Kode Etik Penggunaan Hitect

Dewasa ini penggunaan hitect sudah tidak dapat  bisa dipungkiri, kehidupan manusia dizaman sekarang tidak lepas dari penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi sangat dibutuhkan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah. Karena tujuan dari teknologi iitu sendiri dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Penggunaan hi-tect atau teknologi selain dapat membantu pekerjaan manusia dapat pula membahayakan atau menganggu kenyamanan orang lain.  Dampak positif dari penggunaan hi-tect yaitu dapat mempermudah dan membantu pekerjaan  serta menyelesaikan suatu masalah. dampak  negatifnya yaitu dapat mematikan imajinasi manusia karena teknologi telah mempermudah kehidupan kita. Kita pun kehilangan kepekaan untuk mencoba-coba yang hal tersebut sangat penting dalam proses pembentukan jiwa1.  Penggunaan hitect yang tidak asing lagi adalah Ponsel atau lebih dikenal dengan sebutan handphone hampir semua orang didunia mempunyai teknologi ini untuk membantu mereka dalam bertelekomunikasi jarak jauh , selain itu ponsel sekarang sudah memiliki fitur yang sangat lengkap dan cukup bermanfaat.  Jika penggunaan ponsel digunakan pada waktu yang tepat maka akan sangat bermanfaat tapi jika tidak malah sebaliknya yaitu dapat membahayakan dan mengganggu  orang lain. Ada beberapa kode etik dalam penggunaan ponsel, yaitu:

–         bagaimana sebaiknya kita menggunakan ponsel?

menggunakan ponsel sebaiknya yaitu saat kita tidak mengendarai sebuah kendaraan.

–         Saat yang tepat menggunakan telepon atau sms?

Dalam situasi yang darurat lebih baik telepon untuk mendapatkan respon yang lebih cepat, tetapi jika berada pada tempat yang dilarang mengeluarkan suara bising seperti sedang rapat, gedung bioskop dan public-public area lainnya lebih baik gunakan sms jika tidak dalam keadaan darurat.

–         Bagaimana tata cara yang baik telepon atau sms?

Yang pertama tata cara yang baik untuk menelpon seseorang atau menerima telepon seseorang yaitu mengucap salam, hindari berbicara dengan suara terlalu keras karena dapat mengganggu kenyamanan seseorang apabila kita sedang berada dipublic area dan dapat memancing perhathian orang karena deng,an suara pelan pun ponsel dapat menangkap suara kita berbicaralah dengan tutur kata ykang sopan sehingga tidak menyinggung lawan berbicara kita, usahakan saat menelpon orang kita harus focus sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman karena saat kita berkomunikasi dengan posel itu secara verbal bukan visual2. Membalas sms y.aitu dengan kata-kata yang sopan dpan gunakan singkatan kata yang mudah dimengerti sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

–         Apakah membahayakan menerima telepon dan membalas sms saat sedang mengemudi?

Ya, sangat membahayakan sekali karena saat mengemudi kita sangat membutuhkan konsentarsi tinggi jadi jika kita mengemudi sambil menerima telepon atau membalas sms konsentrasi akan terpecah akibatnya kendaraan bias saja oleng karena si pengemudi tidak fokus pada jalanan dan dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal .

ref : 1. http://serly-yulianti.com/?p=89

2. http://chikyrmulya.blogspot.com/2011/04/etika-penggunaan-ponsel.html

artikel ini juga dipublikasikan di web pribadi saya : http://www.putrisiutie.com

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image