengikuti praktikum Modul Praktikum Dll,

namun, menurut saya subweb ini jadul , karena masih memuat file-file yang sudah lama, buktinya seperti ini :

Desain Web Menurut saya dalam hal desain , subweb ini kurang menarik , mungkin hanya pada headernya saja yang cukup dan tab-tab nya , meski menurut saya masih standart. Namun, untuk tampilan depannya saya rasa web ini cukup berantakan , atau semerawut dalam penataan. Menurut saya web itu bila dipergunakan atau di khususkan untuk pendidikan atau pembelajaran tidaklah perlu sangat bagus atau banyak macam-macam nya atau semacamnya , karena akan membuat koneksi berat, nanti di takutkan orang yang ingin belajar dan sungguh-sungguh tidak interest untuk membuka web kita dikarenakan akses yang lambat, cukup rapih dan bermanfaat saja juga sudah cukup.
Accesibility Menurut saya accesibility adalah kemudah. Dalam subweb ini cukup mudah mengaksesnya dan tidak terlalu membingungkan untuk mencari informasi , meskipun untuk orang baru yang membuka subweb ini. Dan bila ingin mencari subweb ini lalu kita tidak mengetahui alamat nya , mudah saja , ketikkan saja di google atau search engine lainnya, maka akan muncul pada halaman pertama atau bahkan pada baris pertama atau urutan pertama.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image