Tugas IMK

Di tingkat 2 semester 4 pada jurusan Sistem komputer penulis menghadapi yang namanya  Sistem Digital. yang penjelasanya gini  sistem yang mengukur suatu besaran yang bersifat tetap atau tidak teratur dalam bentuk digit-digit atau angka-angka. misalnya bilangan integer atau string.

Di Lab praktikum macem-macem dah pokoknya, tapi masih di lingkup Sistem digital mulai dari Konversi bilangan, terus Encoder Decoder, Multiplexer ama Demultiplexer, comon anoda comon catoda, seven segmen, K-Map, Komparator, Flip-Flop, Syncronous Asyncronous. Yang semuanya kepake di tugas atau proyek bikin alat. Alatnya macem-macem, tapi tugas ini berguna kedepanya.

 

Apa hubunganya IMK ama proyek Sistem digital? jelas Sistem Digital kalo menurut penulis nih ya juga sebuah komputer, jadi pembuatanya juga termasuk interakssi. mulai dar menganalisa skematik rangkaian. Terus bikin jalur, pembuatan jalur ini bisa manual bisa juga pake software. Kalo pake software lebih keliatan rapi. terus uji alat di project board jadi sebelum komponen dipasang bagusnya sih di cek dulu di projectboard biar ketauan komponen itu bisa berfungsi atau enggak. Kalo udah yakin gak ada yang rusak bisa dilanjutin ama pemasangan. eh sebelum pemasangan jalur di jiplak ke PCB terus ditebelin pake spidol baru di celup ke FCL biar kebentuk jalur di PCB sesuai keinginan. Nah abis ituu baru dah dipasang komponenya, pake timah. Pastiin kenceng semua pemasanganya terus juga jangan ada yang salah.

 

nah penulis kebagian Dice Project nih, disini Dice Project itu sebenernya sama ama Dadu Tradisional yang punya 6 display atau tampilan. Fungsinya buat menghemat tenaga buat para pemain2 dadu biasanya sih kalo dadu dipake buat permainan ama judi.

 

emang sih sekarang sekarang ini semua serba komputer, sampe-sampe dadu juga dari komputer hahahaha rempong ye. ya ga apa-apa lah namanya juga tugas harus dikerjain. Manusia jaman sekarang gak bisa lepas dari yang namanya komputer. udah melekat erat, nah kita nih harusnya bisa nemuin gagasan-gagasan baru dalam bidang komputer yang dapat digunakan oleh semua umat dan berguna pastinya. Semua bisa dipelajari kok. Contohnya di sistem digital ini, mungkin awalnya cuma bikin alarm lemari es, pengusir nyamuk, tapi kedepanya bisa jadi bikin alarm penjara, alrm keamanan di PBB. yah gak menutup kemungkinan kan?

 

nah itu aja  yang penulis bisa buat smoga bermanfaat, kayanya sih  cuma curhatan tapi yang peting tugas kelar hahaha…

wasalam….

 

Nama : Cakra A P

NPM : 21110505

Kelas : 2KB01

Post a Response

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image