TUGAS KE 2

TUGAS 2

ETIKA PROFESI

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh  nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Moral adalah aturan kesusilaan, yang meliputi semua norma untuk kelakuan (akhlak), perbuatan tingkah laku yang baik pada semua masyarakat atau lingkungan sekitar.

Etika adalah suatu ilmu yang membicarakan masalah perbuatan atau tingkah laku manusia, mana yang dapat dinilai baik dan mana yang dapat dinilai tidak baik. Dalam arti semua tingkah laku yang terdapat dalam diri manusia itu sendiri.

Referensi : http://www.scribd.com/doc/82168521/Bab-1-Pengertian-Pokok

Contohnya adalah : dari Moral adalah menjaga nama baik keluarga dan memperlakukan pembantu sebagaimana dengan hak dan kewajibannya.

Referensi :

http://e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul%20Online/view&id=57&uniq=1790

Dari etika adalah cara berpakaian dan berpenampilan serta sikap dan kebiasaan makan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi : http://blog.elearning.unesa.ac.id/tag/50-contoh-contoh-sikap-etika

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa?

Paham kantianisme adalah paham yang menyatakan tidak peduli dengan keputusan yang lain, atau mengacuhkan perbedaan pendapat.

Referensi : https://susansutardjo.wordpress.com/2012/02/21/

Paham utilitariansime adalah suatu paham etis yang berpendapat bahwa yang baik adalah yang menguntungkan, berfaedah, dan yang berguna bagi orang lain, dengan tujuan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh perbuatan yang dilakukan.

Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Utilitarianisme

Paham yang banyak dianut oleh para insinyur dibidang keteknikan adalah paham utilitarianisme. Karena paham ini menguntungkan orang lain dengan arti bahwa peduli terhadap orang lain.

3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian dalam kehidupan sehari-hari!

Dilemma moral adalah suatu pandangan dimana memiliki dua perbedaan pandangan yang harrus dipilih oleh seseorang baik dan burunya akibat dari kedua pandangan tersebut.

Referensi : http://anggitsetiyadi87.blogspot.com/

Contohnya adalah seseorang ingin mencapai Jakarta dengan jalur yang tepat, tetapi yang dimasalahkan adalah jika lewat jalur utara seseorang tersebut akan mengalami macet yang akan panjang dikarenakan ada perbaikan jalan di daerah tertentu dan juga banyak terdapat jalan yang rusak karena belum sempat diperbaiki. Tetapi, jika lewat jalur selatan akan memutar jauh tetapi tidak begitu macet atau pun jalan yang tidak begitu rusak. Mungkin jika macet hanya di daerah sekitar keramaian saja seperti pasar, dll. Maka, seseorang tersebut harus memilih jalan mana yang terbaik.

4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!

Kompetensi utama adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang sarjana teknik industri dalam bidang yang sedang dilakukan, atau bisa disebut dengan keahlian dalam bidang teknik industry.

Kompetensi penunjang adalah kompetensi yang mendukung dari kompetensi utama. Seperti kerja sama dalam lingkupnya, sikap dan tutur kata yang baik, memiliki pengetahuan tambahan selain pengetahuan utama. Jika, kompetensi ini tidak dimiliki, akan sia-sia jika memiliki kompetensi utama.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image