TUHAN DENGAN MANUSIA

Jika kita berbicara hubungan Tuhan dengan Manusia, semua itu sangat lah erat kaitannya. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna yang diciptakan  oleh Tuhan karena Tuhan menciptakan manusia dengan akal dan pikiran. Tuhan sendiri memang tidak bisa dibuktikan secara logika keberadaannya. Karena Tuhan ada sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan dari setiap manusia itu sendiri.

ASAL USUL TUHAN  :

Banyak yang berpikir? Tuhan itu ada darimana? Tuhan itu berwujud atau tidak?

Semua pertanyaan itu sangatlah tidak bisa dijawab dengan jawaban yang ilmiah. Tuhan ada karena Agama yang kita percaya. Untuk itu asal usul Tuhan hanyalah kepercayaan dan keyakinan dari manusia itu sendiri. Terutama manusia yang telah mempunyai Agama. Karena manusia yang tidak mempunyai Agama sudah pasti dan yakin sekali bahwa tidak adanya keberadaan Tuhan.  Namun dengan pikiran yang jernih, kita sebagai manusia hanya bisa merenung dan memikirkan siapa yang menciptakan manusia? siapa yang menciptakan alam? siapa yang menciptakan dunia? dari renungan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa yang menciptakan itu semua adalah Yang Maha Segalanya dan Maha Agung dan itulah yang kita namakan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan kata lain Tuhan ada karena keyakinan kita sendiri. Dari sini saya bisa mensimpulkan bahwa Tuhan ada karena keyakinan dan kepercayaan.

KAITAN TUHAN & MANUSIA :

Manusia dan Tuhan kaitannya sangat erat. Sifat manusia yang sosial sehingga membutuhkan bantuan dari orang lain untuk melakukan aktifitas dan kehidupan. Manusia mempunyai cita – cita, manusia juga mempunyai permasalahan dalam kehidupannya. Sehingga selain meminta pertolongan sesama, manusia  juga sering meminta pertolongan kepada Tuhan sebagai pencipta dari segalanya. Dengan cara apa? Dengan Bagaimana? mungkin pertanyaan itu sering muncul dibenak kita. Namun sebagai manusia yang mempunyai agama dan keyakinan kita punya cara berkomunikasi dengan Tuhan yaitu dengan cara yang sering kita sebut ber-Doa. Ber-Doa adalah salah satu cara komunikasi yang diajarkan oleh Agama apapun itu di dunia ini. Doa adalah berbicara dalam hati dengan keyakinan dan harapan yang akan kita harapkan terjadi dengan harapan Tuhan akan mengabulkan doa itu. Namun cara komunikasi dengan Tuhan tidak hanya dengan berdoa melainkan dengan cara beribadah yaitu melaksanakan peraturan dalam agama masing – masing.

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN ALLAH SWT :

Ketaqwaan atau pemeliharaan hubungan dengan Allah SWT. dapat dilakukan dengan cara :

1. Beriman kepada Allah SWT. menurut cara-cara yang diajarkannya melalui wahyu yang disengaja diturunkannya untuk menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia.

2. Beribadah kepada Allah SWT. dengan jalan melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari, menunaikan zakat apabila telah mencapai syarat nisab dan haulnya, berpuasa pada bulan suci ramadhan, dan melakukan ibadah haji seumur hidup sekali dengan cara-cara yang telah ditentukan.

3. Mensyukuri nikmat-Nya dengan jalan menerima, mengurus dan memanfaatkan semua karunia dan pemberian Allah kepada manusia.

4. Bersabar menerima cobaan dari Allah dalam pengertian tabah, tidak putus asa ketika mendapat musibah.

5. Memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan serta bertaubat dalam arti sadar untuk tidak lagi melakukan segala perbuatan jahat atau tercela.

sumber : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/psychology/study-program-of-psychology-s1/pendidikan-agama-islam/tuhan-yang-maha-esa

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image