About the Author

author photo

kemarin adalah kenangan,hari ini adalah perjuangan,besok adalah harapan !!!

See All Posts by This Author

Pencemaran udara serta Perawatan Ac mobil

pencemaran udara  adalah kondisi dimana udara telah bercampur dengan bahan kimia asing,atau terdapat komponen lain di udara yang menyebabkan perubahan komposisi udara. Jenis-jenis Gas pencemar udara:

1.sulfur dioksida(SO2)

2.Hidrogen Sulfa(H2S)

3.Nitrogen Oksida(N2O)

4.Amoniak(NH3)

5.Karbon Dioksida(CO2)

6.Formaldehide bersumber dari lem perekat.

Berikut adalah tips perawatan AC mobil anda :

  1. Jagalah agar selalu tetap bersih kabin mobil anda dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
  2. Saat mencuci mobil anda, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.bersihkan secara rutin agar tetap awet.
  3. Pilihlah tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama,karena kalu panas .saat Ac di nyalakan akan memberatkan beban Ac.
  4. perhatikan ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.
  5. Jangan pernah merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  6. Jangan memaksimalkan beban AC terlau berat saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
  7. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.
  8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).
  9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.
  10. Lakukan perawatan rutin AC। Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di atas untuk memperpanjang umur Ac,sekaligus memberikan kenyamanan pada saat anda berkendara .

 

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image