sistem digital-xillinx

SISTEM DIGITAL

Pertama saya akan menjelaskan sedikit pengertian dari sistem digital, setelah itu menjelaskan rangkaian digita serta pengjelasan tentang software xillinx untuk simulasi rangkaian digital..
Sistem digital
Sistem Digital adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengukur suatu nilai yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk diskrip berupa digit-digit atau angka-angka, contohnya bilangan integer dan pecahan.
Gerbang logika adalah suatu rangkaian logika dengan suatu keluaran dan satu atau 2 dan juga lebih masukkan. sinyal keluaran hanya terjadi untuk kombinasi-kombinasi sinyal masukkan tertentu.
Gerbang logika dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:
– Gerbang logika dasar seperti AND, OR, NOT
– Gerbang Logika Turunan seperti NAND, NOR, X-OR, X NOR
Nah setelah kita tau sistem digital itu apa, barulah kita mencoba merangkai rangkaian sistem digital yang terbentuk dari beberapa gerbang logika atau kombinasi dari beberapa gerbang logika.
Ada beberapa rangkaian sistem digital, saya akan berikan 2 contoh rangkaian sistem digital
Yaitu :
Half-Adder
Merupakan rangkaian penjumlah yang tidak menyertakan bawaan sebelumnya (previous carry) pada inputnya.
Full Adder
Merupakan rangkaian Penjumlah yang menyertakan bawaan sebelumnya (previous carry) pada inputnya
Untuk merancang rangkaiannya kita bisa menggunakan dengan rumus atau bisa simulasikan rangkaian digital dengan menggunakan software xillinx.

Xillinx
Xilinx ( Xilinx Foundation Series) adalah suatu perangkat lunak yang berguna untuk merancang dan mensimulasikan suatu rangkaian digital. Dengan menggunakan Xilinx proses perancangan suatu alat atau rangkaian digital melalui proses simulasi rangkaian yang telah dirancang untuk melihat apakah rancangan yang telah dibuat sudah benar atau masih mengandung kesalahan.
Sebenarnya tahapan atau proses perancangan alat atau rangkaian digital menggunakan Xilinx sama seperti merancang suatu rangkaian logika secara manual akan tetapi kelebihan menggunakan simulator Xilinx dapat diminimalisasi kesalahan pada proses perancangan. Sebelum mulai merancang rangkaian pada Xilinx minimal sudah dilakukan rancangan state diagram atau tabel kebenaran (truth tables) dari spesifikasi rangkaian atau alat yang ingin dibuat. Kalau tidak mempunyai rancangan tersebut, Xilinx tidak dapat membantu dalam merancang alat tersebut.
Untuk perancangan rangkaian digital , Xilinx mempunyai tiga cara yaitu dengan menggunakan State Diagram, HDL (Hardware Description Language) dan Schematic.

Menurut saya software xillinx sudah sangat bagus cukup mudah untuk membuat perancangan simulasi rangkaian sistem digital, karena dengan menggunakan Xilinx proses perancangan suatu alat atau rangkaian digital melalui proses simulasi rangkaian yang telah dirancang untuk melihat apakah rancangan yang telah dibuat sudah benar atau masih mengandung kesalahan. Jika masih ada kekurangan dalam software xillinx itu pasti akan ada perubahan lagi karena software xillinx itu di upgrade terus untuk memudahkan pengguna xillinx. Jadi pengguna akan semakin mudah membuat perangcangan simulasi rangkaian sistem digital melalui software xillinx.

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image