Pecahkan Rekor MURI, Sehari Tanpa Nasi

Ribuan siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), mengikuti kampanye One Day No Rice (ODNR) atau sehari tanpa nasi pada hari Minggu  22 April 2012 yang di gelar di Lapangan Tembak Kostrad Cilodong, Depok.

Sejak pukul 05.30 pagi massa dengan membawa bekal masing-masing yang tentunya dari bahan nonnasi mulai berbondong-bondong menuju lapangan yang mengakibatkan kemacetan dijalan karena banyaknya peserta yang akan mengikuti kampanye ODNR tersebut. Pukul 06.30, massa sudah berkumpul dilapangan seluas 600 meter itu.

Acara ini digelar oleh Pemerintah Kota (PemKot) Depok dengan mendaftarkan peserta sebanyak kurang lebih 24.520 Peserta baik dari SD, SMP, SMA, SMK, Guru, Pegawai PEMKOT maupun masyarakat umum dalam rangka memecahkan Rekor MURI One Day No Rice. Rekor ini tidak hanya memecahkan rekor Nasional tapi juga Rekor Dunia Peserta Makan Makanan Lokal Non Beras.

PemKot Depok pertama kali menerapkan program One Day No Rice akhirnya tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Damian Awan Rahargo sebagai Deputi Manager MURI kepada Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, disaksikan oleh Panglima Divisi satu Kostrad Cilodong, Mayjen Harry Purdianto. setelah menghadirkan 24.520 peserta sekota Depok memakan singkong dan umbi-umbian di Lapangan Tembak Kostrad Cilodong, Depok.

“Antusias pelajar cukup besar, mereka bawa makanan yang diolah secara beraneka ragam yang sudah dipersiapkan terlebih dahulu dari rumah,”ujar Damian usai menyerahkan piagam MURI ke Walikota Depok. Damian juga mengatakan, di daerah lain belum ada yang menerapkan sehari makan tanpa nasi. Pihaknya hanya mencatat kesuksesan program yang dilakukan pemerintah daerah khususnya Kota Depok sendiri.

Bapak Nur Mahmudi berpandangan bahwa apabila kegiatan ini bisa di implementasikan dalam kegiatan sehari-hari mungkin bisa menjadi semangat untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image