About the Author

author photo

● Winny Veronica Noviyanti W. ● NPM: 10508235 ● Kelas: 4PA02 ● S1 Psikologi Universitas Gunadarma

See All Posts by This Author

PENGARUH KOMPUTER DALAM PEKERJAAN DI BIDANG PSIKOLOGI

Teknologi komputer telah terbukti menjadi suatu teknologi yang berkekuatan tinggi dan sangat dibutuhkan manusia dari segala kaum dan golongan. Komputer yang saat ini merupakan salah satu bentuk teknologi canggih dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melaksanakan kegiatan pengambilan data/penyimpanan data khususnya untuk mengatasi permasalahan yang biasa ditemukan psikolog-psikolog. Dengan bantuan komputer para psikolog dapat memanfaatkan berbagai sumber informasi yang ada sebagai sumber mempelajari berbagai macam tes yang telah di adaptasi menjadi sebuah program untuk memudahkan penggunanya, serta media penyimpanan data-data client yang tidak mungkin disimpan dalam bentuk kertas demi untuk menjaga kerahasiaan data client . Para psikolog juga dapat menggunakan berbagai program komputer untuk membuat pengambilan datanya lebih kaya motivasi belajar pada para client dari berbagai segi usia. Secara umum kita bisa melihat potensi komputer dalam bidang psikologi melalui 3 (tiga) perspekif, yaitu:

1. Komputer sebagai Subjek

Dalam membantu psikolog, langkah pertama yang harus dipelajari sebelum seseorang itu dapat memahami dan menggunakan komputer secara baik, adalah dengan mencari informasi tentang fungsi/kegunaan computer di dalam pekerjaan manusia. Psikolog dapat mencari tahu hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan computer serta computer jenis apa dan bagaimana yang mampu mempermudah kerja computer.

2. Komputer sebagai alat

Aktifitas yang paling menarik untuk memanfaatkan kecanggihan komputer adalah dengan menggunakan komputer sebagai alat dalam membantu psikolog untuk memudahkan menyimpan berbagai data. Dalam hal ini psikolog dapat menggunakan computer untuk menyimpan data-data yang digunakan untuk kepentingan penyelesaian kasus yang ditangai oleh psikolog tersebut, misalnya dalam menyimpan data diri client, hasil tes yang telah dipakai oleh psikolog untuk mengetahui jenis gangguan mental yang diderita, dan data-data lain yang memudahkan psikolog dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya.

3. Komputer sebagai tenaga pengajar

Perspektif pekerja adalah komputer sebagai tenaga pengajar/buruh sebagaimana pengajar dalam suatu kelas. Pengajaran ini dapat terjadi dalam bentuk program-program psikologi yang mampu membuat client membuka diri tanpa harus berhadapan langsung dengan psikolog. Misalnya pada client yang menderita depresi, psikolog dapat memberikan program-program relaksasi agar client lebih merasa tenang tanpa harus kontak mata dengan orang lain dan sebagainya. Satu kelebihan sistem komputer yang berfungsi sebagai pengajar adalah proses pengajaran dan pembelajaran dapat berlangsung secara individu. Bahkan di tingkat yang lebih ekstrim, komputer dapat diprogram dengan memasukkan ciri kepintaran di dalamnya. Contohnya adalah dengan melakukan psikoset tes IST ataupun APM.  Dengan cara ini, komputer tersebut bukan saja dapat bertindak sebagai pengajar tetapi juga berupaya sebagai sumber informasi untuk mengetahui tingkat intelegensi seseorang ketika komputer berinteraksi dengan manusia.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image