PELANGGARAN ETIKA DIBIDANG BIOTEKHNOLOGI

Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus,dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Sekarang ini perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimiakomputerbiologi molekular,mikrobiologigenetikakimiamatematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.

Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu, contoh dalam hal pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas baru dibidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Dizaman sekarang ini, bioteknologi telah berkembang dengan sangat pesat, terutama di negara – negara maju. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam teknologi misalnya: rekayasa genetikakultur jaringanDNA rekombinan, pengembangbiakan sel indukkloning, dan lain-lain. Teknologi ini juga memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti kanker ataupun AIDS.  Namun ada saja pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kelebihan dari biotekhnologi ini, misalnya beberapa contoh kasus dibawah ini :

  • Pelanggaran dalam etika lingkungan
  1. Penggunaan Pestisida secara berlebihan
  2. Perusakan terumbu karang
  3. Perburuan Liar
  • Alasan mengapa banyak orang melakukan pelanggaran etika diatas ialah,

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem, padahal kita sebagai makhluk sangat membutuhkan lingkungan tersebut.  Etika lingkungan menurut Poerwadarminta adalah pengetahuan tentang asas-asas mengenai akhlak atau moral. Oleh karena itu kita sebagai makhluk yang sudah diberikan akal pikiran serta hati nurani tidak sepantasnya berbuat hal – hal yang tidak bertanggung jawab.

Didaerah – daerah pertanian, khususnya para petani masih banyak yang tidak mengetahui dampak yang akan ditimbulkan  dari penggunaan pestisida secara berlebihan. Memang, jika menggunakan pestisida cepat penurunkan populasi hama penggangu tanaman, mudah dan praktis cara penggunaanya, selain itu tanaman yang ditanam pun akan menjadi sehat dan segar dan tidak ada ulat. Tetapi dibalik itu semua akan ada dampak yang ditimbulkan yaitu,

  1. Bisa berpengaruh terhadap kesehatan manusia
  2. Bisa berpengaruh terhadap lingkungan
  3. Meningkatkan populasi hama pengganggu tanaman.

Cara menanggulangi : sebaiknya dalam menggunakan pestisida, sesuai dengan saran yang telah dianjurkan jangan sembarangan, serta bila memakai pupuk sebaiknya pilih pupuk organik walau hasilnya tidaj sebaik pada saat menggunakan pupuk anorganik.

Perusakan terumbu karang sebagai tempat tinggal ikan – ikan dan biota laut lainnya sekarang sudah banyak yang rusak tidak hanya terjadi di beberapa daerah saja, tetapi sudah hampir diseluruh wilayah perairan Indonesia. Banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang melakukannya entah karena tuntutan ekonomi atau ingin sengaja menghancurkannya, ada juga nelayan menangkap ikan dengan pukat harimau atau bom agar lebih cepat mendapatkan ikan dan hasil tangkapannya banyak, padahal cara tersebut sudah dilarang, dan hasilnya ekosistem terganggu ikan- ikan pun menjadi sulit dicari.

Cara menanggulangi :

* Tidak membuang sampah sembarangan kelaut

* Pada saat menyelam, jangan menyentuh apalagi membawa pulang terumbu karang

* Tidak memakai bom ikan untuk penangkapan ikan

* Tidak melakukan penambangan secara sembaranga

* Dan lain – lain

Perburuan liar masih banyak terjadi, baik itu hewan yang dilindungi atau pun tidak contoh saja harimau dan orang utan, padahal jumlah mereka di habitatnya sudah mulai sedikit, tetapi tetap saja masih ada yang masih membunuhnya untuk diambil kulitnya lalu dijadikan tas, mantel atau sebagainya. sedangkan orang utan sendiri diburu karena dianggap musuh atau hama bagi sebagian besar pemilik perkebunan karena memakan buah pohon kelapa sawit.

Cara menanggulangi :

  • Melakukan konservasi terhadap binatang yang sudah hampir punah
  • Meskipun sudah dibuat UU tentang perburuan liar, khususnya terhadap binatang yang dilindungi warga dan aparat harus bekerja sama untuk menjaga dan melestarikan hewan – hewan tersebut.
  • Melarang adanya perburuan liar
  • Menanggulangi kerusakan hutan, karna hutan adalah rumah bagi mereka.
  • dan lain – lain

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image