About the Author

author photo

● Winny Veronica Noviyanti W. ● NPM: 10508235 ● Kelas: 4PA02 ● S1 Psikologi Universitas Gunadarma

See All Posts by This Author

Jobsdb.com VS Jobstreet.com

Banyak perusahaan yang mencari pegawai dengan memasangkan informasinya melalui internet, dan hal tersebut juga dapat mempermudah orang yang ingin mendapatkan pekerjaan dapat mengaksesnya dengan cepat. Di internet, banyak sekali website-website yang menawarkan lowongan pekerjaan, misalnya Karir.com, Jobsdb.com, Lowongan kerja.com, dll. Akan tetapi website-website tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, disini akan membandingkan antara Jobsdb.com dengan Jobstreet.com

Pada kedua website ini, mengharuskan kita untuk memilih negara tempat kita tinggal dan bekerja sehingga website dapat menyesuaikan bahasa yang digunakan untuk memudahkan pengguna.

Terdapat tempat untuk menulis kata kunci serta pilihan untuk posisi yang dsedang di cari oleh pengguna. Tetapi didalam jobstreet.com terdapat pilihan lain untuk fresh graduate. Hal ini memudahkan individu yang baru saja lulus kuliah.

Untuk menjadi anggota pada ke dua website ini sangat mudah, sign up lalu mengisi data yang dibutuhkan. Akan tetapi pada jobstreet.com perlu dilakukan verifikasi melalui email yang aktif pengguna.

CV merupakan ulasan singkat mengenai pengguna yang berupa identitas, pengalaman belajar, dan berbagai informasi yang mendukung suatu pekerjaan. CV dapat diunggah sendiri ataupun membuat langsung di website tersebut. Caranya dengan mengklik langsung dari home (untuk jobsdb.com) dan memilih job vacancy yang diinginkan (untuk jobstreet.com) Dan mengisi bermacam kolom yang disediakan. Pada jobstreet.com pengisian kolom tidak begitu susah dan cukup singkat, hal ini memudahkan para pencari kerja karena tidak perlu mengisi terlalu banyak kolom.  Namun pada jobsdb.com pengisian kolom cukup rumit karena banyak yang harus diisi, termasuk berapa insentif yang diharapkan. Kelebihannya, jobsdb.com menyediakan fasilitas untuk mengunggah pas foto. CV yang belum selesai dibuat juga dapat disimpan di draft. Pada website tersebut dapat mengunggah hingga 10 CV.

Pada kedua website ini lowongan kerja sangat beragam dan lengkap karena terdapat perusahaan-perusahaan besar dan universitas-universitas ternama yang mempercayakan kedua website tersebut dalam bekerjasama. Pengguna dapat melihat lowongan kerja yang sesuai dengan yang diinginkan dan dapat mengisi atau memilih pada kolom/tempat yang disediakan, akan muncul beragam lowongan yang sesuai dengan pilihan. Preview pada jobstreet.com cukup sulit karena harus mengklik lowongan yang dituju dan akan muncul jendela berbeda. Sedangkan di jobsdb.com piihan lowongan dengan previewnya dibuat berdampingan sehingga memudahkan untuk melihat lowongan dengan cepat tanpa harus terlihat ribet.

Kesimpulan:

Pada ke dua website ini, baik tampilan maupun cara menggunakan sudah sama-sama bagus untuk memudahkan pengguna dalam mencari lowongan pekerjaan dengan fasilitas yang telah disediakan. Namun sebagai fresh graduated, jobstreet.com lebih memudahkan karena ada pilihan position level yang membuat pencarian kerja lebih akurat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki pengguna.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image