Pengertian TOEFL

Pengertian TOEFL Dalam Bahasa Inggris – Kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit Pengertian TOEFL Dalam Bahasa Inggris.Setelah beberapa saat yang lalu saya memberikan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan juga sedikit mengenai Contoh Artikel Bahasa Inggris kali ini saya akan memberikan sedikit lagi informasi mengenaiPengertian TOEFL Dalam Bahasa Inggris.
TOEFL merupakan singkatan dari Test Of English as a Foreign Language, yang diperkenalkan pada tahun 1960 oleh Educational Testing Services (ETS). Ada dua jenis test TOEFL yang dapat dilakukan, yang pertama yaitu Computer-Based Test (CBT) dan yang kedua adalah Paper-Based Test (PBT).
Secara umum, tidak ada perbedaan yang mencolok jika dilihat dari sisi materi test. Keduanya sama-sama mem-fokus-kan test pada tiga hal penting yang mengindikasikan kemahiran berbahasa inggris, yaitu Listening, Structure, dan Reading.
Beberapa lembaga penyelenggara test TOEFL, terkadang ditambah lagi dengan Writing. Perbedaan yang mendasar dari kedua jenis test tersebut adalah pada CBT test dilakukan dengan menggunakan media Komputer sedangkan PBT tidak. Perbedaan lainnya adalah pada skala nilai hasil test TOEFL, Skala nilai pada CBT adalah 0 – 300 sedangkan pada PBT adalah 310- 677.
Nilai test TOEFL di bawah 450 menunjukkan bahwa kemampuan bahasa Inggris yang masih standar (atau bahkan rendah) sehingga disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Sedangkan nilai 450 – 499 menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang di atas rata-rata tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dimantapkan lagi (reviewed) apakah di structure nya, listening, atau reading-nya tergantung nilai mana yang terendah.
Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat.
Ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk : Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill). Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill). Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test adalah 677).
Saat ini banyak sekali perguruan tinggi di luar negeri yang menawarkan program-program pendidikan dengan salah satu syarat utama memenuhi nilai TOEFL tertentu yang mengindikasikan kemampuan berbahasa inggris. Tidak hanya untuk keperluan pendidikan ke luar negeri saja, di dalam negeri pun ada beberapa perguruan tinggi terkemuka yang mensyaratkan nilai TOEFL tertentu sebagai syarat kelulusan.Sekian informasi saya mengenai Pengertian TOEFL Dalam Bahasa Inggris.
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Share

There Is 1 Response So Far. »

  1. Pengen Tes TOEFL..
    buat liat kemampuan ane euy….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image